• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Pelajaran Hidup dari Game Harvest Moon, Sukses Berawal dari Harta Warisan

xianying21Avatar border
TS
xianying21
6 Pelajaran Hidup dari Game Harvest Moon, Sukses Berawal dari Harta Warisan


Game Harvest Moon adalah game bergenre simulasi pertanian dan kehidupan yang terkenal di kalangan gamer di Indonesia terutama seri Harvest Moon: Back to Nature (HMBTN) dan seri ini ada remakenya yang berjudul Story of Seasons: Friends of Mineral Town (FOMT) yang dirilis pada 2020 yang lalu.

Game ini tak lekang di makan zaman dan masih banyak yang memainkannya baik itu di emulator PS1 maupun untuk versi remakenya yang ada di PC, PS4, dan Nintendo Switch. Game ini disukai gamer Indonesia karena gameplaynya yang cukup adiktif dan jauh dari kata kekerasan. Yang ada hanyalah kembali ke desa, bercocok tanam, bersosialisasi dengan penduduk dan ikut berbagai festival.

Namun, di balik semua keseruan game Harvest Moon ini, ada beberapa pelajaran yang bisa diambil para playernya. Apa sajakah itu?

1. Peluang Kesuksesan Berawal dari Warisan Bukan dari Nol



Dalam game ini, diceritakan kalau si protagonis mewarisi tanah pertanian yang lumayan luas dari si kakek yang telah meninggal. Si protagonis diminta untuk menjalankan pertanian sampai sukses. Inilah awal dari kenapa si protagonis nanti bisa kaya dan dapat uang banyak berkat kerja keras yang dilakukan. Namun, di sini kita bisa melihat kalau si protagonis mendapatkan privilege adalah cucu tuan tanah di desanya. Jadi bodoh sekali kalau mengatakan kita mengawali kaya raya dalam game ini dari nol, tapi berawal dari warisan dan keberuntungan.

2. Harus Berkecukupan Ketika Menikah



Dalam game ini, syarat untuk menikahi salah satu gadis desa selain memikat hatinya dengan memberikan hadiah setiap hari adalah harus memenuhi syarat rumah harus upgrade ke level 3 alias diperluas. Artinya peternakan juga harus upgrade. Itu semua membutuhkan gold yang tidak sedikit.

3. Lebih Mudah diterima Masyarakat Ketika Kita Kaya dan Dermawan



Dalam game ini selain kita harus sukses dalam pertanian kita juga harus berhasil bersosialisasi dan berteman dengan semua penduduk desa. Akan lebih cepat mengambil hati para penduduk apabila kita rajin memberikan hadiah kepada penduduk. Pelajaran yang bisa diambil adalah jadi orang miskin itu susah dalam berbuat baik dan juga susah punya circle yang luas karena kita tidak bisa memberikan apa-apa pada orang-orang.

Jadi, tak heran kalau banyak orang yang mendekati kita kalau kita punya banyak uang dan menjauh ketika sedang miskin. Game ini menggambarkan fakta tersebut.

4. Bertemanlah dengan Orang Kaya Maka Akan Kecipratan Kayanya



Dalam versi remakenta yaitu dalan Story of Seasons: FOMT, ada karakter yang bernama Huang (di HMBTN bernama Won) dia adalah pedagang di Mineral Town yang dikenal tajir. Jika ingin cepat kaya maka harus bersahabat dengan dia. Ketika level friendship dengan Huang sudah tinggi, kita bisa menjual barang pada dia dan jadi kaya raya. Kunci cara cepat kaya di game ini adalah berteman sedini mungkin dengan Huang dan jualah barang-barang langka pada dia. Kurang dari sebulan sudah jadi milyuner.

Jika hanya mengandalkan hasil ternak dan pertanian, jadi kayanya akan lama. Ini memberikan pelajaran pada kita kalau kaya dari bertani itu tidak mudah dan tidak instan.

5. Cara Instan Untuk Kaya: Pesugihan



Oke, kalau yang ini jangan dianggap serius dan hanya joke. Dalam versi remakenya kita bisa kaya secara instan dengan sejumlah trik (bukan cheat atau gameshark). Melainkan kaya dari hasil judi pacuan kuda ataupun dari pesugihan. Kok ada pesugihan?

Ya, ada. Caranya adalah melakukan trik agar bisa menang tebak-tebakan apel dari Huang dan mendapatkan bunga mahal. Ketika sudah dapat 10 bunga, berikan itu pada makhluk gaib bernama Harvest Goddest dan siluman ini akan memberikan hadiah super mahal. Jual kembali hadiah ini pada Huang dan Huang akan membelinya dengan harga 1 juta gold! Jika mengandalkan dari pertanian uang segitu di game ini bisa-bisa gempor. Maka solusinya adalah pesugihan.

6. Carilah Buruh yang bisa dibayar Murah



Dalam game ini, terdapat 7 karakter kurcaci yang dinamakan Harvest Sprites yang tinggal di belakang gereja. Mereka bisa disuruh bekerja di pertanian tanpa harus memberi mereka uang. Cukup dengan rajin ngobrol dengan mereka dan beri mereka hadiah receh seperti tepung. Artinya kita tak perlu bayar mahal pekerja untuk bisa jadi kaya. Kira-kira inilah terjadi di dunia nyata karena buruh serabutan upahnya juga murah.

Ayo, ada lagi pelajaran lainnya gan? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi



kaycaem
dewimetal
areszzjay
areszzjay dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.