• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Mabuk Agama? Ini Dia Bahaya Bagi Diri Pelakunya yang Perlu Untuk Diketahui

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Mabuk Agama? Ini Dia Bahaya Bagi Diri Pelakunya yang Perlu Untuk Diketahui
Mabuk agama lebih berbahaya dibandingkan mabuk minuman keras, pahami sebelum terlibat di dalamnya!


Agama, merupakan sistem yang mengatur kepercayaan serta peribadatan kepada Tuhan yang esa dimana setiap orang berhak dan bebas untuk memegang teguh agama masing-masing karena di dunia ini banyak sekali jenis agama yang bisa untuk diikuti dengan segala bentuk tata cara, aturan, larangan, perintah, dan lain sebagainya.

Tidak membahas tentang satu agama tertentu atau menghakimi satu agama tertentu, di zaman yang semakin modern seperti sekarang ternyata masih banyak orang-orang yang ingin terlibat langsung kedalam agama orang lain yang sebenarnya itu tidak diperbolehkan karena setiap agama yang dianut itu adalah hak dan kewajiban masing-masing sebab agama masuk kedalam kategori privasi bagi setiap orang.

Saling beradu benar dan menyalahkan, sampai saat ini belum dapat dihindarkan. Bahkan muncul istilah yang sudah tidak bisa dibilang baru tetapi juga bukan istilah lama yaitu tentang "mabuk agama". Mungkin Agan Sista pun sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut yang ternyata memiliki arti sikap berlebihan dan melampaui batas dalam beragama, istilah mabuk agama sendiri juga bisa disebut dengan nama lain "Ghuluw".

Berlebihan di dalam beragama itu sangatlah dilarang, karena saat seseorang berlebih-lebihan dalam beragama maka mereka tidak segan untuk mengalahkan orang lain, melabeli orang lain buruk, sesat, dan bahkan ada yang sampai melakukan teror dan membunuh orang lain karena orang lain dianggap halal untuk dibunuh karena tidak sesuai dengan kepercayaannya.

Berikut ini beberapa bahaya saat Agan Sista mengalami mabuk agama.




1. Membenci dan Menyalahkan Orang Lain

Ketika seharusnya dengan agama seseorang dapat saling menyayangi dan mengasihi satu sama lain, saat seseorang berlebihan dalam beragama mereka akan lebih mudah untuk menyalahkan dan membenci orang lain.

Mereka yang mabuk agama akan menganggap orang lain yang tidak melakukan apa yang diajarkan di dalam agamanya sebagai musuh, dan ini sebenarnya sangat bertentangan dengan apa yang diajarkan di dalam beragama itu sendiri.

2. Membandingkan yang Satu dengan yang Lain

Membandingkan antara satu agama dengan agama yang lain ini juga menjadi salah satu bahaya dari mabuk agama, karena setiap agama itu sama yaitu mengajarkan untuk taqwa kepada Tuhan dan menjauhi semua larangan yang ada.

Ketika seseorang sudah paham dengan konsep beragama dan paham dengan agamanya, seharusnya orang tersebut tidak mudah untuk membandingkan antara satu agama dengan agama yang lain karena itu bukan ranahnya untuk ikut campur dalam agama orang lain.

3. Membuat Kekacauan

Sudah banyak contoh kasus orang yang mabuk agama hanya akan membuat kekacauan dan menebarkan keresahan, inilah yang harus dihindari karena saat seseorang yang mabuk agama telah melakukan doktrin kepada orang lain yang juga se-frekuensi maka akan menyebabkan kekacauan yang besar.



Berikut tadi GanSis tiga resiko bahaya mabuk agama yang wajib diketahui agar kita tidak terlalu berlebihan dalam beragama.

Menjalankan perintah dan menjauhi larangan dari Tuhan ini memang wajib untuk dilakukan oleh tiap orang GanSis, tetapi tidak untuk menuntut orang lain menjalankan apa yang kita jalankan dan percayai karena hak beragama itu ada di masing-masing individu.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
abunabil19
suteragordyn
bayupk5000
bayupk5000 dan 27 lainnya memberi reputasi
26
6.7K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
InspirasiKASKUS Official
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.