xianying21Avatar border
TS
xianying21
5 Game Mobile Berstatus "Dead Game", Hidup Segan Mati tak Mau


Istilah dead game disematkan pada game online yang sudah sepi pemain dan sudah pada ditinggalkan. Ketika awal-awal rilis, game-game tersebut memang banyak peminatnya namun lama kelamaan game tersebut ditinggalkan karena berbagai alasan mulai dari pemain yang merasa bosan sampai dengan kalah bersaing.

Dead game ini bisa dibilang hidup segan mati tak mau. Disebut demikian karena game tersebut belum tutup tapi dengan jumlah pemain yang sedikit. Nah, ada beberapa game mobile yang menyandang status dead game. Game apa sajakah itu?

1. Arena of Valor (AOV)


Arena of Valor atau AOV adalah game MOBA yang pernah bersaing ketat dengan Mobile Legends. Sayangnya AOV harus kalah walaupun punya tampilan grafik yang lebih baik. AOV pernah menggemparkan dengan memunculkan Batman sebagai karakter MOBA dan tagline "Moba kok Batman?". Banyak player yang akhirnya pindah ke Mobile Legends karena saking sepinya pemain.

2. Vainglory


Sebelum ada Mobile Legends, Vainglory adalah game MOBA yang ngetren di perangkat mobile. Namun karena grafiknya yang lumayan berat membuatnya tidak bisa diinstal di hape kentang. Terlebih Vainglory awal-awalnya bukan memakai analog sebagai penggerak karakternya. Vainglory kini masih ada namun untuk jumlah player tentu kalah jauh dari Mobile Legends.

3. Pokemon Go


Game ini pernah menggemparkan dunia pada pertengahan tahun 2016 karena bisa berburu Pokemon di dunia nyata. Pokemon Go viral termasuk di Indonesia dan banyak orang berburu Pokemon. Namun itu tidak berlangsung lama dan hanya sekitar satu bulanan saja. Alasannya adalah tidak lain karena pemain merasa cepat bosan alias repetitif ditambah lagi dengan munculnya cheat fake GPS. Kini jumlah pemain Pokemon Go terhitung sedikit.

4. LINE Let's Get Rich


Sebuah game yang mengadaptasi permaianan papan monopoli. Game ini viral pada 2014 sampai membuat iklan di tv. Namun karena gameplaynya itu-itu saja dan pay to win, Let's Get Rich ditinggalkan banyak pemainnya. Kalau dipikir-pikir memang membosankan sih gameplaynya.

5. Clash of Clans


Salah satu game online Android dan iOS tertua. Pernah viral dan digandrungi sekitar tahun 2013-2014. Game ini sebenarnya pay to win karena dengan uang asli, progres game menjadi lebih cepat. Makanya game ini semakin sepi pemain karena gamer zaman sekarang lebih memilih game yang kompetitif tanpa pay to win.

Nah, apakah agan masih memainkan salah satu game di atas? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
jiresh
somay.a.otoy
gamarue1912
gamarue1912 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.8K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.