c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kok Bisa Hujan Disatu Tempat Yang Terbatas Saja? Bagaimana Itu Bisa Terjadi




Hi sobat sains,

Eh, kamu pernah ga sih merasakan hujan lokal alias hujan hanya sebagian wilayah. Nah, pastinya pernahkan tapi kalau hujan hanya satu tempat dan wilayahnya tidaklah besar hanya tercurah pada satu tempat saja dan cukup sempit.

Entah itu mengguyur hanya pas untuk satu mobil saja atau rumah, tentu hal ini cukup langka tapi ternyata fenomena alam seperti ini memang ada.

Lantas apa penjelasan dari BMKG?



Kalau dari BMKG yaitu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika penjelasannya cukup rumit, jadi ane pake bahasa sendiri aja deh sukur-sukur ente semua pada paham.

Intinya begini, walau hal itu cukup langka dan jarang terjadi namun bukan editan tetapi bisa terjadi akibat awan tunggal yang membawa muatan hujan, lalu hujan yang tercurah durasinya juga tidak lama hanya sebentar.

Walau begitu karena terpusat pada awan tunggal, yang memuat hujan tentu hujan lokal tersebut langsung lebat. Nah, biasanya hujan yang cukup lebat durasinya tidak akan lama. Sebaliknya hujan yang rintik, durasinya bisa lama.



Itu penjelasan pakai bahasa awam, kalau secara ilmiah ane juga pusing gan. Gimana pahamkan, jadi dilangit ada kumpulan awan yang cukup banyak. Nah, berhubung ini ada awan tunggal terpisah dari kumpulan yang lainnya tapi memuat cikal bakal hujan maka terjadilah fenomena unik tersebut.

Terkadang alam ini memang masih banyak misteri di dalamnya, manusia hanya bisa berteori namun kenapa bisa terjadi hal yang janggal seperti itu juga BMKG tak bisa menjawab.



Setidaknya masih banyak fenomena alam yang terbilang membingungkan, seperti datangnya angin badai secara tiba-tiba hingga sekarang tak bisa dipeediksi.

Bahkan gempa yang terjadi dibanyak wilayah Indonesia, pihak BMKG tak bisa prediksi kapan akan terjadinya bencana itu. Hanya bisa prediksi alur lempengan bumi, disini adalah daerah rawan gempa.

Yah, setidaknya kalau kamu meihat fenomena ini jangan kaget, itu bukan alien pipis tapi memang hujan yang secara alamiah sama dengan hujan-hujan pada umumnya. Hanya saja wilayahnya terbatas di tempat yang cukup sempit.



Setidaknya fenomena langka ini, bukanah sebuah hal yang harus ditakuti tapi dikagumi begitu luasnya alam hingga manusia hanyalah bagaikan debu di alam.semesta ini.

Jadi bagaimana pendapat kalian tentang fenomena ini?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











Diubah oleh c4punk1950... 04-01-2023 08:21
kwacimuffin
64m64n9s
iblast867583
iblast867583 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.9K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.