masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Memiliki Bau Tak Sedap Tapi Banyak Orang Suka,Beberapa Makanan Ini Wajib untuk Dicoba
Memiliki cita rasa dan bau yang khas, beberapa makanan ini menjadi favorit banyak orang


Negara Indonesia, selain dikenal dengan banyaknya pulau, provinsi, keberagaman suku, agama, adat budaya, flora fauna, tempat wisata yang eksotis dan ikonik, pemandangan alam yang indah juga memesona, tidak luput berbagai macam makanan tradisionalnya ikut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara karena di setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing.

Membahas tentang makanan khas atau tradisional, tentu di setiap daerah di Indonesia pun juga memiliki jenis-jenis menu makanan andalan yang berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Menu-menu makanan khas tradisional daerah ini pun seringkali terkenal sampai keluar daerahnya bahkan sampai di mancanegara. Tidak jarang para wisatawan memang datang ke suatu daerah tertentu yang ada di Indonesia hanya untuk menikmati tempat-tempat wisata dan makanan khasnya.

Di thread kali ini TS akan sedikit membahas tentang beberapa jenis makanan yang ada di Indonesia tetapi tidak memiliki kekhasan ke salah satu daerah, melainkan khas karena bau makanannya yang sering dianggap tidak sedap tetapi rasa makananannya digemari dan menjadi favorit dari banyak orang.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki bau tidak sedap tetapi menjadi makanan favorit dari banyak orang.


Quote:

1. Terasi atau Belacan

Sebenarnya terasi atau belacan sendiri bukanlah sebuah menu masakan GanSis, melainkan sebuah bumbu masak yang terbuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk adonan berwarna coklat kehitaman yang nantinya bisa digunakan untuk campuran olahan menu masakan seperti sambal, sayur, atau jenis menu yang lainnya.

Terasi atau belacan memiliki bau yang sedikit kurang sedap yang berasal dari fermentasi ikan atau udang. Bahkan bau dari terasi masih akan tercium meskipun telah digunakan sebagai bahan campuran atau bumbu memasak makanan.


Quote:

2. Petai

Petai, merupakan tumbuhan dari famili polong-polongan dari sub-famili petai-petaian yang banyak tumbuh di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Pohon ini memiliki biji yang dapat dikonsumsi yaitu petai. Biji inilah yang memiliki bau tidak sedap tetapi banyak orang yang suka dan sering dijadikan sebagai lalapan mentah, direbus, atau dijadikan campuran dari menu masakan lain.


Quote:

3. Jengkol

Menjadi makanan yang paling terkenal bau bahkan bisa menyebabkan bau mulut dan pesing saat buang air kecil, jengkol menduduki peringkat pertama makanan bau yang paling digemari.

Jengkol adalah biji dari pohon atau tumbuhan yang banyak tumbuh di berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Myanmar, dan juga Indonesia. Jengkol termasuk kedalam jenis polong-polongan yang bisa dikonsumsi, entah untuk dijadikan sebagai lalapan mentah, sayur, atau bahkan juga lauk.

Jengkol dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan masakan, mulai dari semur, rendang, kari, sambal, bahkan juga kerupuk dapat dibuat dengan bahan dasar jengkol.


Quote:

4. Petis

Berbeda dengan beberapa jenis makanan sebelumnya yang merupakan polong-polongan atau biji-bijian, kali ini makanan bau yang memiliki banyak penggemar memiliki nama petis.

Petis merupakan hasil olahan ikan atau udang yang dimasak sampai airnya habis dan berbentuk seperti pasta atau selai. Petis memiliki bau yang kurang sedap karena terbuat dari ikan atau udang, tetapi memiliki rasa yang sedap saat dijadikan sebagai campuran olahan masakan.


Quote:

5. Sembukan atau Daun Kentut-kentutan

Daun sembukan atau daun kentut-kentutan, banyak tumbuh di daerah Sumatera dan dijadikan sebagai bahan olahan makanan yang sering disebut dengan botok.

Botok selain dibuat dengan bahan daun sembukan juga dicampur dengan parutan kelapa, diberikan bumbu-bumbu khas rempah-rempah yang juga menjadi bumbu andalan Indonesia.



Berikut tadi GanSis beberapa makanan yang memiliki bau kurang sedap tetapi memiliki banyak penggemar dan dijadikan sebagai makanan favorit.

Apakah salah satu makanan di atas ada yang menjadi favorit dari Agan Sista?
Jangan lupa sikat gigi setelah makan ya GanSis biar tidak bau mulut.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
lutfigilang01
nurhuda008
MUF0REVER
MUF0REVER dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.2K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.