Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Orang Miskin Rawan dieksploitasi, Jadi Alat Kampanye Sampai "Sirkus" di TV

xianying21Avatar border
TS
xianying21
Orang Miskin Rawan dieksploitasi, Jadi Alat Kampanye Sampai "Sirkus" di TV
Orang Miskin Rawan dieksploitasi, Jadi Alat Kampanye Sampai "Sirkus" di TV

Jangan menjadi miskin agar tidak kena eksploitasi. Karena orang miskin itu rawan eksploitasi oleh berbagai pihak. Mulai dari para artis, pebisnis, sampai dengan orang politik dan pejabat semuanya akan berlomba-lomba untuk mengeksploitasi kemiskinan.

Tidak percaya? Buktinya adalah ada konten kreator yang memanfaatkan orang miskin sebagai pendulang uang, begitu juga para pebisnis yang memanfaatkan orang miskin dengan acara-acara tv yang menyajikan si miskin sebagai parade sirkus seperti contohnya Uang Kaget dan Mikrofon Pelunas Hutang. Lalu ada satu lagi yaitu para politikus yang mengeksploitasi orang miskin dengan menjadikannya sebagai alat kampanye seperti bagi-bagi gerobak dengan watermark partai segede gaban.

Jadi Korban Eksploitasi Konten Kreator
Orang Miskin Rawan dieksploitasi, Jadi Alat Kampanye Sampai "Sirkus" di TV

Kemiskinan masih menjadi hal yang seksi di media sosial dan akan sangat mudah mendulang views kalau bagi-bagi ke orang miskin dengan catatan uangnya akan kembali dengan yang lebih besar dari Adsense dan endorse yang melimpah. Di sisi lain kreator yang seperti ini akan dicap sebagai malaikat baik hati oleh para followersnya. Padahal ini hanyalah simbiosis bisnis.

Jadi Korban Eksploitasi Pebisnis
Orang Miskin Rawan dieksploitasi, Jadi Alat Kampanye Sampai "Sirkus" di TV

Masih ingat dengan acara Mikrofon Pelunas Hutang? Itu adalah salah satu acara tv yang menyajikan sirkus yang menjadikan orang miskin yang menderita sebagai talent-nya. Uang Kaget adalah sirkus lainnya yang menyuruh orang miskin melakukan atraksi dan ditonton oleh orang-orang kaya.

Serial Squid Game adalah upaya satir pembuatnya kalau orang miskin itu tidak punya power dan orang kaya bisa melakukan apa saja kepada orang miskin dan power itu tidak terbatas. Kira-kira seperti itulah gambarannya. Orang miskin pasti akan mau dieksploitasi asalkan mendapatkan keuntungan dari si kaya.

Jadi Alat Kampanye
Orang Miskin Rawan dieksploitasi, Jadi Alat Kampanye Sampai "Sirkus" di TV

Kemiskinan juga menjadi seksi di mata para politikus dan menjadi alat kampanye. Contohnya adalah memberikan gerobak dengan logo partai segede gaban. Politikus ini tak mungkin memberikan gerobak gratis begitu saja, harus dibayar oleh logo tersebut dan jadi alat kampanye. Terbayang dong, kalau jualan pakai gerobak tersebut dan banyak orang yang tidak suka partainya? Auto tidak laku.

Tapi tidak mungkin juga para politikus inu membagikan gerobak tanpa watermark, ya bisa rugi. Kan tujuan bagi-bagi gerobak adalah untuk mencapai kekuasaan, bukan tulus membantu orang-orang miskin.

Ayo, ada eksploitasi yang lainnya nggak gan? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
iblast867583
iblast867583 memberi reputasi
1
1.2K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.