Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Apa Bikin Bangga Orang Tua? Berikut Ini Plus Minus Anak Di Bawah Umur Naik Motor!

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Apa Bikin Bangga Orang Tua? Berikut Ini Plus Minus Anak Di Bawah Umur Naik Motor!
Bikin Bangga Orang Tua? Berikut Ini Plus Minus Anak Di Bawah Umur Naik Motor!

Apa Bikin Bangga Orang Tua? Berikut Ini Plus Minus Anak Di Bawah Umur Naik Motor!

Memang sekarang-sekarang ini sepeda motor sudah menjadi kebutuhan yang bisa dibilang penting. Hampir di setiap rumah di kampung aku memiliki kendaraan yang satu ini, sepeda motor.

Mungkin karena kepraktisannya dalam pemakaian sehingga banyak orang yang beralih dari sepeda onthel berganti ke sepeda motor. Dengan memakai sepeda motor bisa ke manapun, tanpa harus capek-capek mengayuh.

Namun yang menjadi polemik saat ini banyak anak-anka yang tentu saja masih di bawah umur pada naik motor di jalan. Padahal telah tertuang dalam peraturan setiap orang yang naik motor harus sudah memiliki SIM yang dengan persyaratan harus mencapai usia 17 tahun.

Dengan banyaknya anak di bawah umur yang bisa naik motor tentu saja ada konsekuensi yang harus diterima, ataupun ada imbas yang bisa saja terjadi di saat anak-anak mengendarai sepeda motor. Imbasnya tentu saja bukan hanya membicarakan hal buruk tetapi ada hal baik bila ditelaah secara saksama.

Nah, berikut ada beberapa sisi plus atau sisi positif di kala anak-anak pada bisa naik motor di jalan.

1. Melatih mandiri

Dengan diberikan fasilitas motor, tentu saja anak akan memiliki jiwa yang mandiri. Misal saat ke sekolah tidak perlu diantar jemput. Saat memenuhi kebutuhan sekolah, mereka pun bisa pergi membeli sendiri tanpa diantar orang tua.

2. Mau disuruh

Anak akan lebih mudah atau mau untuk disuruh. Misal, minta disuruh mengantar ke pasar, atau disuruh membelikan suatu kebutuhan di warung tetangga sebelah.

3. Tidak merepotkan orang tua

Orang tua di era sekarang ini lebih mementingkan pekerjaan dari pada mengurusi anak. Orang tua yang bekerja tentu akan menghasilkan uang dan dari uang tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga juga untuk memenuhi kebutuhan anak, salah satunya membelikan sepeda motor.

4. Orang tua bangga

Karakter orang tua satu dengan yang lain berbeda. Dari sekian banyak sifat orang tua, salah satunya malah bangga karena anaknya yang masih kecil bisa mengendarai sepeda motor.

Di samping hal-hal segi baik tentu ada hal-hal negatif ataupun minusnya. Memang hampir semua yang ada di dunia ini saling berpasangan seperti mata uang. Adapun sisi minusnya adalah sebagai berikut:

1. Rawan terjadi kecelakaan

Mengendalikan mesin bukan hal yang mudah, apalagi buat anak-anak yang belum cukup umur. Saat di jalan raya pun tidak cukup mengetahui rambu-rambu lalulintas tapi juga butuh kesabaran dan memanage ego saat di jalan raya. Istilahnya bisa membaca pengendara lain.

2. Bisa kena tilang

Karena belum cukup umur, bila ada razia dari polisi pasti akan kena tilang. Dan mau tak mau orang tua yang ke a dampaknya karena harus menanggung biaya admistrasi.

3. Berbahaya

Namanya juga anak-anak, tentu belum memiliki sifat kehati-hatian saat mengendarai sepeda motor. Ada yang berjajar, atau malah main hape, ada juga lebih sering kebut-kebutan di jalan

4. Gank Motor

Bukan hal yang baru bila anak difasilitasi dengan motor bisa terjerat pergaulan yang salah arah, misalnya gank motor atau sering disebut klithih kalau di tempat aku.

Nah, itu tadi beberapa hal-hal baik dan buruk saat anak difasilitasi sepeda motor. Apakah para Gansist sependapat? Atau malah ada efek lain lagi, bisa banget lho, dituliskan di kolom komentar. Silakan!

Ilustrasi: GridOto.com

nomorelies
screamo37
terbitcomyt
terbitcomyt dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
32
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.