4574587568Avatar border
TS
4574587568
Anggota Kongres AS: NATO Bisa Hancurkan Rusia Hanya dalam 3 Hari


WASHINGTON - Anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Adam Kinzinger mengatakan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dapat menghancurkan dan mengalahkan Rusia hanya dalam tiga hari.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah lama mempermasalahkan NATO—koalisi militer pemerintah Barat termasuk sebagian besar Eropa dan Amerika Serikat—meningkatkan kekhawatiran tentang pengaruh Barat yang meluas dalam beberapa bulan menjelang perang Ukraina. Secara khusus, pemimpin Rusia itu menentang kemungkinan Ukraina bergabung dengan aliansi tersebut.

Para ahli telah menyuarakan keprihatinan bahwa perang Rusia-Ukraina dapat meningkat menjadi konflik yang lebih besar dengan NATO. 


Jika Putin menyerang negara anggota NATO, negara tersebut dapat menggunakan Pasal 5 Piagam NATO—yang menyatakan; "Serangan terhadap satu sekutu dianggap sebagai serangan terhadap semua sekutu"—yang pada dasarnya berarti tanggapan militer dari semua anggota dapat dimulai.

Kinzinger, seorang Republikan Illinois, mempertimbangkan seperti apa konflik NATO-Rusia itu, menanggapi tweet yang mempertanyakan mengapa NATO belum mengalahkan Rusia.

"Saya berharap ini lelucon. NATO vs Rusia akan menjadi seperti operasi tiga hari yang nyata," tulis anggota Parlemen Amerika itu, seperti dikutip Newsweek, Selasa (20/12/2022).

Kinzinger telah menjadi pendukung vokal Ukraina selama konflik. Pada bulan April, dia menyebut anggota partainya sendiri fokus menyerang Disney meskipun genosida terjadi di Ukraina.

"Ada genosida yang terjadi di Ukraina dan kemarahan atas apa yang terjadi di Walt Disney," kata Kinzinger pada saat itu, mengacu pada pertempuran antara Disney dan Partai Republik Florida atas undang-undang anti-LGBTQ [lesbian, gay, biseksual, transgender, queer] setempat.

"Kalian pantas mendapatkan yang lebih baik," katanya lagi. 


Sementara banyak negara anggota NATO telah memberi Ukraina bantuan militer dan kemanusiaan selama konflik, mereka tidak terlibat perang langsung.

Komunitas internasional sebagian besar percaya pengiriman pasukan mereka ke Ukraina kemungkinan akan menyebabkan eskalasi perang.

Namun, karena Ukraina bukan anggota NATO, invasi Rusia tidak akan menarik respons militer NATO.

Pada bulan November, kekhawatiran tentang keterlibatan NATO tumbuh setelah rudal menghantam sebuah desa di Polandia—yang merupakan bagian dari aliansi—yang menewaskan dua orang. Laporan pada awalnya muncul bahwa rudal itu diproduksi oleh Rusia, tetapi pihak berwenang akhirnya menyimpulkan bahwa rudal itu ditembakkan secara tidak sengaja oleh sistem pertahanan Ukraina dalam upaya untuk melumpuhkan serangan rudal Rusia pada infrastruktur sipil.

Baik Rusia dan NATO telah memperingatkan tentang potensi eskalasi dalam beberapa pekan terakhir.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan dalam sebuah wawancara dengan penyiar NRK awal Desember bahwa dia khawatir "tidak ada keraguan" NATO dan Rusia dapat berperang besar atas Ukraina.

"Saya khawatir perang di Ukraina akan lepas kendali, dan menyebar menjadi perang besar antara NATO dan Rusia," katanya. "Jika ada yang salah,itu bisa menjadi sangat salah."

Sementara itu, Konstantin Sivkov, seorang pengamat di televisi pemerintah Rusia, yang sebagian besar berfungsi sebagai mesin propaganda Putin setelah Kremlin menindak kritik awal tahun ini, meminta Moskow untuk mempersiapkan lebih banyak rudal untuk konflik melawan NATO.

“Kita perlu menghasilkan sistem senjata yang lebih kuat dan modern, mengingat bentrokan dengan NATO yang tak terhindarkan dalam waktu dekat,” kata Sivkov. 


sumber
0
780
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.