EzraMikhaelAvatar border
TS
EzraMikhael
Sejarah Terciptanya Latto-latto dan Tips Aman Memainkannya
Belakangan ini, mainan latto-latto jadi populer dan banyak digandrungi oleh masyarakat. Tidak hanya anak-anak, namun orang dewasa sekalipun.





Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil juga menjajal mainan viral yang satu ini saat keduanya berkunjung ke Subang, Jawa Barat.,

Mengutip dari The Guardian, mainan viral latto-latto juga disebut sebagaiyang merupakan pendulum dengan dua bola pemberat serupa yang terikat pada sebuah tali dengan cincin di atasnya.

Dalam sejarah, latto-latto disebutkan telah ada sejak tahun 1960-an dan populer pada masanya. Ketika dimainkan, latto-latto akan menimbulkan bunyi 'klak' yang khas dan memuaskan.



Cara Bermain Latto-latto

Cara memainkan latto-latto cukup mudah, hanya saja pemain perlu menggerakkan tangan untuk menyeimbangkan kedua bola latto-latto agar saling berbenturan. Nah, benturan tersebut akan menimbulkan bunyi yang khas.

Walau begitu, saat pertama kali memainkan latto-latto agaknya banyak pemula yang kesulitan. Jadi, diperlukan latihan yang sering untuk memainkan mainan ini.

Tips Aman Bermain Latto-latto

Meskipun hanya sebuah mainan, ada risiko tersendiri lho apabila latto-latto dimainkan secara asal dan berujung membahayakan.

Mengutip dari detikHealth, memainkan latto-latto terlalu dekat dengan wajah dapat mengakibatkan pecahan material mainan tersebut masuk dan mengenai mata, sehingga berisiko mengalami kebutaan.


Nah, berikut ini akan dijelaskan tips aman bermain latto-latto.

1. Pastikan kedua bola latto-latto seimbang, ini dapat dilakukan dengan menyamakan posisi bola

2. Setelah itu, jepit bagian tengah tali latto-latto di antara jari tangan. Usahakan pakai jari tangan yang paling nyaman, contohnya di antara jari telunjuk dan jari tengah


3. Apabila sudah dirasa nyaman, coba pantulkan latto-latto dengan menggoyangkan tangan ke atas dan bawah. Ini bisa dilakukan dengan ritme pelan lalu semakin cepat


4. Goyangkan tangan hingga latto-latto berbenturan dan menimbulkan bunyi khas
Jika sudah menemukan ritmenya, detikers bisa mencoba trik untuk menghasilkan bunyi sesuai keinginan.


Sumber : https://www.msn.com/id-id/gayahidup/keluarga/sedang-tren-simak-sejarah-terciptanya-latto-latto-dan-tips-aman-memainkannya/ar-AA15REeh?ocid=msedgdhp&pc=U531&cvid=3fb49ce19ec54ec59e3f99882ae430f3

0
1.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.