harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Mengenal Budaya Idol Grup Dari Jepang, Apa Bedanya Dengan Girlband?

Sumber Gambar

Idol grup adalah sebuah budaya asal Jepang yang menampilkan gadis-gadis remaja sampai dewasa yang bernyanyi dan menari di atas panggung. AKB48 dan Nogizaka46 adalah dua contoh idol grup yang namanya sudah cukup besar di Jepang.

Namun, kadang idol grup sendiri masih sering disamakan dengan girlband. Ya, sekilas memang kelihatan sama. Tapi sebenarnya kedua jenis grup ini berbeda lho! Dan di thread ini TS akan mengulas perbedaannya.

Baca sampai habis gan!emoticon-Blue Guy Peace

Girlband sendiri berisikan personil dan anggota-anggota yang kebanyakan bisa dibilang sudah matang dalam hal menari dan bernyanyi. Saat audisi, mereka memang benar-benar diseleksi untuk dicari yang paling profesional dan siap untuk masuk ke dunia entertain.


Sumber Gambar

Jika kita melihat girlband-girlband Korea, maka terlihat kalau konsep mereka terbilang cukup dewasa. Begitu juga dengan musik dan lagu yang mereka bawakan. Kostum yang mereka gunakan tak jarang terlihat seksi dan elegan.

Dari segi konsep, idol grup sendiri lebih memakai konsep remaja yang cute dan polos. Musik-musiknya pun kebanyakan bernuansa ceria dengan kostum yang warna-warni mencolok mata. Ekspresi para anggotanya ketika tampil pun penuh senyuman dan semangat.

Selain itu, berbeda dengan Girlband. Biasanya Idol Grup merekrut anggota yang masih remaja dan menurut mereka memiliki potensi untuk menjadi entertainer. Jadi pandai atau tidaknya si anggota dalam hal menari dan bernyanyi tidak masalah karena nantinya manajemen Idol Grup sendiri yang melatih mereka.


Sumber Gambar

Melalui pelatihan yang dilakukan langsung oleh manajemen inilah, para anggota menjadi lebih mudah dipantau perkembangannya. Tak hanya itu, pola pikir mereka juga dibentuk untuk bisa menjadi sosok yang kuat dan pantang menyerah.

Bahkan terkadang Idol Grup memiliki Akademinya sendiri, mirip seperti sistem klub sepakbola.

Biasanya para anggota Idol Grup akan tampil dalam lingkup yang kecil dulu. Misalnya di dalam event-event tertentu yang tidak begitu banyak orang tahu. Di sana mereka akan membiasakan diri untuk tampil di depan penggemarnya. Mereka juga harus siap menerima kritik dan evaluasi dari para penggemar setiap kali tampil.

Jadi, bisa dibilang para penggemar pun bisa memantau langsung perkembangan para Idol Grup ini. Dan jangan kaget apabila kadang ada anggota Idol Grup yang suaranya biasa saja bahkan fals. Hingga tarian yang kadang masih kaku dan kurang rapi.

Jangan berekspektasi Idol Grup seperti musisi yang selalu tampil sempurna di atas panggung.


Sumber Gambar

Anggota Idol Grup yang tampil bagus biasanya akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk tampil. Begitu juga sebaliknya. Jika performa seorang anggota mengalami penurunan, bisa jadi posisi suatunya akan digantikan dengan anggota lain yang dirasa lebih bagus.

Itulah mengapa anggota Idol Grup selalu berubah-ubah saat tampil, berbeda dengan Girlband yang anggotanya itu-itu saja.

Dengan begini, bisa disimpulkan bahwa Idol Grup ini menempatkan seorang gadis remaja ke posisi di mana ia menjadi idola banyak orang. Selain menari dan bernyanyi, gadis-gadis ini juga akan belajar untuk percaya diri, berkomunikasi yang baik, tanggung jawab, kerja keras dan masih banyak lagi.

Ada banyak ilmu yang bisa diambil ketika sang gadis berada di posisi ini, kehidupannya akan berubah 360 derajat. Nantinya ketika sang anggota Idol ini sudah merasa cukup menimba ilmu dan siap untuk membangun karir sendiri maka ia akan dilepas oleh manajemen atau diluluskan dari idol grup, lalu dipersilahkan untuk mengejar mimpi-mimpinya di luar sana.


Sumber Gambar

Di Indonesia pun ada contoh Idol Grup seperti ini. Adhisty Zara dan Desy Genoveva adalah dua nama yang merupakan lulusan dari idol grup lokal dan kini sukses berkarir di dunia entertain tanah air.

Selain itu juga ada idol-idol grup lokal yang masih belum banyak diketahui dan seringkali tampil di acara-acara Jejepangan. Hebatnya, mereka punya lagu original sendiri lho dan lagunya pun bagus.

Singkatnya, Idol Grup bisa kita ibaratkan sebagai pabrik untuk mencetak artis atau selebriti. Sayangnya, hanya ada untuk perempuan saja. Coba ada laki-laki juga hehe.

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Gimana gan? Tertarik untuk mengikuti Dunia Idol Grup Jepang? emoticon-Big Grin

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
mancitybest
lusfdlrrhmn
10mountainflat
10mountainflat dan 17 lainnya memberi reputasi
18
8.2K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.