Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Seorang Santri di Malang Diduga Diinjak Oleh Temannya hingga 3 Giginya Lepas
Seorang Santri di Malang Diduga Diinjak Oleh Temannya hingga 3 Giginya Lepas

MALANG - Dugaan kekerasan di lingkungan pondok pesantren di Kabupaten Malang kembali terjadi. Kali ini, kekerasan diduga menimpa seorang santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Asy-Syadzili, Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

GP (12), siswa kelas 7 di Ponpes tersebut harus menjalani operasi di RS Lavalette, Kota Malang, karena tiga giginya lepas setelah diinjak oleh temannya.

Akibatnya, selama dua tahun, ia hanya boleh makan makanan lunak dan bagian mulutnya tidak boleh terbentur apa pun.

Kronologi Kejadian

Kepada wartawan Tugu Malang ID, GP menceritakan bahwa dugaan kekerasan tersebut terjadi pada Kamis (22/12/2022) pagi saat ia tidur-tiduran di kamarnya usai kegiatan khataman.

Pada kegiatan khataman, GP sempat menerima ledekan dari teman-temannya karena hafalan Quran-nya tidak lancar. GP balas meledek meski tidak secara verbal. Ia menunjukkan jari berbentuk hati seperti yang sedang tren di kalangan anak muda.

"Terus ada yang nggak suka. Dia manas-manasi (memprovokasi). Padahal saya sudah minta maaf," ujar GP saat ditemui di rumahnya di Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (24/12/2022).

Dari terduga pelaku, GP mendapat pukulan di kepala, tendangan di paha dan pinggul kanan, serta injakan di bagian mulut hingga tiga gigi depannya lepas.

Teman-teman GP segera melerai dan menarik terduga pelaku keluar kamar. Salah seorang dari mereka pun menyadari bahwa gigi GP telah lepas akibat kejadian tersebut.

"Saya nggak merasakan apa-apa, tiba-tiba keluar darah. Terus yang tahu gigi saya lepas itu teman saya," kata GP.

GP mendapat pertolongan pertama di Unit Kesehatan Pondok (UKP). Ia kemudian dibawa ke Puskesmas Pakis oleh pihak ponpes, namun tidak diterima. Mereka lalu menuju ke dokter spesialis gigi, namun harus menunggu pukul 16.00.

Pada siang hari, orang tua GP datang ke ponpes untuk mengantar baju dan makanan. Begitu mendapati anak mereka dalam keadaan terluka, mereka langsung membawanya ke Rumah Sakit Lavalette untuk mendapat penanganan.

Menurut GP, serta menurut catatan pondok, baik yang memprovokasi, maupun yang diduga melakukan kekerasan tidak memiliki catatan buruk. Mereka dikenal sebagai santri baik-baik.

GP juga mengatakan bahwa terduga pelaku bukan teman sekelas maupun teman sekamarnya. Mereka hanya sering berpapasan saja karena kamar mereka berada di satu lorong.

Orang tua Korban Akan Lapor Polisi

Erfan Effendi (35), ayah korban, mengatakan dirinya akan menempuh jalur hukum terkait kasus ini. "Sore ini hasil visumnya keluar. Insya Allah hari Senin akan melapor ke polisi," kata Erfan.

Meski berharap terduga pelaku mendapat hukuman agar jera, Erfan mengatakan dirinya akan melihat dari itikad baik dari sisi keluarga terduga pelaku. Menurutnya, hingga saat ini komunikasi mereka masih dijembatani oleh ponpes.

"Yang saya tuntut, pelaku harus dikeluarkan dari pondok. Soalnya kami melihat masa depan teman-teman yang lain, agar tidak jatuh korban berikutnya," kata Erfan.

Dari pihak ponpes sendiri, Erfan mengatakan mereka sudah datang ke rumah untuk menjenguk GP dan melakukan upaya mediasi. Ke depannya, GP akan mengikuti pelajaran secara daring. Sementara untuk hafalan Quran akan dilakukan di rumah salah satu ustaz ponpes yang tak jauh dari rumahnya.

"Pondok menginginkan untuk anak saya ini tetap dikasih fasilitas sampai sekarang. Nanti juga ada guru BK dan psikolog. Jadi pihak pondok bertanggung jawab," imbuh Erfan.

Sementara itu, pihak ponpes Asy-Syadzili belum memberikan keterangan apa pun terkait peristiwa ini. Wartawan Tugu Malang ID sudah mengunjungi ponpes tersebut untuk meminta keterangan, namun tidak ada yang menemui.

https://m.kumparan.com/amp/tugumalan...s-1zVER2cCH1V?
nomorelies
.bindexee.
wetp794239
wetp794239 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.