xianying21Avatar border
TS
xianying21
Inilah Macam-Macam Penipu yang ada di Shopee, Waspada Gan


Shopee sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia memang menjadi tempat belanjaan online berbagai kalangan. Belanja di marketplace online dengan sistem rekber memang terbilang aman asalkan para pembeli mengerti cara kerjanya dan bagaimana menghindari penipuan. Seperti melihat kredibelitas dan rating seller sampai dengan mengerti sistem dan teliti saat membeli.

Ada sebagian pembeli yang merasa tertipu karena kurang teliti dalam belanja di Shopee. Nah, berikut ini adalah beberapa macam penipu yang ada di Shopee.

1. Barang KW (Palsu)


Di Shopee, banyak sekali jenis produk yang dijual. Terkadang ada seller nakal yang menjual barang KW tapi tidak mencantumkan kalau itu adalah barang bukan ori sehingga bisa mengecoh pembeli.

Jadi, pembeli dalam hal ini kurang teliti dalam belanja. Harusnya pembeli lebih cerdas dalam memilih seperti merasa tidak masuk akal untuk barang yang dijual dengan harga yang tidak masuk akal. Seperti hp enam ratus ribuan tapi spek dewa dan sudah jelas itu tidak masuk akal. Sayangnya, masih ada seller nakal tak bertanggung jawab yang menjual barang KW sepert ini.

2. Dikirim Barang Sampah
Konten Sensitif


Di Shopee ada pembeli yang membeli STB tv digital tapi yang dikirim adalah sabun deterjen. Ini juga terjadi di marketplace lainnya. Ini adalah ulah para manusia tak bermoral yang ingin untuk cepat. Solusinya adalah biasakan melakukan perekaman video saat unboxing sebagai bukti dan ajukan pengembalian.

Seharusnya pihak Shopee lebih mengetatkan lagi persyaratan seller seperti verifikasi live menggunakan data diri KTP sehingga tidak melakukan penipuan.

Sementara solusi bagi pembeli adalah lihat rating dan popularitas seller dan jangan asal pilih seller hanya karena murah.

3. Diajak Transaksi di Luar Shopee



Macam penipu yang lainnya adalah mengajak transaksi di luar Shopee alias tidak menggunakan rekber. Seller seperti ini akan mengeluarkan berbagai alasan tak masuk akal kenapa tidak mau rekber dan sasarannya adalah pembeli yang mudah untuk dikelabui.

Untuk menghindarinya ya jangan mau transkasi dengan direct transfer.

4. Minta OTP


Nah, ini yang sedang marak yaitu penipu meminta OTP akun Shopee dengan modus undian berhadiah dan lain sebagainya. Penipu bisa melakukannya lewat Whatsapp dengan berbagai modus dengan tujuan mencuri data pengguna lalu menguras saldo Shopeepay sampai tak tersisa. Ini menyasar orang-orang gaptek yang asal klik dan mudah percaya undian berhadiah.

Nah, sebenarnya ini bukan hanya ada di Shopee melainkan marketplace online lainnya. Jadi tetalah waspada emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
jiresh
over.power
bigjerro
bigjerro dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.9K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.