masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pergi Liburan Panjang ke Lampung? Ingat, 5 Oleh-oleh Ini Patut Untuk Jadi Buah Tangan
Menjadi makanan khas yang banyak disukai, 5 makanan khas Lampung ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh sepulang libur panjang


Libur panjang Natal 2022 dan tahun baru 2023 tinggal menghitung hari. Di akhir Desember ini banyak orang menjadwalkan diri mereka dan keluarga untuk berlibur entah itu ke tempat-tempat wisata yang ada diluar daerah, atau mancanegara.

Saat-saat musim liburan selain tempat-tempat wisata yang diincar untuk dijadikan tujuan, pastinya bazar atau toko oleh-oleh juga tidak luput dari kunjungan para wisatawan. Itulah sebabnya setiap libur panjang hari raya atau tahun baru, pendapatan para pelaku UMKM yang menjual oleh-oleh meningkat dan membuat mereka ikut merasakan senang serta bahagia meski harus tetap bekerja dihari libur.

Membahas tentang oleh-oleh, TS tentu tidak ingin ketinggalan untuk memperkenalkan beberapa jenis makanan atau olahan khas daerah Lampung yang mungkin Agan Sista bisa coba untuk beli dan jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman kerja yang berharap kecipratan buah tangan libur panjang.

Sebagaimana diketahui, Lampung adalah tempat transitnya orang-orang yang ingin ke Pulau Jawa atau orang dari Pulau Jawa dan Pulau-pulau yang lain untuk ke Sumatera. Itulah sebabnya Agan Sista bisa banget untuk singgah dan membantu para pelaku UMKM membeli barang dagangan mereka agar mereka juga bisa ikut merasakan rezeki yang Agan Sista dapatkan.

Lalu apa saja makanan atau olahan khas Lampung yang bisa untuk dijadikan sebagai oleh-oleh?
Berikut ini beberapa diantaranya!


Quote:

1. Keripik Pisang

Lampung adalah provinsi di Pulau Sumatera yang hasil buminya sangat melimpah dan satu diantaranya yaitu pisang.

Dari pisang hasil panen sendiri masyarakat Lampung memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai keripik yang kemudian menjadi salah satu oleh-oleh khas Lampung yang bisa untuk Agan Sista beli di toko oleh-oleh yang ada di Lampung atau bahkan juga dijual di kedai-kedai yang ada di sekitar tempat wisata di Lampung yang GanSis kunjungi.


Quote:

2. Kemplang

Kemplang, adalah salah satu jenis kerupuk yang cara pengolahannya sedikit berbeda dengan jenis-jenis kerupuk lain yang digoreng dengan menggunakan minyak melainkan dipanggang dengan menggunakan arang atau pasir. Meski beberapa jenis kemplang juga diolah dengan cara digoreng, tetapi cita rasa khas kemplang panggang perlu untuk Agan Sista coba dan jadikan oleh-oleh.

Kemplang terbuat dari olahan ikan tenggiri dengan tepung tapioka, menjadi salah satu makanan khas dari Sumatera Selatan tidak terkecuali Lampung.

Selain terkenal dengan hasil bumi, Lampung juga kaya akan hasil laut dan tambak ikan GanSis. Dari sinilah masyarakat memanfaatkan hasil panen mereka untuk membuat berbagai macam olahan makanan dan salah satunya yaitu kerupuk kemplang.


Quote:

3. Engkak atau Lapis Legit

Lapis legit, masyarakat Lampung lebih mengenalnya dengan nama sebutan Engkak.

Makanan yang satu ini benar-benar erat dengan masyarakat Lampung karena di setiap acara-acara besar seperti upacara adat, hari raya, hajatan, atau pesta selalu dihidangkan engkak sebagai suguhan dan sebab itulah engkak ini dikenal secara luas dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh setelah libur panjang.

Engkak terbuat dari bahan-bahan yang tergolong premium, dari ketan terbaik, telur, santan segar, gula pasir, susu, dan juga mentega. Dibuat dengan penuh kesabaran karena harus berlapis-lapis sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama membuat makanan ini memiliki harga yang cukup mahal perloyangnya.


Quote:

4. Kopi Lampung

Masih dari hasil bumi Lampung, kopi dari daerah Lampung khususnya Liwa atau Lampung Barat sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang liburan nanti.

Cita rasa khas kopi Lampung berbeda dengan kopi-kopi dari daerah lain. Inilah yang membuat kopi Lampung digemari sampai dengan oleh wisatawan mancanegara.

Di tahun 2021 lalu Sumatera Selatan menjadi provinsi dengan produksi kopi terbesar, yaitu 201,40 ton dalam 1 tahun.


Quote:

5. Lempok Durian

Jika masyarakat di Pulau Jawa menyebutnya dodol, masyarakat Lampung menyebut makanan ini dengan nama Lempok.

Uniknya Lempok khas Lampung terbuat dari bahan durian asli, hasil panen kebun durian yang banyak tumbuh di daerah Lampung dan provinsi lain di Sumatera.

Sebagaimana dodol, lempok juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain memiliki cita rasa buah yang khas, lempok juga cukup tahan lama.


Itulah tadi GanSis beberapa oleh-oleh khas Lampung yang bisa kalian coba untuk buah tangan saat pulang liburan nanti. Sudah sangat dipastikan keluarga atau teman kalian akan sangat suka karena cita rasa makanan khas Lampung tidak pernah gagal untuk lidah orang Indonesia.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
Diubah oleh masnukho 27-12-2022 00:48
koi7
over.power
BrickLesnar
BrickLesnar dan 28 lainnya memberi reputasi
29
5.3K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.