Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

skiesmanAvatar border
TS
skiesman
MUI Makassar Panggil Penganut Aliran Hakikinya Hakiki untuk Dibina


Jakarta, CNN Indonesia -Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar memanggil penganut aliran Hakikinya Hakiki pada Senin (9/1). Mereka akan dimintai penjelasan terkait aliran dan ajarannya untuk selanjutnya dibina jika dianggap menyimpang dari ajaran agama.

Sekretaris MUI Kota Makassar KH Masykur Yusuf mengatakan pemanggilan pimpinan dan penganut aliran Hakikinya Hakiki itu sebagai upaya pembinaan. Selain itu MUI juga ingin mengetahui komitmen mereka untuk berhenti menyebar paham tersebut dan bertobat.

"Pemimpin dan pengikut aliran Hakikinya Hakiki yang sudah ditetapkan sebagai aliran sesat dipanggil besok (hari ini, red) untuk diketahui penjelasannya dan diminta kesiapannya untuk bertobat atau siap dibina," kata Masykur di Makassar, dikutip Antara, Minggu (8/1).

Dia mengatakan pertemuan tersebut dianggap penting untuk mengetahui lebih lanjut terkait pemahaman dan aliran yang dinilai menyimpang dari agama Islam.

Masykur menyatakan akan menyerahkan kepada pihak yang berwajib jika pimpinan dan penganut aliran Hakikinya Hakiki tidak mengikuti anjuran MUI Makassar.

Sejauh ini MUI Makassar telah menerbitkan maklumat agar ajaran tersebut dihentikan karena telah dinyatakan sesat.

Sikap MUI Makassar menyangkut aliran Hakikinya Hakiki telah tertuang dalam Maklumat Nomor 01 MUI.MKS/XII/2022 yang berisi 5 poin kesesatan terkait ajaran tersebut, salah satunya menyalahi rukun iman.

Kedua, jaminan masuk surga. Ketiga, mengaku pernah bertemu Tuhan, keempat status haji tanpa perlu ke tanah suci Mekkah dan kelima menunaikan salat dengan niat berbeda.

Sebelumnya, Ketua MUI Makassar KH Baharudin Abduh Shafa mengatakan pihaknya akan mendalami dan menelusuri silsilah sanad dari aliran itu, sehingga para pengikutnya akan turut dipanggil untuk memberikan penjelasan.

Menurutnya, pentingnya penelusuran dari suatu aliran karena aliran tarekat harus memiliki silsilah atau sanad yang jelas.

Sementara aliran Hakikinya Hakiki ini pengikutnya mengaku bertemu Tuhan dan nabi. Bahkan mereka menyatakan dijamin masuk surga dan mendapat status Haji tanpa harus ke Tanah Suci Mekkah.


SUMURRRR

astagfirullah
pilotamoy141
bukan.bomat
bukan.bomat dan pilotamoy141 memberi reputasi
2
1.2K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.