Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

YanuarizpAvatar border
TS
Yanuarizp
“Sumber Umbulan”, Wisata Sungai Sebening Kaca di Malang

Kolam Sungai di Sumber Umbulan


Malang menjadi salah satu tempat di Jawa Timur yang terkenal dengan beragam destinasi wisata di dalamnya, mulai dari pantai, wisata budaya, hutan, taman hiburan hingga gunung sekalipun semuanya ada disini.
Kalau agan dan sista datang ke Malang lewat Pasuruan, pasti kalian akan melewati Kecamatan Singosari. Mungkin saat berkunjung kemari kalian akan berfikir tentang membeli oleh-oleh khas Malang dengan harga murah atau cuacanya yang cukup panas.

Eits, rupanya di Singosari ini ada sebuah wisata alam yang tidak begitu terkenal luas tapi memiliki keindahan yang langkah. Namanya “Sumber Umbulan”.

Sumber Umbulan merupakan sebuah sumber mata air yang ada di desa Langlang. Sumber airnya datang langsung memenuhi kolam sungai yang ada disana, dan berkat itulah air disini memiliki suasana segar dan sangat bersih. Apalagi lokasinya ada di rimbunnya pepohonan jadi gaperlu lagi takut panas.

Lokasi dan Akses Menuju Sumber Umbulan

Sumber Umbulan terletak di Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Sobat dapat melihat rute jelasnya melalui google maps berikut: https://goo.gl/maps/uC5rbJmqdrpx6f896

Akses menuju lokasi Sumber Umbulan dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, lokasi parkirnya ada di samping jalan desa, jadi tidak direkomendasikan kalian datang kesini dengan menggunakan bis atau mobil berukuran besar.

Untuk menuju lokasi Sumber Umbulan, dari tempat parkir kendaraan agan dan sista masih harus hiking melewati sawah mengikuti aliran sungai kecil yang ada disana dengan jarak sekitar 300 meter. Medannya tidak terlalu ekstream, hanya berupa tanah diarea tepian sawah.

Sepanjang jalan menuju lokasi Sumber Umbulan ini terdapat banyak pepohonan tinggi yang melindungi kalian dari panas, meskipun tidak memiliki banyak petunjuk jalan agand an sista tidak perlu khawatir tersesat, jalannya hanya lurus saja tidak ada persimpangan.

Coba lihat video dibawah ini jika agan dan sista tidak bisa membayangkan jalur trekking menuju Sumber Umbulan.



Harga Tiket Sumber Umbulan

Saat berkunjung kemari penulis tidak dikenakan biaya tiket masuk alias GRATIS. Jadi hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan sebesarRp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil.

Keindahan Sumber Umbulan

Bukan hanya sekedar kolam sungai yang langsung dari mata air disana. Sumber Umbulan memberikan daya tarik dari keindahan tempatnya mulai dari rimbunnya pepohonan untuk tempat bersantai, air yang bersih dan segar untuk menyejukan diri hingga ekosistem yang terawat dapat memajakan agan dan sista disini.

Saat bermain air pasti kalian akan menemukan atau melihat ikan-ikan sungai berukuran besar yang menemani kalian berenang disini. Sebagai catatan, ikan disini tidak boleh diambi, dipancing atau ditangkap yaa semuanya terpelihara agar ekosistem tetap terjaga.


0
940
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.