Chikashi.MasudaAvatar border
TS
Chikashi.Masuda
Jangan Kaget! Tarif KRL buat 'Orang Kaya' Bisa Tembus Segini Tahun Depan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 28 Des 2022 11:45 WIB

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6485148/jangan-kaget-tarif-krl-buat-orang-kaya-bisa-tembus-segini-tahun-depan


Jakarta - Tarif KRL Commuter Line bakal diubah sistemnya tahun depan atau 2023. Harga tiket KRL akan dinaikkan khusus untuk masyarakat yang ekonominya tergolong mampu alias 'orang kaya'. Hal ini agar pemberian subsidi untuk tarif KRL bisa tepat sasaran.
Untuk yang belum tahu, selama ini tarif penumpang KRL masih disubsidi oleh pemerintah. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter mencatat, pada 2021 realisasi subsidi tarif pengguna KRL dalam bentuk Public Service Obligation (PSO) mencapai Rp 2,14 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan agar subsidi tepat sasaran, maka diperlukan skema yang tepat. Salah satu caranya, akan ada kartu baru yang diterbitkan untuk membedakan profil penumpang KRL. Seharusnya, penumpang mampu tak ikut menikmati subsidi karena tarif asli KRL saat ini di atas Rp 10.000.

"Kalau semua subsidi akhirnya didapat kepada masyarakat yang membutuhkan, contoh di Jakarta kita gunakan KRL hanya (sekitar) Rp 4.000, itu cost-nya mungkin Rp 10-15 ribu yang sebenarnya," kata Budi Karya dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (27/12) kemarin.

Baca juga:
Tarif KRL buat Orang Kaya Bakal Naik Nih
Meski demikian, Budi Karya masih belum merinci secara pasti berapa tarif KRL yang akan dipatok nanti untuk masyarakat mampu. Dia cuma mengatakan pemerintah yang akan menentukan mana golongan masyarakat mampu dan mana yang perlu disubsidi.

"Kita akan pilah-pilah mereka yang berhak dapat subsidi dan mereka yang tak berhak maka harus buat kartu. Kalau itu berhasil maka subsidi bisa diberikan ke sektor lain," katanya.

Di tempat yang sama, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menjelaskan penumpang dengan kategori mampu akan membayar sesuai dengan harga asli KRL. Jika demikian, mengacu pada pernyataan Budi Karya, maka tarif untuk penumpang mampu bisa Rp 10-15 ribu.

"Jadi subsidi tepat guna (tarif KRL) nggak naik. Cuma kita pakai data di Kemendagri, yang kaya bayar sesuai harga aslinya, cuma yang kurang mampu akan dapat subsidi. Memang tidak akan naik cuma subsidi tepat sasaran," tambah Risal Wasal dalam kesempatan yang sama.

Dia menjelaskan pihaknya masih menimbang-nimbang data apa yang akan menjadi dasar pembeda antarpenumpang. Dia menyebutkan akan menggunakan data Kementerian Dalam Negeri ataupun Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

"Kita harapin nggak ribet deh, percaya data kita. (Pakai DTKS?) Bisa jadi, pokoknya data yang terbaik yang mana kita pakai," ujar Risal Wasal terkait penggolongan tarif KRL tersebut.

(fdl/das)


nada.sela
s.c.a.
BrickLesnar
BrickLesnar dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.9K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.