Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kipas.angin.199Avatar border
TS
kipas.angin.199
MPU Aceh Barat Dukung Edaran tentang Penghentian Kegiatan untuk Sholat Berjamaah

MEULABOH -- Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat mendukung penuh kebijakan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi yang menerbitkan surat edaran (SE) agar menghentikan seluruh kegiatan dan aktivitas sewaktu adzan berkumandang guna melaksanakan sholat berjamaah di masjid dan mushala.

"Secara pribadi dan kelembagaan, MPU sangat mendukung edaran agar menghentikan aktivitas 15 menit sebelum tiba waktu sholat agar sholat berjamaah di masjid," kata Ketua MPU Aceh Barat Teungku (Tgk) Mahdi Kari, Rabu (14/12/2022).

Ia mengharapkan agar seluruh warga Aceh Barat bisa mengikuti instruksi tersebut sesuai Surat Edaran Bupati Aceh Barat, Nomor: 061.2/979 tentang menghentikan kegiatan sewaktu adzan dan melaksanakan sholat berjamaah di masjid dan mushala. Menurutnya, imbauan menghentikan segala aktivitas 15 menit menjelang dilaksanakan sholat ibadah fardhu, dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Tgk Mahdi Kari mengatakan seruan ini tidak hanya berlaku untuk kalangan tertentu, akan tetapi berlaku untuk semua umat Muslim di Kabupaten Aceh Barat. "Surat edaran ini merupakan penguatan penerapan syariat Islam yang selalu kita dengungkan, perintah yang baik harus kita taati," katanya.

MPU Aceh Barat juga akan melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui mimbar masjid dan buletin yang diterbitkan setiap Jumat. Buletin akan disebarkan di semua kecamatan dalam kabupaten Aceh Barat.

Ketua Mubahatsah Ulama Dayah Aceh Barat (MUDAB) Kabupaten Aceh Barat Tgk Mawardi yang juga Ketua Majelis Adat (MAA) Aceh Barat mengapresiasi langkah Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi dalam upaya penerapan syariat Islam di daerah ini. Menurutnya, dengan adanya edaran itu, masyarakat dapat memanfaatkan waktu dengan efektif untuk beribadah kepada Allah dan memperdalam wawasan keagamaannya dan tidak menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Tujuan adalah sebagai upaya menumbuhkan kesadaran di tengah-tengah masyarakat akan fungsi dan peranan Alquran bagi kehidupan manusia sehingga Alquran tetap dibaca dan dipelajari. Ia menambahkan, untuk menguatkan edaran ini harus ada upaya tegas dari pemerintah agar edaran ini bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.

"Bila edaran ini terlaksana masyarakat akan disiplin dalam segala hal, disiplin dalam urusan kerja dan disiplin dalam melaksanakan ibadah sehingga akan melahirkan keseksesan dan kemuliaan," kata Tgk H Mawardi.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi menerbitkan surat edaran (SE) yang ditujukan kepada seluruh jajaran Pemkab Aceh Barat, BUMN dan BUMD agar menghentikan seluruh kegiatan dan aktivitas sewaktu adzan berkumandang, guna melaksanakan sholat berjamaah di masjid dan mushala.

"Ini sifatnya imbauan yang lebih mengedepankan pendekatan secara persuasif, dan dilakukan untuk beberapa tahapan, hingga nantinya sudah menjadi kebutuhan dan kebiasaan bagi semua aparatur sipil negara (ASN) yang ada di Aceh Barat," kata Mahdi, Rabu (30/11/2022).

Sumber


Meskipun ini memang dilakukan di Aceh dengan Syariahnya, Hal yang sampai sekarang ane nggak ngerti dengan trend umat islam di Indonesia adalah: Apa urgensi Sholat berjamaah di Masjid?

Dalam kondisi kehidupan manusia yang sudah mengarah ke Individualisme ini, Ibadah harian yang dilakukan bersama sama menurutku kurang relevan, beda dengan zaman dulu yang masih tribalisme dan komunal. Yang masih relevan menurutku hanya ibadah Mingguan yang dilaksanakan bersama (sholat Jum'at).

Kondisi Masjid di Indonesia tahun 80-90 an yang masjidnya Hanya Ramai ketika Jum'atan lebih baik dibandingkan dengan sekarang yang ramai tiap hari karena lebih seimbang antara ritual agamis dan spiritualis. 
emoticon-2 Jempol






*Judul Asli: MPU Aceh Barat Dukung Edaran Bupati Terkait Penghentian Kegiatan untuk Sholat Berjamaah
Diubah oleh kipas.angin.199 16-12-2022 06:09
gabener.edan
nomorelies
viniest
viniest dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.