Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muqfaAvatar border
TS
muqfa
Ternyata Tidak Sama Antara Introvert Dan Pemalu
Ternyata Tidak Sama Antara Introvert Dan Pemalu

Introvert atau pemalu? Sumber: di sini



Seringnya penilaian orang adalah bila seorang itu tertutup dan berkepribadian suka malu-malu itu adalah orang yang introvert, padahal berbeda lho antara introvert dan pemalu itu.

Kalau belum tau apa beda antara introvert dan pemalu, semoga penjelasan di tulisan ini dapat mencerahkan

Perbedaan introvert dan pemalu

Introvert adalah orang yang cenderung tertutup, lebih suka menyendiri, dan lebih menyukai aktivitas yang menyendiri. Mereka cenderung menghindari interaksi sosial dan ada kalanya menjadi pendengar yang baik.

Sedangkan pemalu adalah orang yang takut untuk berbicara di hadapan orang banyak. Mereka merasa tidak nyaman dan cenderung tertekan ketika berbicara di hadapan orang lain. Pemalu juga merasa canggung ketika berinteraksi dengan orang lain dan cenderung menghindari situasi sosial.

Kesimpulannya, introvert dan pemalu memiliki beberapa kesamaan, tetapi bisa juga berbeda. Introvert cenderung lebih suka menyendiri dan menghindari interaksi sosial, sedangkan pemalu merasa canggung dan takut ketika berinteraksi dengan orang lain.

Introvert itu karakteristik, pemalu itu sifat

Introvert adalah karakteristik yang menekankan pada suka menyendiri, menghindari interaksi sosial, dan menghindari kontak mata. Orang-orang dengan karakter ini biasanya menghabiskan waktu sendirian daripada bersama orang lain. Mereka juga mungkin menjadi pendengar yang baik dan lebih suka berbicara dalam lingkaran kecil orang terdekat. Introvert cenderung lebih tertarik pada kegiatan yang terkait dengan pemikiran, karya seni, dan perhatian pada detail.

Karakteristik dasar lainnya adalah introvert adalah orang yang cenderung lebih menyukai meneliti dan menyelidiki, daripada bersosialisasi. Mereka biasanya memiliki minat yang kuat dalam mempelajari hal-hal tertentu, dan kadang-kadang memiliki kemampuan yang unik untuk menganalisis situasi. Introvert juga cenderung menjadi pendengar yang baik dan bersedia untuk menyimak sisi lain dari persoalan. Mereka juga mungkin memiliki empati yang kuat, dan mampu mengekspresikan pendapat mereka dalam cara yang halus dan bijaksana.

Secara keseluruhan, introvert adalah karakteristik yang mencerminkan pemalu dan tertutup. Orang-orang dengan karakter ini biasanya lebih suka menghabiskan waktu sendirian daripada bersama orang lain, dan cenderung menjadi pendengar yang baik. Mereka juga mungkin memiliki kemampuan yang unik untuk menganalisis situasi dan memiliki minat yang kuat dalam meneliti hal-hal tertentu.

Introvert bisa cerewet

Sebenarnya, introvert masih bisa cerewet. Hal ini tergantung pada kepribadian mereka dan situasi. Introvert yang lebih tertutup dapat menjadi lebih terbuka dan mungkin lebih berbicara dalam situasi yang lebih intim atau dengan orang yang mereka kenal dengan baik. Introvert juga bisa menjadi lebih cerewet di ruang publik atau dengan orang yang baru mereka temui. Mereka mungkin benar-benar berbicara banyak, terutama tentang topik yang mereka ketahui dengan baik. Percakapan yang lebih panjang dan kaya dengan detail juga mungkin terjadi. Berbicara dengan introvert pun mungkin dirasa menyenangkan karena mereka mampu memberikan komentar yang masuk akal, berpikir kritis, dan melihat hal-hal dari berbagai sudut pandang.

Sifat-sifat pemalu

Pemalu adalah sifat yang dimiliki oleh orang yang kurang percaya diri dan kurang berani untuk mengungkapkan pendapatnya. Mereka biasanya punya suara yang lebih kecil dan lebih cenderung untuk menghindari konflik. Mereka juga mudah tersinggung dan mudah sekali meminta maaf. Meskipun mereka kadang-kadang kikuk, mereka tetap berusaha untuk menjaga rasa hormat dan menghormati orang lain. Pemalu juga sering menjadi pendengar yang baik dan dapat menjadi teman yang baik dan setia. Mereka juga dapat menjadi pendukung yang baik karena mereka berusaha keras untuk mendengarkan pendapat orang lain dan memberikan masukan bermanfaat.

Pemalu juga mampu dalam banyak hal

Meskipun pemalu orang-orang sering dianggap sebagai orang yang lemah dan takut, mereka sebenarnya mampu banyak hal. Mereka biasanya memiliki tingkat kecerdasan intelektual yang tinggi, keramahan yang luar biasa, dan keterampilan sosial yang baik. Mereka juga dapat menjadi pejuang yang kuat untuk hak-hak mereka dan orang lain. Dengan mengubah cara pandang kita tentang pemalu, kita dapat membantu mereka menemukan kekuatan yang ada di dalam dirinya.

Ketika berhubungan dengan orang-orang pemalu, penting untuk menghargai dan menghormati mereka. Berikan mereka ruang untuk berbicara dan menyampaikan pendapat mereka. Beri mereka waktu untuk memikirkan apa yang mereka ingin katakan dan jangan menekan mereka untuk mengungkapkan pendapat mereka sebelum mereka merasa nyaman. Juga, jangan menghakimi mereka untuk tingkah laku atau pandangan mereka. Ini akan membantu mereka merasa nyaman dan berani untuk berbicara.


Referensi bacaan: verywell family

Sampai di sini tau kan sekarang bedanya introvert dan pemalu?
Kalau mau menambahkan, tulis di komentar ya
Diubah oleh muqfa 02-12-2022 15:38
angelcloud
supahard
supahard dan angelcloud memberi reputasi
0
5.7K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.