• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sekilas Tentang Rolak Songo, Bendungan Usia Ratusan Tahun yang Memiliki Kisah Mistis

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sekilas Tentang Rolak Songo, Bendungan Usia Ratusan Tahun yang Memiliki Kisah Mistis
Memiliki kisah mistis, ini dia sekilas tentang bendungan Rolak Songo yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu


Membahas bangunan-bangunan tua bersejarah yang telah dibangun ratusan tahun lalu, pasti akan selalu dikait-kaitkan dengan kisah mistis, dan horror yang beredar serta diceritakan secara turun temurun khususnya di sekitar daerah terbangunnya bangunan tersebut.

Kisah-kisah mistis dan horror urban legend di sebuah daerah selalu menjadi cerita yang menarik untuk dibahas, entah cerita tersebut benar atau tidak tetapi masyarakat sudah mempercayainya dan menceritakan turun temurun dari keluarga ke keluarga dan dari mulut ke mulut.

Tentu Agan Sista pun pasti sudah pernah mendengar tentang beberapa kisah urban legend yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Mulai dari cerita-cerita mistis terkait hutan tertentu, jalan, gunung, sungai, atau bahkan juga bendungan.

Kali ini TS akan sedikit membahas tentang kisah mistis dari bendungan Rolak Songo, yang cerita mistisnya juga sudah sangat dikenal khususnya di kalangan masyarakat yang tinggal di daerah Jawa Timur.




Rolak Songo, adalah nama dari sebuah bendungan yang berdiri dan terletak di Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Bendungan Rolak Songo ini sudah dibangun dan berdiri sejak tahun 1857, tepatnya dibangun pada masa penjajahan Belanda sehingga bangunan bendungan Rolak Songo saat ini telah berusia 165 tahun.

Nama Rolak Songo sendiri diambil dari bentuk bendungan yang terdiri atas sembilan bangunan penggerak pintu air, dan perlu Agan Sista ketahui bahwa bendungan Rolak Songo merupakan bendungan yang digunakan sebagai alat menampung debit air dari sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Timur yaitu Sungai Brantas. Selain itu bendungan Rolak Songo juga memiliki fungsi untuk mengatur ketinggian air di sungai Kali Mas Surabaya, dan juga Kali Porong Sidoarjo.

Meskipun keberadaan bendungan Rolak Songo memiliki banyak manfaat terkhusus untuk masyarakat Jawa Timur, kisah mistis dari bendungan ini juga tidak kalah terkenal di tengah masyarakat.

Di bendungan Rolak Songo menurut beberapa cerita yang beredar di tengah masyarakat, terdapat dua makhluk atau sosok penunggu bendungan yang menyerupai seorang kakek-kakek membawa cangkul dan sesosok wanita cantik yang sering dilihat oleh masyarakat di sekitar bendungan.

Kemunculan kedua sosok penunggu bendungan Rolak Songo ini selalu dikait-kaitkan dengan kejadian yang terjadi di sekitar bendungan Rolak Songo. Di setiap sosok tersebut menunjukkan keberadaannya maka setelahnya akan terjadi musibah kecelakaan di sekitar bendungan Rolak Songo.

Di balik kisah-kisah mistis yang ada, masyarakat Jawa Timur khususnya daerah Mojokerto dan Sidoarjo telah menganggap itu sebagai hal biasa. Bahkan di sekitar bendungan Rolak Songo di bagian Selatan dan Utara di setiap sore hari banyak orang berjalan-jalan menikmati keindahan dan membeli jajanan yang diperjualbelikan di sekitar bendungan Rolak Songo.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang kisah mistis urban legend bendungan Rolak Songo yang kisahnya diceritakan secara turun temurun.

Tentu percaya atau tidak akan cerita tersebut itu tergantung masing-masing orang GanSis, karena memang untuk membuktikan sesuatu yang ghaib juga tidak mudah.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
nurhuda008
agamnaufal
dasiemsidas
dasiemsidas dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.1K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.