Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Si Kecil Sudah Mulai MPASI? Yuk Perhatikan Apa saja yang Perlu Bunda Lakukan!

cintadancintuAvatar border
TS
cintadancintu
Si Kecil Sudah Mulai MPASI? Yuk Perhatikan Apa saja yang Perlu Bunda Lakukan!


MPASI merupakan kependekan dari Makanan Pendamping ASI yang diberikan kepada si kecil. Lantas, kapan baiknya si kecil diberikan MPASI? MPASI diberikan kepada bayi setelah berusia 6 bulan. Namun, pemberian MPASI jangan dilakukan sembarangan ya, Bunda. Banyak orang tua masih memberikan MPASI terlalu dini sejak bayi usia 4 bulan atau kurang dari 4 bulan.

Saat bunda memberikan MPASI pada si kecil, perhatikan tekstur sesuai umur si kecil ya, Bunda. Pada usia 6 bulan atau usia pertama kali pemberian MPASI, bunda bisa memberikan makanan lumat misalnya bubur yang disaring atau makanan yang dihaluskan. Makanan tidak terlalu cair dan bunda bisa menambahkan ASIP (Asi Perah) pada menu makanannya agar bayi tidak kaget dengan rasanya.

Bunda juga harus memperhatikan frekuensi saat pemberian MPASI pada si kecil. Pada usia 6 bulan, MPASI bisa diberikan 3 kali dalam sehari dengan takaran sekali makan 2-3 sendok makan orang dewasa. MPASI juga bisa diselingin dengan snack biskuit atau buah yang teksturnya empuk (buah matang).

Dan yang terpenting jangan bunda lupakan adalah kebersihan saat membuat menu MPASI serta kandungan gizi pada menu tersebut. Bunda jga harus memperhatikan juga jadwal makan si kecil jangan diberikan asal-asalan, Bunda. Dan jangan pernah memaksa si kecil untuk makan. Jika si kecil melakukan penolakan, Bunda harus mencoba kembali keesokan harinya atau mengganti menunya. Berikan sedikit ke mulut bayi agar dia bisa merasakan makanan yang diberikan. Jika si kecil suka, pasti dia akan dengan lahap menyantapnya, Bunda.


0
506
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.