• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menilik Mistis Pasetran Gondo Mayit, Pantai di Blitar Tempat Bertemu Nyi Roro Kidul

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Menilik Mistis Pasetran Gondo Mayit, Pantai di Blitar Tempat Bertemu Nyi Roro Kidul
Mempunyai banyak mitos tentang kisah mistis, ini dia sekilas tentang Pasetran Gondo Mayit tempat bertemu Nyai Roro Kidul


Pasetran Gondo Mayit, tentu Agan Sista di seluruh Indonesia sudah tidak asing lagi pantai yang ada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Blitar, Jawa Timur yang satu ini.

Saking terkenalnya Pasetran Gondo Mayit, jika Agan Sista masih ingat film-film kolosal Indonesia zaman dulu selalu menggunakan nama pantai ini untuk menggambarkan tentang tempat yang angker dan tempat bertemunya para makhluk ghaib atau tempat yang dilarang untuk dikunjungi oleh manusia.

Membahas tentang Pasetran Gondo Mayit mungkin Agan Sista pun pernah mendengar atau membaca tentang mitos-mitos yang beredar di tengah masyarakat terkhusus masyarakat Jawa Timur. Memang dapat dikatakan bahwa Pasetran Gondo Mayit merupakan salah satu pantai yang memiliki kisah mistis paling terkenal seantero Nusantara.

Dilihat dari namanya saja tentu sudah mengandung nilai mistis tersendiri GanSis, dan asal muasal dari nama Pasetran Gondo Mayit pantai yang ada di pesisir selatan Blitar ini memang terdiri atas beberapa versi.

Berikut ini sekilas tentang mitos dan mistis dari Pasetran Gondo Mayit yang kisahnya sudah menjadi urban legend.




Mendengar atau membaca nama Pasetran Gondo Mayit tentu Agan Sista penasaran dengan arti dari nama pantai yang terkenal dengan keindahan dan kebersihannya ini, meskipun memang kisah mistis dari pantai ini juga tidak kalah terkenal dan menarik perhatian banyak orang untuk mengunjungi Pasetran Gondo Mayit secara langsung.

Menurut beberapa sumber artikel yang TS baca, nama Pasetran Gondo Mayit sendiri terdiri atas beberapa versi cerita GanSis.

Nama Pasetran Gondo Mayit diambil dari bahasa jawa atas 3 unsur kata yaitu Pasetran yang memiliki arti makam atau petilasan, gondo dengan arti bau, dan mayit yang berarti mayat. Penamaan pantai ini dengan sebutan Pasetran Gondo Mayit disebabkan karena pada zaman dahulu di pantai ini ditemukan banyak mayat yang mengeluarkan bau tidak sedap.

Adapun cerita versi lain terkait penanaman pantai ini dengan nama Pasetran Gondo Mayit adalah karena di bukit yang ada di pantai tersebut terdapat sebuah petilasan dari seorang leluhur bernama Adnan. Dari petilasan atau pasetran inilah muncul bau harum dupa dan kembang yang sampai di bagian pantai yang berada cukup jauh dari pasetran atau makam Mbah Adnan.

Konon Mbah Adnan sendiri merupakan leluhur yang melakukan babat di daerah Blitar, dan sering melakukan semedi untuk bertemu dengan Nyai Roro Kidul penguasa pantai selatan.

Meskipun saat ini Pasetran Gondo Mayit dijadikan sebagai tempat wisata untuk masyarakat umum baik lokal ataupun mancanegara karena terkenal akan keindahan dan kebersihan pantai, aktivitas ritual tirakat dengan berbagai macam maksud dan tujuan masih lekat dilakukan oleh masyarakat baik dari luar daerah ataupun dalam daerah Blitar.

Terkhusus para pengunjung yang memiliki maksud dan tujuan tertentu saat datang ke Pasetran Gondo Mayit, mereka akan membawa sesaji berupa dupa, bunga, dan yang lainnya untuk kemudian semedi selama beberapa hari.

Menurut beberapa cerita yang beredar di tengah masyarakat, mereka yang melakukan tirakat dan beruntung, maka akan mendapatkan kesempatan bertemu dengan Nyai Roro Kidul.




Tentu kisah terkait Pasetran Gondo Mayit ini merupakan cerita urban legend yang masih dipertanyakan tentang kebenarannya GanSis. Bisa jadi sebagian kisah yang beredar tersebut benar adanya atau memang sebuah cerita rekayasa yang dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu.

Sedangkan untuk tujuan dari para pengunjung yang melakukan aktivitas ritual dan tirakat di Pasetran Gondo Mayit beberapa diantaranya adalah berziarah, mencari kemudahan rezeki, ingin segera mendapatkan pasangan, atau bahkan juga memang murni ingin bertemu dengan sosok Mbah Adnan atau Nyai Roro Kidul.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
koi7
HeAVen_DoG
12a12a
12a12a dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.9K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.