Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

moniousanctiAvatar border
TS
moniousancti
Bank Dunia: Harga Beras Indonesia Paling Mahal se-ASEAN, Duh Gimana Ini?

Info Viral: Menurut laporan Bank Dunia tentang prospek ekonomi Indonesia untuk Desember 2022, harga beras di Indonesia 28 persen lebih tinggi daripada di Filipina. 

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa harga beras di Indonesia dua kali lebih tinggi dari Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Thailand.

"Harga eceran beras di Indonesia tertinggi di ASEAN selama (satu) dekade terakhir," tulis laporan Bank Dunia, Selasa (20/12/22).

Tingginya harga beras di Indonesia disebabkan oleh dukungan harga pasar bagi produsen pertanian, seperti pembatasan perdagangan melalui bea masuk, monopoli badan usaha milik negara atas impor komoditas utama, dan tindakan non-tarif lainnya, kata laporan itu.

“Rantai pasokan yang panjang dan biaya distribusi yang tinggi, sebagian karena geografi negara yang kompleks, juga telah mendorong harga pangan bagi konsumen di negara tersebut,” jelas Bank Dunia.

Bank Dunia: Harga Beras Indonesia Paling Mahal se-ASEAN, Duh Gimana Ini?

Menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga beras kualitas rendah saat ini Rp 10.600 per kilogram, beras medium Rp 11.700 per kilogram, dan beras kualitas tinggi Rp 13.550 per kilogram.

Selain harga beras, Indonesia dikatakan menghadapi tantangan dalam hal keterjangkauan pangan dan kecukupan gizi. Bank Dunia juga menyarankan pentingnya meningkatkan produktivitas dan mengurangi hambatan impor pertanian.

Bank Dunia: Harga Beras Indonesia Paling Mahal se-ASEAN, Duh Gimana Ini?

“Kebijakan yang mendorong diversifikasi pangan yang lebih bergizi (ternak, buah dan sayuran) dan mengurangi distorsi kebijakan yang saat ini berpihak pada produksi beras dapat meningkatkan kecukupan gizi,” kata Bank Dunia dalam laporannya. 


Jangan lupa cendol dan komentar positifnya agan-aganku! 😊

SUMBER
s.c.a.
muhamad.hanif.2
ian.benjamin
ian.benjamin dan 5 lainnya memberi reputasi
2
3K
59
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.