• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • MUI Sumut Tetapkan Fatwa Haram Profesi Manusia Silver, Ini Dia Penyebab dan Alasannya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
MUI Sumut Tetapkan Fatwa Haram Profesi Manusia Silver, Ini Dia Penyebab dan Alasannya
Hasil ijtima ulama Sumatera Utara MUI keluarkan fatwa haram profesi manusia silver, ini dia beberapa penyebab dan alasannya


Manusia silver, merupakan pengemis yang mendandani diri mereka sendiri dengan mengecat seluruh bagian tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan menggunakan cat berwarna silver. Keberadaan pengemis yang sering disebut sebagai manusia silver karena penampilannya ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, mencari rezeki di jalan-jalan dengan meminta-minta pada pengemudi kendaraan yang sedang melintas di jalan raya.

Keberadaan manusia silver sendiri sebenarnya sudah menuai pro kontra di tengah masyarakat GanSis. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh para manusia silver ini merupakan bentuk dari menyakiti diri sendiri dengan menggunakan bahan-bahan cat yang seharusnya tidak diaplikasikan pada tubuh manusia.

Membahas tentang manusia silver, ternyata Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara telah mengeluarkan fatwa terkait hukum menjadi manusia silver menurut pandangan Islam.
Secara resmi MUI Sumut telah mengeluarkan fatwa haram profesi manusia silver dan fatwa tersebut diputuskan setelah jalannya Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Sumatera Utara pada tanggal 25-26 November 2022 lalu.

Adapun fatwa MUI tentang haramnya profesi manusia silver ini diambil atas beberapa pertimbangan dan alasan GanSis. Sebab memang jika dilihat dari beberapa alasan ini profesi manusia silver menyalahi dan bertentangan dengan syariat Islam. Berikut beberapa alasan yang menjadikan profesi manusia silver tersebut mendapatkan fatwa haram dari MUI Sumut.




1. Menganiaya dan Membahayakan Diri Sendiri

Alasan pertama yang menjadikan profesi manusia silver mendapatkan fatwa haram dari MUI Sumut adalah karena dianggap membahayakan dan menganiaya diri sendiri dengan penggunaan cat yang tidak seharusnya diaplikasikan pada bagian tubuh manusia.

Diketahui memang cat yang diaplikasikan pada tubuh manusia silver dapat mengakibatkan iritasi kulit, kematian jaringan kulit, dan juga meningkatkan resiko kanker kulit.

2. Menjadikan Perbuatan Mengemis Sebagai Profesi

Mengemis atau meminta-minta di dalam Islam memang hukumnya adalah haram GanSis, sedangkan memang manusia silver mencerminkan perbuatan meminta-minta kepada orang lain dengan bermodalkan mendandani diri dengan sesuatu yang juga tidak baik bagi mereka.

Menjadikan perbuatan meminta-minta sebagai bentuk profesi atau pekerjaan ini sangat dilarang dan diharamkan.

3. Mengumbar Aurat Pada Umum

Sebagaimana Agan Sista ketahui bahwa manusia silver mengecat bagian tubuh mulai dari rambut sampai ujung kaki untuk mereka yang laki-laki.

Aurat bagi laki-laki adalah bagian tubuh mulai dari pusar hingga lutut, dan manusia silver yang berjenis kelamin laki-laki mereka menunjukkan bagian pusarnya karena memang untuk bagian badan mereka tidak menggunakan pakaian.

4. Menganggu Ketertiban Lalulintas dan Umum

Meskipun kebanyakan manusia silver menjalankan pekerjaan mereka disaat lampu merah, tetapi tidak sedikit yang memang sengaja mencari tempat-tempat macet untuk meminta-minta kepada pengguna kendaraan sehingga menambah kemacetan dab mengganggu ketertiban lalulintas.

Tentu mengganggu ketertiban lalu lintas ini juga tidak bisa dibenarkan GanSis, karena menyalahi aturan yang juga sudah tertera dalam undang-undang Lalulintas dan Angkutan Jalan.



Berikut tadi GanSis beberapa alasan diharamkannya profesi manusia sikver oleh MUI Sumatera Utara.

Jika dilihat dari beberapa alasan tersebut tentu memang benar bahwa manusia silver melakukan kesemuanya, hanya saja yang menjadi masalah sekarang apakah setelah dilarang nantinya mereka dapat mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Tentu aturan harus diseimbangkan dengan solusi karena jika ada aturan atau larangan tetapi tidak ada solusi maka akan memunculkan masalah-masalah baru.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil bersama.


Konten Sensitif


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 28-12-2022 23:07
jiresh
MUF0REVER
ondapriatna
ondapriatna dan 26 lainnya memberi reputasi
27
8K
236
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.