Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Sering Berburuk Sangka atau Suudzon dengan Orang Lain? Awas,Ini Dia Dampak Negatifnya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sering Berburuk Sangka atau Suudzon dengan Orang Lain? Awas,Ini Dia Dampak Negatifnya
Waspada terhadap pikiran buruk atau buruk sangka dengan orang lain, ini dia beberapa dampak negatifnya


Prasangka buruk atau lebih dikenal dengan istilah su'udzon merupakan perasaan hati dimana seseorang berpikir negatif terhadap seseorang yang belum dapat dipastikan bahwa apa yang ada di dalam pikirannya tersebut benar-benar dilakukan oleh orang tersebut dan sesuai fakta atau hanya rasa curiga yang berlebihan dan tanpa alasan saja.

Seringkali seseorang menyamakan antara berburuk sangka dengan waspada sebagai satu kesatuan perasaan yang sama dimana sebenarnya dua perasaan atau sifat ini sangatlah jauh berbeda entah itu dari bentuk maupun manfaat sekalipun.

Berburuk sangka atau suudzon terhadap orang lain hanya akan menimbulkan perasaan curiga yang berlebihan, sedangkan untuk sikap waspada dengan sekitar ini akan meningkatkan keamanan diri sendiri dari gangguan atau tipuan dari orang-orang yang memang memiliki niat buruk.

Selain tidak memiliki manfaat sedikit pun, diketahui bahwa memiliki prasangka buruk atau suudzon kepada orang lain adalah sebuah perasaan yang harus dicegah, karena berburuk sangka akan membawa seseorang jauh dengan ketaqwaan dan bahkan bisa membunuh iman seseorang.

Bisa dikatakan berburuk sangka adalah salah satu jenis penyakit hati, yang jika dibiarkan begitu saja akan membuat diri sendiri rusak dan hancur karena ada beberapa dampak negatif atau resiko buruk dari selalu berburuk sangka.

Berikut ini beberapa dampak negatif berburuk sangka yang perlu untuk Agan Sista ketahui.




1. Merasa Cemas yang Berlebihan

Dampak buruk dari berburuk sangka kepada orang lain yaitu dapat menimbulkan perasaan cemas yang berlebihan bahkan tanpa sebab musabab sekalipun.

Seseorang yang memiliki pikiran buruk atau berburuk sangka terhadap kehadiran orang lain, mereka akan selalu berpikir bahwa orang yang didekatnya adalah musuh, itulah sebabnya mereka selalu merasa cemas dan was-was.

2. Memiliki Hubungan Buruk dengan Orang Sekitar

Berburuk sangka juga akan membawa Agan Sista dalam hubungan yang kurang baik dengan orang sekitar, karena kalian bukan hanya membatasi diri melainkan juga menganggap orang lain buruk sehingga orang lain juga enggan untuk dekat dengan kalian yang selalu merasa curiga bahkan meskipun orang lain telah berbuat baik.

3. Merasa Hidup Sendiri

Merasa hidup seorang diri dan kesepian juga akan dirasakan oleh orang yang memiliki sifat suka berburuk sangka terhadap orang lain, karena mereka yang suka berburuk sangka akan jauh dengan orang-orang sekitarnya karena anggapan mereka bahwa orang yang mendekat hanya datang ketika ada maunya atau ada kepentingan tertentu dan itu bersifat merugikan.

4. Hidup Sulit Bahagia

Ketika seseorang sudah terjebak di dalam sifat buruk sangka maka mereka akan sulit untuk merasakan bahagia.

Kebahagiaan yang seharusnya dapat datang dari hal-hal sederhana yang datang dari sekitar secara otomatis akan tertolak karena sikap buruk sangka yang dilakukan, karena seseorang yang buruk sangka tidak ada sedikit pun pikiran positif terhadap apa yang orang lain lakukan kepada mereka.



Berikut tadi GanSis beberapa dampak negatif dari suka berburuk sangka dengan orang lain yang perlu untuk kalian ketahui.

Perlu Agan Sista catat, bahwa waspada dengan segala sesuatu yang terjadi itu boleh untuk dilakukan demi keselamatan, tetapi berburuk sangka sesuatu yang berbeda dan harus dihindari karena bisa membawa pada celaka pada diri sendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
kwacimuffin
dewimetal
iblast867583
iblast867583 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
2.4K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
InspirasiKASKUS Official
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.