Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Belajar dari Pandawara Group, 5 Pemuda yang Memiliki Kepedulian Terhadap Kebersihan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Belajar dari Pandawara Group, 5 Pemuda yang Memiliki Kepedulian Terhadap Kebersihan
Menjadi sorotan publik di media sosial karena aksinya peduli kebersihan lingkungan, ini dia sekilas tentang Pandawara Group


Pandawara Group, mungkin Agan dan Sista masih banyak yang belum tahu tentang komunitas yang beranggotakan 5 orang pemuda asal Jawa Barat yang menjadi inspirasi karena memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Pandawara Group pertama kali viral setelah kontennya di Tik Tok mendapatkan sorotan dari warganet karena sangat menarik dan menginspirasi karena di tengah kondisi saat ini dimana para pemuda mementingkan untuk hura-hura dan masyarakat sibuk dengan urusan masing-masing, Pandawara Group muncul dengan aksinya membersihkan sampah di tempat-tempat yang seharusnya tidak dijadikan sebagai tempat sampah.

Belakangan ini Pandawara Group diapresiasi langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan pada kesempatan tersebut lah Pandawara Group menjelaskan bahwa alasannya membersihkan lingkungan dari sampah karena keresahan sering terjadinya banjir di sekitar tempat tinggal mereka sehingga mereka mencari tahu alasan dan penyebab banjir dan menemukan sampah-sampah yang menumpang di aliran air baik itu sungai, rawa, atau selokan.

Beranggotakan 5 orang anak muda bernama Rafi, Agung, Ihsan, Rifki, dan Gilang, Pandawara Group secara mandiri membersihkan tempat-tempat yang menjadi sarang sampah. Dipantau dari akun Instagram @pandawaragroup sudah cukup banyak tempat-tempat yang mereka bersihkan, dari yang semula sampah menumpuk menjadi bersih dan aliran air bisa kembali normal.




Memiliki niat baik untuk membersihkan lingkungan dengan dan atas kesadarannya sendiri, Pandawara Group diketahui menginspirasi banyak anak muda lain untuk melakukan aktivitas dan kegiatan yang sama. Tidak sedikit anak-anak muda yang akhirnya mengikuti jejak dari Pandawara Group untuk membuat komunitas bersih-bersih lingkungan dengan maksud dan tujuan murni untuk membersihkan sampah agar tidak menjadi penyebab musibah banjir atau menjadi sarang kuman dan penyakit.

Tentu apa yang dilakukan oleh Pandawara Group ini sangat patut untuk diapresiasi dan wajib untuk dicontoh GanSis, sebab memang sampai saat ini masih banyak masyarakat yang sering lupa akan kewajiban mereka untuk membuang sampah pada tempatnya dan masih sering lalai serta sengaja membuang sampah pada tempat-tempat yang tidak seharusnya seperti selokan, sungai, rawa, dan tempat-tempat yang lainnya.

Perlu Agan dan Sista ketahui, bahwa salah satu penyebab rusaknya alam tidak luput salah satunya adalah karena ulah manusia. Itulah sebabnya manusia harus lebih peduli terhadap lingkungan agar tidak sengsara dan menyesal karena telah melakukan kesalahan.

Merawat alam dan lingkungan tinggal adalah tanggung jawab semua orang GanSis, kesadaran diri sudah harus mulai dipupuk kembali sebelum terlambat dan anak cucu yang terdampak atas kesalahan orang tua dan orang-orang terdahulunya.




Berikut tadi GanSis sekilas tentang Pandawara Group komunitas anak muda peduli lingkungan yang aksinya tengah menjadi sorotan publik.

Tentu dari mereka kita semua dapat belajar banyak hal, salah satunya adalah tentang pentingnya mencintai lingkungan dengan memberikan perhatian khusus.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan asa pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil bersama.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
rumput14ut
syaifudinseno
mbahgugel
mbahgugel dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
InspirasiKASKUS Official
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.