harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Perbedaan Wibu Dan Otaku, Serupa Tapi Tak Sama Gan!

Sumber Gambar

Pop culture Jepang menjadi salah satu pop culture paling digemari di berbagai negara di dunia. Ada banyak hal menarik tentang pop culture ini dan ada banyak juga cabangnya. Mulai dari anime, musik, sampai fashion. Semua ada di Jepang.

Tak terkecuali di Indonesia. Negara kepualauan ini juga memiliki basis komuntias pecinta budaya Jepang yang besar. Di kota-kota metropolitan seperti Jakarta, Surabaya atau Bandung, ada banyak event-event yang diadakan oleh komunitas Jepang ini baik yang skala kecil atau besar. Di Jakarta bahkan bisa seminggu sekali.

Fenomena ini kemudian memunculkan istilah baru, sebenarnya istilah lama namun baru dikenal masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Yaitu Wibu. Kata ini sering dijadikan kata yang menggambarkan orang-orang yang suka menonton anime dan budaya Jepang.


Sumber Gambar

Selain wibu, ada juga istilah otaku. Ada yang bilang penggemar Jepang itu wibu, ada juga yang bilang Otaku. Keduanya memang tidak salah dan cocok-cocok saja. Tapi ada perbedaan konteks dari dua kata barusan. Apakah itu? Berikut TS jelaskan sesuai pemahaman TS.

Wibu adalah sebutan untuk orang-orang yang fanatik dan menyukai hal-hal berbau Jepang mulai dari anime, manga, J-pop dan fashion. Tapi satu hal yang perlu digarisbawahi. Setahu TS, istilah wibu hanya berlaku kepada orang-orang yang fanatik dengan budaya Jepang tapi berasal dari luar Jepang.

Seperti di Indonesia ini, bukan orang Jepang tapi bergaya Jejepangan, itulah yang disebut wibu. Jadi istilah wibu ini tidak berlaku kepada orang Jepang asli.


Sumber Gambar

Sedangkan Otaku adalah istilah yang diberikan kepada orang yang terobsesi terhadap suatu hal. Bisa jadi anime, manga dan lainnya. Saking terobsesinya dia sampai begitu mendalami, menghafal berbagai hal mengenai apa yang ia sukai sampai-sampai ia mengabaikan keadaan sekitar. Biasanya Otaku ini bisa seharian berkecimpung dengan hobinya hingga lupa bersosialisasi.

Tapi, setahu TS istilah Otaku ini tidak hanya berlaku pada hal seperti Anime dan sebagainya. Obsesi seseorang di minat lain seperti idol grup, mainan, musik, makanan, fashion hingga kereta juga termasuk Otaku. Intinya Otaku adalah orang yang begitu terobsesi dengan apapun tak terbatas anime dan manga.

Dan biasanya setiap otaku punya sebutannya sendiri, seperti otaku dengan idol grup biasa disebut Wota.


Sumber Gambar

Jadi gimana gan? Sudah jelaskah pemaparan dari TS ini? Mungkin dari kalian semua punya pendapat sendiri atau mungkin ingin mengoreksi penjelasan TS.

Boleh banget gan!emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

darkwilliam00gg
MUF0REVER
koi7
koi7 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
5.8K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.