iskrimAvatar border
TS
iskrim
Sadar Gak Makan Di Nasi Padang Sekarang Lebih Murah Dari Warteg?


Ini lebih ke opini dan pengalaman pribadi sih sebenarnya setelah beberapakali mengamati dan makan di kedua tempat ini ternyata harganya mulai terbalik, dulu di warteg terkenal dengan harganya yang merakyat dibandingkan warung nasi padang.

Opini saya bisa saja salah karena mungkin berbeda wilayah ditempat saya dan kamu, tapi biar nggak penasaran coba deh bandingkan keduanya apakah sesuai dengan apa yang saya alami.

Warung tegal akasimpelnya orang menyebutnya 'warteg' sejak dulu dikenal menu dengan harga yang amat merakyat, dari abang becak, abang ojek sampai level manajer dikantor saya dulu seringnya memesan menu di warteg, kasih Rp 20.000 masih ada kembalian buat jatahnya si OB, sekarang uang segitu rasanya pas-pasan.



Nah, sekarang bandingkan dengan makan di warung nasi padang, ingat yah ini yang sekelas warung 'pinggir jalan' mereka dengan terang benderang mencantumkan harga paket nasi padang Rp 10.000 sampai Rp 15.000 itu sudah ada daging rendangnya atau ayam gulai dengan sayur dan kuah yang menggugah selera. Meski harga murah tapi soal rasa nyaris tidak kalah dengan kelas restauran nasi padang yang sebenarnya. Hm.

Soal harga nasi padang yang dimaksud memang porsi hemat, tapi tetap saja ketika orang menyebut 'makan nasi padang' seperti ada gengsi lebih dibandingkan "..habis makan di Warteg" yang orang sudah paham benar apa itu warteg. Ini fakta, bukan mengada-ada, saya yakin kamu pasti setuju.




Makan di warteg bisa sambil angkat kaki emoticon-Ngakak (S)

Lalu fenomena apa sebenarnya yang membuat keduanya seolah saling tukar harga. Hm, kemudian saya coba menganalisa ini bisa benar tapi bisa juga salah (silahkan kamu sampaikan pendapatmu juga disini, ya) kalau menu masakan di warteg ini umumnya tidak seawet dari menu nasi padang, untuk menutupi kerugian maka harga menu warteg sekarang lebih mahal karena harus bersaing dengan warung lain yang semakin variatif menu dan masakannya termasuk warung nasi padang yang kian menjamur dimana-mana, apalagi sudah diakui dunia nikmatnya rendang padang itu seperti apa. Nyam.



Sedangkan warung nasi padang rata-rata menu mereka lebih tahan beberapa hari sehingga bisa menghemat minyak goreng dan gas, karena porsinya lebih sedikit (kalau dulu nasi padang dibungkus nasinya sangat banyak kini cenderung sedikit) dari paket standar maka cost mereka juga bisa ditekan. Itulah dua alasan kenapa keduanya punya harga yang berbeda karena memiliki strategi pemasaran yang sekarang juga berbeda. Gimana menurutmu, gan?




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 26-12-2022 02:22
japraa
aloha.duarr
budhie
budhie dan 19 lainnya memberi reputasi
20
7.6K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.