• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Dapat Izin Kongres, Angkatan Udara AS Akan Pensiunkan 260 Pesawat Pada Tahun 2023

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Dapat Izin Kongres, Angkatan Udara AS Akan Pensiunkan 260 Pesawat Pada Tahun 2023
Quote:


Di Amerika urusan untuk memensiunkan pesawat militer sangat rumit gan, pasalnya antara user (pemakai) dan anggota Kongres (DPR-nya AS) punya pendapat yang berbeda. Kita ambil contoh kasus pesawat A-10 Warthog, sudah sejak satu dekade yang lalu USAF (Angkatan Udara AS) meminta izin menghentikan operasional pesawat A-10 Warthog. Dengan perkiraan 30 pesawat akan pensiun secara bertahap. Akan tetapi, Kongres menolak wacana tersebut.

Uniknya setiap tahun USAF terus melobi Kongres untuk pengurangan jumlah Warthog, tetapi selalu ditolak. Dengan alasan pesawat masih akan memiliki peran penting di era modern dan sulit untuk mencari pengganti yang sepadan. Dan setelah satu dekade perdebatan, pada tahun 2023 kelak USAF diberi izin untuk memensiunkan 21 unit A-10.

Selain Warthog, USAF juga berencana memensiunkan beberapa pesawat lainnya, jika ditotal jumlahnya ada sekitar 260 pesawat dari berbagai jenis yang akan pensiun tahun depan. Mengutip artikel FlightGlobal, pada 6 Desember 2022 lalu telah diterbitkan undang-undang bernama National Defense Authorization Act (NDAA). Dan berikut adalah daftar pesawat yang akan dikirim ke kuburan pesawat Boneyard:

Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Masa Depan Raptor dn Lancer Masih Belum Pasti


F-22 Raptor adalah pesawat yang juga masuk daftar "buang" USAF, total 33 unit F-22 Block 20 akan dipensiunkan. USAF menyebut pesawat itu sudah tidak bisa dipakai untuk bertempur. USAF menyebut jika dalam waktu 8 tahun, 33 unit F-22 Raptor menghabiskan biaya perawatan US$1,8 miliar atau sekitar Rp 28 triliun.Tetapi Kongres menolak rencana itu, dan meminta USAF memberikan rincian berupa berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk upgrade 33 pesawat tersebut serta masa depan pelatihan pilotnya.

Kongres melalui undang-undang NDAA juga melarang pensiun B-1B Lancer yang awalnya dibuat oleh Rockwell International, dan sekarang menjadi bagian dari Boeing. Kongres ingin mempertahankan operasional pembom B-1B Lancer setidaknya sampai September 2026. Sementara itu sekitar 260 pesawat akan dikirim ke kuburan Boneyard pada tahun 2023, jumlah itu termasuk pesawat-pesawat yang telah diberi izin untuk dipensiunkan pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan persetujuan Kongres, USAF akan membuang total 170 pesawat tempur pada tahun 2023. Saat ini USAF memiliki 1970 pesawat tempur yang aktif bertugas, dan jika sesuai rencana, maka dengan membuang 170 pesawat; USAF akan mengoperasikan sekitar 1800 pesawat tempur pada tahun 2023.

Quote:


Pengurangan armada pesawat ini memang penting, pasalnya pesawat yang lebih tua semakin sulit untuk dirawat serta bisa rawan mengalami masalah yang bisa membahayakan nyawa pilotnya. Selain itu, dengan program NGAD (pesawat generasi 6) yang berjalan, USAF harus menghemat anggaran untuk mendanai proyek rahasia tersebut.

Di sisi lain, Amerika sebenarnya masih bisa mendapat untung dari pensiunnya 260 pesawat tersebut. Jika ada negara yang tertarik membeli pesawat bekas tersebut, Amerika tentu dengan senang hati akan menjualnya. Tetapi menjual pesawat itu juga bukan perkara mudah, mengingat harus mendapat restu dari anggota Kongres. Sementara itu, pada tahun 2023 kuburan pesawat Boneyard tampaknya akan penuh sesak dengan bangkai pesawat USAF.



---------------



Referensi Tulisan: Defense News& FlightGlobal
Sumber Foto: USAF
Diubah oleh si.matamalaikat 14-12-2022 02:55
black.robo
jorokindomusik
69banditos
69banditos dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.9K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.