Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rendhitya17Avatar border
TS
rendhitya17
TAHUN BARU 2023 ? MAU GRILLING ALA KOREA ATAU JEPANG ?
Tahun baru selalu identik dengan perayaan bersama keluarga maupun keluarga dekat. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan sembari menunggu malam pergantian tahun adalah memanggang / membakar daging atau biasa disebut grilling

Grilling atau membakar merupakan teknik memasak menggunakan batu bara, gas, atau arang yang ditempatkan pada alat khusus untuk membakar, kemudian bahan makanan yang akan dibakar diletakkan di bagian atas alat pembakar.

Metode dan cara Grilling cukup bervariasi, contohnya cara grilling ala Korea dan Jepang yang cukup familiar pada kuliner Indonesia. Kedua kreasi ini memiliki ciri khas masing-masing yang membuat para pecinta kuliner sangat menyukai.

Secara sekilas, kedua kreasi grilling tersebut memiliki kesamaan. Namun secara mendasar kedua grilling tersebut memiliki perbedaan pada penggunaan bumbu dan saus serta cara penyantapannya.  Yuk mari kita cari tahu lebih dalam kedua kreasi masakan ini !

Grilling Ala Jepang


Spoiler for Grill Jepang:



Teknik grilling di jepang sering disebut dengan yakiniku.Yakiniku sendiri terdiri atas dua jenis, yakni ami-yaki (dipanggang langsung di atas net besi) dan juga teppan-yaki (dipanggang langsung di atas plat besi). 

Grilling ala jepang sering menggunakan berbagai daging sapi sebagai bahan utama. Daging yang sering digunakan yaitu wagyu beef dan kobe beef yang memiliki nilai marbling baik sehingga tergolong sebagai dagin premium.


Cara menyantapnya juga cukup simple, daging yang telah matang dapat diberi saus khas jepang seperti ponzhu dan teriyaki.


Grilling Ala Korea


Spoiler for Grill Korean:



Grilling ala korea sering disebut dengan Korean BBQ. Kreasi ini terbagi  menjadi dua jenis, yakni galbi dan bulgogi. Perbedaan keduanya dapat kita lihat dari segi penggunaan dagingnya. Apabila galbi diolah dari iga sapi yang sudah dipotong-potong menjadi pendek, maka bulgogi diolah dari tenderloin atau sirloin sapi.  

Berbeda dengan kreasi ala Jepang, Daging yang digunakan pada Korean BBQ lebih bervariasi seperti daging ayam hingga babi. 

Biasanya untuk menyantap korean bbq grill dilengkapi dengan beberapa kondimen seperti menyantapnya dengan daun selada, bawang putih, kimchi, cabai hijau hingga saus samjang.

Peralatan Grilling yang Dibutuhkan

Untuk dapat melakukan grilling dengan kreasi diatas kamu tidak perlu bingung karena alat yang digunakan cukup sama. Namun, ada beberapa metode grilling yang perlu kamu ketahui supaya masak menjadi makin nikmat.


1. Grilling dengan Kompor


Spoiler for Grilling dengan Kompor:



Apabila kamu ingin memasak dengan lebih cepat kamu bisa menggunakan kompor untuk grilling. Api dapat disesuikan dengan kebutuhan memasakmu agar mendapat tipe daging sesuai keinginan. Kamu memerlukan beberapa alat seperti kompor gas, gas catridge, grill plate, shabu pot, dan juga alat masak pelengkap lainnya. 


2. Grilling dengan Arang

Spoiler for Grilling dengan Arang:



Ketika kamu memasak menggunakan arang makanan yang dihasilkan memiliki cita rasa yang lebih smoky yang sangat khas. kamu memerlukan beberapa alat seperti portable bbq grill , arang briket, pemantik apik, dan alat pencapit.
Diubah oleh rendhitya17 13-12-2022 11:32
0
841
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.