• Beranda
  • ...
  • Hansip Hoax
  • Hati-Hati, GanSis! Ada Sindikat Jual Beli Rekening Bank untuk Penipuan Online!

vasilizaitsevAvatar border
TS
vasilizaitsev
Hati-Hati, GanSis! Ada Sindikat Jual Beli Rekening Bank untuk Penipuan Online!

GanSis, di akhir tahun yang sering hujan ini, ane harap semua dalam keadaan sehat, yes. Balik lagi nih sama ane di forum Hansip Hoax, tempatnya berbagi informasi seputar hoax dan penipuan! 

Oke, langsung aja, ye. GanSis udah tau, belum? Sekarang tuh, ada loh yang melakukan transaksi jual beli nomor rekening bank! Nah biasanya, nomor rekening yang dijual ini pada akhirnya bakal dipakai buat modus-modus penipuan.

Sebenarnya jual beli rekening bank ini udah bukan hal baru, ye. Pergerakannya udah dimulai dari tahun 2020, dan pastinya ini ilegal! emoticon-Cape d...


Photo By CNBCIndonesia.com

Kita juga harus extra waspada deh pokoknya. Apalagi, kalo beli barang-barang mahal secara online. Soalnya, udah kejadian nih di awal bulan Desember kemarin. 

Dikutip dari Okezone, Unit Reskrim Polsek Pademangan menangkap tiga orang pelaku penipuan online. Awalnya, pihak kepolisian terima laporan dari korban. Katanya, doi abis beli iPhone 13 via medsos. Tapi, pas doi bayar, barang pesanannya gak dateng-dateng.

Nah, pas diselidiki sama polisi, ternyata medsos penjual iPhone 13 itu udah diretas sama pelaku. Penyelidikan terus dilakukan, dan ketemu nih kalo pemilik nomor rekening tempat si korban transfer itu adalah warga Pademangan, R.

Cuma, pas diselidiki lebih dalam, ternyata nomor rekening itu udah dijual sama si R, ke J, yang dapat perintah dan uang untuk membayar R dari D.

Bahkan, bukan cuma nomor rekening aja, ya. Dari artikel yang diterbitkan sama CNBC di tahun 2020 lalu, sindikat jual beli nomor rekening bank ini bahkan menjual informasi terkait m-banking juga, loh!

Jadi, di e-commerce, tim CNBC di tahun 2020 kemarin menemukan bahwa kalo cuma mau beli buku tabungan + kartu ATM itu dipatok harga 500 ribu. Tapi, kalo mau beli buku tabungan + ATM + identitas + internet banking + M-Banking itu harganya 700 ribu. Ini tahun 2020 ya, GanSis. Kalo sekarang, untungnya pas ane coba seach di e-commerce, udah gak ada lagi. Mungkin transaksi jual beli rekening ini sekarang masih ada, tapi gak via e-commerce lagi. Ane gak tahu pastinya, yes.

So, ane sarankan, kalo mau beli sesuatu yang harganya mahal, mendingan beli langsung di toko offline, atau di e-commerce yang sudah terpercaya! Supaya, kita semua terhindar dari berbagai modus penipuan, yes.

Nah, buat nambah keamanan, kalo mau transfer atau jual beli, bisa cek dulu rekening rekan GanSis di website cekrekening.id. Jadi, cekrekening.id ini resmi dari Kominfo yang mana GanSis bisa cek nih rekening tersebut palsu atau ada jejak kejahatan digital gak emoticon-Peluk

Semoga tahun 2023 kita bisa semakin waspada ke modus-modus penipuan yang makin beragam. Kalo para penipu makin canggih, kita juga harus makin pintar! Semoga info di atas bermanfaat, ya.


good..man
bang.toyip
sandro.anton064
sandro.anton064 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.6K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hansip Hoax
Hansip Hoax
503Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.