anggietislaAvatar border
TS
anggietisla
Lima Ritual Unik Prosesi Siraman Kaesang Pangarep - Erina Gudono






Kaesang Pangarep dan Erina Gudono melakukan prosesi siraman air di rumah masing-masing. Aksi tersebut dilakukan sehari sebelum persetujuan dilaksanakan di Yogyakarta, Sabtu (12/10).

Erina Gudono melakukan pawai cipratan air di rumahnya di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Sleman. Sementara itu, prosesi menyiram Kaesang Pangarep di kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di Sumber, Solo, Jawa Tengah.

Keduanya melakukan banyak hal unik dan tidak biasa. Berikut adalah 5 hal unik dari prosesi siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Ada dua adat yang digunakan yaitu Yogyakarta dan Solo

Erina dan keluarganya memilih menggunakan adat Yogyakarta untuk acara siraman ini. Dan Kaesang menggunakan adat Solo. Meski terlihat sama, namun terdapat banyak perbedaan di antara kedua tradisi Silaman ini.




Perbedaan siraman tradisional kedua daerah tersebut adalah dawet sadean. Siraman tradisional Yogyakarta tidak menggunakan prosesi sadean dawet. Selama acara siraman adat di Yogyakarta, ada 7 pawai siraman. Sedangkan dalam adat Solo, ada sembilan prosesi adat.

Tujuh prosesi tradisional gaya Yogyakarta adalah upacara majang tarub, upacara cethik geni adang sepisanan, ngeracik tirta siraman. Juga noto lemek palenggahan, upacara majang pasarean, upacara sungkeman ibu. Terakhir, acara loncatan kedua kakak Erina Gudono.


2. Ratu Yogyakarta dan Permaisuri Paku Alam Hadir

Ratu Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Harmon Kubuwono X, Gustikanji Ratu (GKR Hemas) juga turut serta dalam upacara siraman Erina Gudono. Permaisuri Paku Alam X Gusti Putri pun datang.





GKR Hemas adalah satu dari enam orang yang terlibat dalam siraman air untuk Erina dari 7 mata air. Hemas mengungkapkan rasa senangnya karena Erina dan Kaesang tidak melupakan adat istiadat dalam rangkaian pernikahan mereka.

"Mereka (Kaesang-Erina) melakukan semua prosesi pernikahan sesuai adat Jawa. Saya sangat puas. Ini sangat luar biasa dan membanggakan karena sebagai generasi muda mereka tetap menjaga (melestarikan) budaya tersebut," kata Hemas, Jumat (September). 12). ) kepada media di Yogyakarta, seperti yang ditulis Satu Viral.


3. Rambut Kaesang ditanam di rumah Erina

Rambut Kaesang Pangarep juga diberikan kepada keluarga Erina. Rambut ini diambil saat prosesi siraman air di rumah Kaesang di Solo. Utusan keluarga Jokowi menyerahkan rambut itu pada Ibu Erina, Sofiatun Gudono. Rambut Kaesang lalu dicampur bersama rambut Erina dan ditanam di halaman depan rumah Erina.





Penanaman rambut ini melambangkan simbol penanaman benih cinta dan kehormatan keluarga. Seekor ayam juga dilepas dalam pawai tersebut, melambangkan keikhlasan melepas putri kesayangannya untuk mandiri.

4. Siraman Air dari 7 Mata Air

Prosesi siraman air Kaesang Pangarep diawali dengan memercikkan tujuh mata air untuk kedua mempelai. Ketujuh mata air tersebut berasal dari Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton Surakarta Mangkunegaran dan Masjid Agung Surakarta. Juga dari Umbul Pengging Boyolali, Istana Kemerdekaan Jakarta, Istana Kepresidenan Bogor dan kediaman keluarga Solo.





Awalnya, Gibran Rakabuming menerima tujuh mata air sebagai perwakilan keluarga. Selain itu, tujuh air dikumpulkan di satu tempat untuk parade percikan air. Ibu Iriana mendampingi Presiden Jokowi pada percikan pertama.

5. Jokowi Menggendong dan Memberi Makan Kaesang

Usai ritual siraman air, Jokowi memotong rambut Kaishan, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya. Presiden Jokowi juga memberikan suap terakhir kepada Kaesang Pangarep. Suapan ini sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.





Kedua keluarga menempatkan bleketepe di rumah masing-masing sebelum melakukan prosesi siraman. Kaesang juga melakukan upacara sungkeman untuk orang tuanya sebelum prosesi siraman. Sungkeman memiliki simbol berdoa memohon berkah dan juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang tua yang telah membesarkannya.

Akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina berlangsung pada Sabtu (10 Oktober 2022) di Royal Ambarukmo Hall, Depok Sleman. Lalu ada acara unduh mantu pada Minggu (11/12/2022) pagi di Pura Mangkunegaran. Selanjutnya Kaesang dan Erina akan dibawa dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran Solo.









Sumber :

Minta cendolnya gan biar ane makin rajin posting
larapeequer
LordFaries4.0
maroonia
maroonia dan 7 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.