Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cepmekAvatar border
TS
cepmek
Jokowi Sebut Indonesia Dulu Dikuasai Asing, Kini Sudah Minggat!
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa porsi surat utang yang banyak dikuasai oleh asing dapat berbahaya bagi nilai tukar rupiah.

Menurutnya, hal ini berbahaya karena jika porsi asing dalam surat berharga negara (SBN) dikuasai asing karena hal ini bisa membuat nilai tukar bergejolak. Dia mencontohkan kondisi 2014-2015, ketika kepemilikan SBN mencapai 38,5%.

Saat itu, gejolak yang ditimbulkan cukup kuat ketika dunia mengalami taper tantrum. Alhasil, Indonesia menjadi negara yang masuk ke dalam kategori fragile five. Per akhir November, data menunjukkan kepemilikan asing hanya sebesar 14,8%.

"Karena kalau dikuasai asing begitu goyah keluar berbondong-bondong goyah pasti kurs kita," kata Jokowi dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2023.

Oleh karena itu, dia mengingatkan kepada para menteri dan pimpinan lembaga agar berani melakukan reformasi struktural guna menangkal hal-hal yang membahayakan makro ekonomi Indonesia, termasuk urusan SBN.

Sri Mulyani mengatakan tren kepemilikan asing di SBN ini berlangsung dalam empat tahun terakhir.

"Kepemilikan asing terhadap bond kita mengalami penurunan 14,64%. Ini menurun secara continue selama 4 tahun terakhir," ujarnya.

Pada 2018, besaran kepemilikan asing mencapai 38,5%. Angka ini turun menjadi 25,16% pada 2019. Kemudian turun di kisaran 19% pada 2020, hingga besarannya saat ini mencapai 14,64%.

Menurut Sri Mulyani, penurunan ini tidak menimbulkan tekanan swing atau naik/turun pada yield atau imbal hasil SBN ataupun disebabkan oleh capital outflow.

Namun, Sri Mulyani menegaskan Indonesia tetap harus menjaga daya tarik SBN karena ini adalah bagian dari strategi pembiayaan APBN yang harus terus dijaga.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ah-minggat/amp

10 Tahun gak ada hasil apa apa, yg ada cuma maling duit rakyat. Kerjaan nya cuma bobo aja emoticon-Big Grin

Terimakasih Pak Jokowi, Indonesia jadi negara yang maju ditangan anda.
nomorelies
muhamad.hanif.2
bukan.bomat
bukan.bomat dan 8 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
46
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.2KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.