skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Andika Perkasa jadi Cawapres Anies, Demokrat: Kader Kami Ingin Anies-AHY


JUDUL ASLI Soal Usulan Andika Perkasa jadi Cawapres Anies Baswedan, Demokrat: Kader Kami Ingin Anies-AHY  (kepanjangan)

TEMPO.CO, Jakarta - Nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa mulai meruak sebagai calon wakil presiden potensial yang bakal mendampingi capres usungan Partai NasDem, Anies Baswedan. Andika juga merupakan salah satu bakal capres yang diumumkan Surya Paloh sebelum memilih Anies.

Menanggapi hal tersebut juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan belum pernah mendengar nama Panglima TNI Andika Perkasa dibahas di Koalisi Perubahan sebagai cawapres. Koalisi Perubahan ini rencananya bakal diisi oleh Partai Demokrat, NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
.
"Sejauh ini, kami belum mendengar nama mantan Panglima TNI dibahas di Koalisi Perubahan sebagai cawapres. Untuk urusan capres-cawapres Koalisi Perubahan, kami saat ini masih fokus kepada kriteria,” kata Herzaky dalam keterangannya,mKamis, 22 Desember 2022.

Kendati demikian, Herzaky menyebut partainya menghormati jika NasDem dan PKS mengusulkan nama cawapres. Toh soal kriteria maupun sosok cawapres, Herzaky hakulyakin calon mitra koalisinya bakal mengedepankan prinsip realistis dan rasional.

Dia menjelaskan, prinsip realistis adalah upaya mengusung salah satu pemimpin dari ketiga partai untuk menyolidkan kerja-kerja pemenangan. Apalagi, kata dia, masing-masing partai punya kader utama. "Ini juga sejalan dengan misi penguatan partai politik, di mana kader utama partai seyogyanya memiliki semacam privilege untuk maju mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres,” kata dia.

Adapun prinsip rasional, kata Herzaky, adalah pembentukan koalisi yang ditujukan untuk mencapai kemenangan, alih-alih sekadar meramaikan kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Oleh sebab itu, dia menilai kriteria terpenting salah satunya elektabilitas, baik elektabilitas personal maupun elektabilitas saat simulasi berpasangan.

"Sekali lagi kita ingin menang, dan itu artinya gelombang aspirasi dan dukungan rakyat terhadap pasangan capres-cawapres yang terpotret melalui survei, harus menjadi faktor rujukan," ujarnya.

Menurut Herzaky, pasangan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY selalu berada di papan atas capres dan cawapres. Apalagi ketika dipasangkan, kata dia, Anies-AHY selalu jadi yang tertinggi dan hampir selalu menang melawan siapapun.

Di sisi lain, Herzaky mengatakan konstituen Partai Demokrat menginginkan Anies-AHY. Pasangan ini disebut Herzaky juga memenuhi kriteria yang disusun oleh partai berlambang bintang mercy tersebut.

"Memang, dari lima kriteria capres-cawapres yang kami susun, Mas Anies dan Mas AHY masuk dalam kriteria itu. Punya integritas, kapabilitas, elektabilitas tinggi, chemistry, dan sama-sama tokoh representasi perubahan dan perbaikan, bukan status quo,” ujar dia.
 
NasDem Sebut Andika Perkasa Putra Terbaik Bangsa

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menyebut bahasan soal Andika yang kerap dihubungkan dengan partainya tidak bisa dihindari. "Bahwa hari ini ada banyak orang yang menyebut nama Andika seakan-akan dari Partai NasDem itu sudah tidak bisa kita halangi,” kata Ali saat dihubungi, Kamis, 22 Desember 2022.

Musababnya, kata Ali, Andika merupakan salah satu putra terbaik yang dimiliki bangsa saat ini. Dia menyebut rekam jejak andika yang sangat panjang kala merintis karir hingga menjadi Panglima TNI merupakan pencapaian yang luar biasa.

"Tentunya tidak bisa dicapai oleh semua orang, kemudian sangat sulit untuk tidak kita katakan bahwa Andika adalah salah satu putra bangsa terbaik," ujarnya.
Kendati demikian, kata Ali, ihwal cawapres yang bakal mendampingi Anies diserahkan sepenuhnya pada bekas Gubernur DKI Jakarta tersebut. Menurut Ali NasDem tidak ingin merangsek masuk dengan mendorong sosok tertentu sebagai pendamping Anies.

"Kami menyepakati untuk menyerahkan langsung kepada capres NasDem, tentunya sangat tidak etis kalau NasDem ikut mendorong orang,” kata dia.
Nama Andika akan Diajukan ke Koalisi

Senada dengan Ali, Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim menilai Andika Perkasa merupakan sosok tokoh nasional yang potensial. Menurut dia, Andika sukses membina karir militer sampai ke puncak dengan menjadi Panglima TNI.

Dia menjelaskan, Andika juga punya banyak kesamaan dengan NasDem. Misalnya, berpandangan nasionalis dan pro-pluralisme. Kesamaan inilah yang membuat Partai NasDem dekat dengan Andika. "Dekat dengan NasDem karena sama-sama berpandangan nasionalis, berwawasan ke-Indonesiaan, dan sama-sama pro pluralisme,” kata Hermawi saat dihubungi, Kamis, 22 Desember 2022.

Hermawi menuturkan Andika merupakan salah satu nama yang bakal dibahas di meja Koalisi Perubahan. "Nanti di rundingan dengan partai koalisi, salah satunya ya Andika,” kata dia.

Partai NasDem, kata dia, juga bakal berupaya mengajak semua potensi bangsa untuk berjuang bersama di jalur politik, termasuk Andika Perkasa. "Beliau potensial sebagai tokoh bangsa. Dan NasDem akan berusaha mengajak semua potensi bangsa untuk ikut membangun politik Indonesia yang semakin sehat dan maju,” ujarnya.

Hermawi sebelumnya juga menyebut bahwa Andika Perkasa masuk dalam daftar cawapres NasDem. Pun dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. "Andika dan Khofifah nama-nama yang ada dalam list kita. Tapi kita serahkan kepada Anies untuk memilihnya,” kata Hermawi.

SUMURRRR

AHY HARGAA MATII emoticon-Cape d... emoticon-Leh Uga



Diubah oleh skiesman 23-12-2022 01:34
xneakerz
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.9K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.