valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Partai Demokrat Harus Dengar Baik-baik, Anies Sudah Kuat Tanpa AHY di Pilpres 2024


Pengamat politik Hanta Yuda menilai bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah tidak lagi dibutuhkan Anies Baswedan yang merupakan Bakal Calon Presiden 2024.

Direktur Eksekutif Poltracking ini mengatakan, bahwa kekuatan Anies Baswedan di wilayah Banten dan Jakarta serta Jawa Barat sudah kuat, dan tidak perlu lagi berdampingan dengan AHY.

Untuk diketahui, ada empat nama calon pendamping Anies Baswedan berasal dari partai dan nonpartai. Dua nama dari parpol adalah Ahmad Heryawan alias Aher dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sementara dua nama di luar parpol ada Andika Perkasa dan Khofifah Indar Pawaransa.

Dalam survei poltracking, basis utama Anies Baswedan sendiri ada di Jawa bagian Barat.

"Mas Anies ini basis utamanya di survei kami, di 5 provinsi pulau Jawa itu sangat kuat di Jakarta dan Banten. Separuh pemilih Banten, begitu pula Jakarta itu basisnya mas Anies," ungkap Hanta Yuda, dikutip Sabtu (24/12/2022).

Basis AHY sendiri disebut hanya menguasai dua provinsi yang sama dengan Anies. Oleh sebab itu, Hanta Yuda menilai bahwa AHY tak begitu memberikan pengaruh kuat bagi Anies.

"Jadi tanpa AHY pun sebenarnya Anies sudah kuat di Banten dan DKI. Kekuatan AHY itu hanya di dua provinsi ini. AHY tidak begitu kuat di Jawa Tengah, Jawa Timur, juga Jawa Barat tidak begitu kuat," jelas Hanta Yuda.

Hanta Yuda menjelaskan bahwa memang jika dilihat sekilas elektabilitas AHY tinggi.

"Tetapi tidak begitu kontributif kalau kita lihat secara akumulasi lebih detail ya, agregat jika Anies membutuhkan tambahan untuk memperluas struk basis konstituennya," tuturnya.

Di sisi lain, Aher disebut Hanta Yuda tak bisa diandalkan secara elektorial. Sebab, Aher secara elektabilitas yang belum mumpuni dari semua survei.

Sementara itu, dua nama kandidat lain di luar partai tersebut tak lebih tinggi dari AHY. Berdasarkan hasil survei poltracking, Khofifah masih di angka 5-6%, sedangkan Andika Perkasa berada pada posisi 2-3%.

Kendati demikian, dua nama tersebut justru dinilai Hanta Yuda memiliki potensi untuk memperkuat Anies.

"Kenapa saya mengatakan dua ini, Anies Baswedan itu lemah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kalau misalnya Anies membutuhkan pertambahan basis massa, maka lebih menguntungkan/mendapatka intensif secara elektoral kalau berpasangan dengan Andika atau Khofifah," jelas Hanta Yuda.

https://moots.suara.com/read/2022/12...i-pilpres-2024

Tuh dengerin.. emoticon-Malu (S)







emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 24-12-2022 09:35
knoopy
007dinomarket
suryar
suryar dan 16 lainnya memberi reputasi
15
3.5K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.