Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muqfaAvatar border
TS
muqfa
Bendera-Bendera Di Dunia dan Fakta Tersembunyi Dalam Bendera

Ilustrasi bendera. Sumber: Di sini


Bendera merupakan simbol negara yang mencerminkan sejarah, tradisi, dan nilai-nilai suatu negara. Bendera di dunia terdiri dari berbagai warna, bentuk, dan simbol yang unik. Masing-masing negara memiliki bendera yang berbeda-beda yang menjadi tanda identitas negara tersebut.

Nepal satu-satunya negara yang benderanya tidak terdiri dari empat sudut

Bendera Nepal adalah satu-satunya bendera di dunia yang tidak memiliki sudut. Bendera ini terdiri dari lapisan kain merah yang diikat ke tiang atau bendera dengan cara yang sama seperti bendera lainnya, namun tidak memiliki sudut yang terpisah. Ini karena bendera Nepal terinspirasi oleh bendera peninggalan kerajaan yang sebelumnya, yang juga tidak memiliki sudut. Bendera Nepal juga unik karena tidak memiliki ukuran yang pasti; ukuran bendera dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu atau organisasi yang menggunakannya.

Hanya ada dua negara yang benderanya berbentuk persegi empat

Hanya ada dua negara di dunia yang memiliki bendera berbentuk persegi empat, yaitu Switzerland dan Vatican City (Kota Vatican). Bendera Switzerland terdiri dari kain merah dengan kross putih di tengahnya, sementara bendera Vatican City terdiri dari latar belakang putih dengan lambang Gereja Katolik di tengahnya, yaitu bintang emas dengan delapan tepi di atas tanda salib emas. 

Simbol dalam bendera memiliki arti spesifik negaranya

Simbol-simbol dalam bendera biasanya memiliki arti spesifik bagi negara tersebut. Masing-masing simbol dapat mewakili sejarah, tradisi, atau nilai-nilai penting yang diakui oleh negara tersebut. Contohnya, bendera Amerika Serikat menggunakan lambang api merah, kuning, dan biru untuk mewakili kemerdekaan dan persatuan negara. 

Bendera Jepang menggunakan lambang bulan sabit merah di atas latar belakang putih untuk menggambarkan harmoni dan kesucian. Bendera Indonesia menggunakan lambang garuda di atas latar belakang merah putih untuk menggambarkan kebesaran dan keberanian. 

Simbol-simbol ini merupakan bagian integral dari bendera negara dan menjadi tanda identitas yang kuat bagi masyarakat negara tersebut.

Referensi tulisan: The Fact Site
provocator.3301
screamo37
bigjerro
bigjerro dan 16 lainnya memberi reputasi
17
7.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
InspirasiKASKUS Official
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.