coloridos
TS
coloridos
Cinta Tak Terkira Dariku Untuk Indonesia


I love you 3000, mungkin kalimat ini sedang booming  dimana-mana setelah salah satu film besar luar negeri dirilis 4 bulan lalu. Jika cinta pada seseorang bisa sebanyak itu bagaimana cinta terhadap Negeri sendiri, ane bisa katakan I love you limitless atau I love more than ever. Lahir di Tanah Air Indonesia, makan dan minum di dalamnya, mengenyam pendidikan, dan punya banyak teman keren di Negeri tercinta ini. Ane bangga menjadi Warga Negara Indonesia selain kaya akan ragam budaya, bahasa, dan kreatifitas Anak Bangsa Indonesia juga punya kekayaan alam yang tidak terhitung jumlahnya, namun tidak dapat dipungkiri masalah yang ane hadapi sebagai Anak Bangsa juga banyak tapi bukan berarti kebanggaan ane akan Indonesia menjadi ikut bermasalah. Meskipun ane anak perantauan yang jauh dari rumah ane selalu memiliki prinsip dimanapun ane berada ane tidak boleh lupa dengan tanah kelahiran, kelak ane di luar negeri sekalipun, membawa nama Indonesia di dalam dada tetap akan ane jaga. Walaupun saat ini ane belum pernah ke luar negeri sih emoticon-Big Grin.




Alasannya, tempat wisata indah di Indonesia begitu banyak, tidak usah jauh-jauh ke luar pulau deh, di tanah kelahiran ane Sumatera Utara juga masih banyak tempat wisata indah yang belum ane kunjungi, bayangkan kalau satu provinsi di Indonesia saja tempat wisatanya sudah begitu banyak bagaimana dengan daerah provinsi lain yang juga punya kekayaan wisata alam yang tidak kalah indah dan banyaknya? Harus bangga jadi orang Indonesia.



Kebanggan lain yang ane rasakan menjadi orang Indonesia adalah pertemanannya. Ane punya banyak teman dari berbagai suku yang sangat asyik kalau sudah ngumpul bersama, berbagai aksen bahasa yang ane dengar sendiri dari teman ane memunculkan rasa ingin tahu ane untuk belajar dan mengerti, apalagi kalau sampai suatu hari nanti ane diajak berkunjung ke kampung halamannya tentu mengerti aksen bahasa mereka akan menjadi pengetahuan baru buat ane dalam berkomunikasi. Belum lagi ketika teman ane kalau sudah bawa oleh-oleh dari kampung halamannya. Salah satu contoh nyata dari ane misalnya ketika dibawakan oleh-oleh dari Manado, Ikan Cakalang, Pisang Goreng Manado, Panada dan masih banyak lagi. Memang keren deh Indonesia, makanan khasnya sampai tidak terhitung jumlahnya di jari ane. Tentu saja ane tidak menolak untuk mencicipi makanan yang dibawa oleh teman ane, dan jujur saja bikin nagih, kalau bisa ane berkunjung ke kampung halamannya di Manado buat bawa itu oleh-oleh biar bisa dinikmati teman-teman lainnya.



Sebagai balasannya ane juga membawakan teman-teman ane asal Manado oleh-oleh khas dari Sumatera Utara di lain hari. Sumut punya oleh-oleh Bika Ambon, Bolu Meranti, Teri Medan, Kopi Sidikalang, Kacang Sihobuk dan lain sebagainya, nah ane bawakan mereka Bolu Meranti dan Bika Ambon. Setelah mencicipi mereka amat menyukainya dan meminta ane untuk membawakan lebih banyak lagi bila sewaktu-waktu ane pulang kampung. Haha.. seru banget punya banyak teman yang memiliki ragam budaya masing-masing.



Berikutnya, yang bikin ane bangga sebagai orang Indonesia adalah jiwa bela negara yang tinggi, salut ane kalau sudah masalah ini. Ane ambil contoh dalam kompetisi olahraga deh, Asian Games tahun 2018 dimana Indonesia jadi tuan rumah prestasi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games mampu bertahan di posisi 5 besar dari 37 Negara yang berpartisipasi. Dukungan penonton di Indonesia sendiri malah lebih meriah, meneriakkan yel yel yang mampu membangkitkan semangat para atlet yang bertanding, hasil akhir Indonesia berada di posisi keempat dengan perolehan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.



Jiwa bela negara Indonesia lainnya yang tidak dapat dipungkiri adalah Kemiliteran di Indonesia. Ane kagum banget dengan aparat keamanan negara, aparat militer dan sejenisnya. Dulu ane bercita-cita untuk menjadi seorang TNI, namun jalan hidup ane berubah menjadi seorang IT, meski begitu bukan berarti cita-cita ane untuk membela Negara Indonesia ikut berubah, ane selalu ingin menjadi mereka yang mampu mengharumkan Nama Indonesia dengan perjuangannya, jika ane tidak mampu mengharumkan dengan perjuangan mengangkat senjata maka ane akan berusaha mencoba mengangkat Nama Indonesia dengan pengetahuan, dan keahlian yang ane miliki.



Terakhir, yang membuat ane bangga jadi orang Indonesia adalah sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dari kekejaman penjajah. Betapa gigihnya para pahlawan yang rela mengorbankan nyawanya demi keutuhan NKRI hingga ane yang merasakan nikmatnya kemerdekaan saat ini tentu saja buah dari pengorbanan mereka yang telah gugur di medan juang.
Terima kasih jasa para pahlawan, berkat perjuanganmu Indonesia masih kokoh berdiri hingga saat ini, saatnya kami para generasi yang meneruskan perjuangan kalian.



harnoor38mariadelosangd8joselitob3
joselitob3 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
238.1K
101
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922.1KThread80.5KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.