Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Kakek Sugiono, Kakek Ini Berhasil Menjadi Ikon Perayaan Natal Yang Mendunia

ibreiAvatar border
TS
ibrei
Bukan Kakek Sugiono, Kakek Ini Berhasil Menjadi Ikon Perayaan Natal Yang Mendunia
Quote:


perayaan natal adalah perayaan umat kristiani yang selalu dihiasi dengan santapan bersama, berkumpul bareng keluarga, pohon natal yang gemerlap, serta salju yang menghiasi kota kota di negara Eropa. Namun ada satu hal yang juga menjadi ikon penting perayaan yang bertepatan pada tanggal 25 tersebut, siapakah dia? Yap benar si kakek baik hati berkostum merah.

padahal dalam kitab kristiani tidak tertulis keberadaan kakek ini, tapi kenapa kakek baik hati ini selalu saja muncul sebagai simbol natal? ternyata kakek ini awalnya bernama St. Nicholas dia adalah seorang uskup di Myra. Dia dikenal memiliki kepribadian yang baik hati.

Quote:


kisah Saint Nicholas menjadi asal usul kisah kemunculan sinterklas di Negera Belanda. Karena si kakek Nicholas adalah seorang saint, maka sinterklas digambarkan sebagai uskup dengan jubah dan tongkat, sumber lain menyebutkan bahwa keretanya ditarik dengan seekor kuda putih. panggilan sinterklas sendiri merupakan kependekan dari namanya yaitu Sint Nicholas.

Nah ada yang menyebut kan bahwa Santa Claus dan sinterklas berbeda. Santa Claus sendiri adalah kakek yang sama dengan sinterklas, Namun kakek ini berasal dari budaya dan cerita di Amerika serikat. berbeda dengan sinterklas kereta terbang si Santa ditarik oleh beberapa rusa kutub.

sekarang kita balik lagi ke pembahasan St. Nicholas, selain baik hati dia dikenal sebagai pelindung dari anak anak, dia juga berbagi hartanya dengan berkeliling kota, kepada orang yang sakit dan miskin. kisah yang paling populer tentang St. Nicholas adalah saat ia menyelamatkan tiga perempuan bersaudara yang dijual oleh ayahnya ke sebuah tempat prostitusi, hingga akhirnya berkat si kakek mereka dapat bahagia dan menikah.

Quote:


karena kebaikan dan ketulusan kakek Nicholas maka ia menjadi Saint yang paling terkenal di Eropa saat masa itu. St. Nicholas meninggal pada tanggal 6 Desember, dan pada saat tanggal itulah masyarakat setempat di daerah itu merayakan perayaan Kematiannya. hari tersebut di kenal dengan sebutan hari keberuntungan dimana orang orang mempertimbangkan untuk menikah.

Sinterklas disebarkan hingga mendunia dari berbagai cara, yang pertama yaitu melalui para pendonasi pakaian, yang mulai menyebarkan kisah tentang si sinterklas di tahun 1890. serta seorang penulis bernama Washington Irving menulisnya dalam bukunya yang berjudul history of the New York pada tahun 1809, ia menyebutnya sebagai Santo pelindung.

kemungkinan budaya natal itu sendiri muncul dari budaya perayaan Kematian kakek Nicholas, yang dipopulerkan oleh sekelompok keluarga di Belanda di Desember 1773. Akan tetapi tentu banyak sekali teori lain kenapa 25 Desember jatuh sebagai hari natal. padahal Kristus sendiri tidak lahir pada hari itu.

Quote:


yup tidak penting Natal jatuh pada hari apa, dan ada apa dibalik tanggal tanggal tersebut, yang penting bagi umat kristiani adalah kebaikan dan ketulusan sebagai makna di hari tersebut. selamat natal bagi yang merayakan dan libur tahun baru untuk kita semua!!


_____________________

Sumber gambar : 1, 2, 3, 4
Berdasarkan ulasan pribadi
referensi

emoticon-Christmasemoticon-Blue Guy Cendol (L)

______________
Diubah oleh ibrei 25-12-2022 02:32
nomorelies
izeginting1954
izeginting1954 dan nomorelies memberi reputasi
2
1.6K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.