masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Terbuat dari Bahan Dasar Singkong, 5 Jenis Makanan Tradisional Ini Patut Untuk Dicoba
Terbuat dari bahan dasar singkong, 5 jenis makanan tradisional ini tidak lekang dimakan zaman


Ketela pohon atau lebih sering disebut sebagai singkong, adalah jenis tumbuhan umbi akar yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai sumber energi manusia yang mungkin sudah mulai bosan dengan nasi atau olahan gandum.

Tumbuhan singkong atau ketela pohon sendiri dapat tumbuh di daerah dengan dataran iklim tropis dan subtropis, dan salah satunya Indonesia yang memang beriklim tropis.

Dapat dikatakan ketela pohon atau singkong telah ada sejak masa prasejarah, pertama kali dibudidayakan di Brazil dan Uruguay yakni kurang lebih 10 ribu tahun yang lalu.

Meskipun ketela pohon atau singkong telah ada sejak zaman pea sejarah dan dijadikan sebagai sumber energi manusia dan hewan ternak, olahan-olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong pun tak lekang termakan zaman. Sebagaimana di negara Indonesia, singkong dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa daerah termasuk Papua wilayah pegunungan.

Selain bisa dinikmati hanya dengan direbus dan dibumbui garam, singkong atau ketela juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar dari berbagai macam makanan tradisional GanSis.

Berikut ini beberapa jenis olahan makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong.


Quote:

1. Getuk Lindri

Terbuat dari bahan dasar singkong, getuk lindri adalah jajanan tradisional khas Jawa Tengah.

Berbeda dengan getuk pada umumnya yang hanya diberi pewarna alami dari gula merah, getuk lindri memiliki warna-warni yang lebih cantik dari pewarna makanan, diberikan tambahan taburan gula dan parutan kelapa saat dihidangkan.

Meski khas dari Jawa Tengah, getuk lindri juga dapag ditemui di pasar tradisional yang ada di Jawa Timur dan juga Jawa Barat.


Quote:

2. Lemet

Lemet, mungkin Agan Sista yang tinggal di daerah kota masih sedikit asing dengan makanan yang satu ini.

Lemet merupakan makanan khas dari Pulau Jawa yang terbuat dari bahan dasar singkong yang diparut, diberikan campuran gula merah dan parutan kelapa, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang untuk selanjutnya dikukus dan dihidangkan.

Meskipun terlihat sederhana tetapi lemet ini banyak digemari GanSis. Cita rasa yang khas manis gurih berasal dari campuran gula merah, parutan kelapa, dan juga bahan dasarnya yaitu singkong itu sendiri.


Quote:

3. Tiwul

Tiwul merupakan makanan legendaris pengganti nasi GanSis. Terbuat dari olahan singkong yang melalui proses panjang mulai dari pengupasan, penjemuran, dibuat tepung singkong dari gaplek, sebelum akhirnya menjadi butiran-butiran yang menyerupai beras tetapi berwarna coklat atau kehitaman.

Perlu Agan Sista ketahui bahwa tiwul merupakan makanan khas dari Masyarakat Wonogiri, dan telah menjadi makanan pokok sejak masa penjajahan Jepang terdahulu.


Quote:

4. Tape

Selain dari beras ketan, tape jug dapat dibuat dengan bahan dasar singkong GanSis.
Tape merupakan jajanan atau kudapan yang dibuat melalui proses fermentasi dengan menggunakan ragi.

Tape singkong di daerah Jawa Barat memiliki nama lain peuyum, sedangkan di daerah lain dikenal dengan nama tape singkong.


Quote:

5. Cenil

Cenil adalah makanan yang terbuat dari sari pati singkong. Makanan ini biasanya berbentuk bulat-bulat kecil atau kotak, diberikan taburan kelapa parut dan ditambah dengan saus gula merah.

Untuk dapat menemukan jajanan tradisional ini Agan Sista harus datang ke pasar tradisional, karena sampaj sekarang masih banyak dijual oleh pedagang makanan tradisional karena cenil paling hits dan dicari.



Berikut tadi GanSis beberapa jenis olahan makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong dan masih digandrungi sampai saat ini.

Makanan-makanan tradisional meskipun seringkali terlihat disepelekan dan banyak orang lebih memilih makanan modern, untuk cita rasa makanan tradisional bisa diadu dengan makanan modern.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
nurhuda008
nketiahrobin763
lutfigilang01
lutfigilang01 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.5K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.