• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berapa Tahun Sekali Agan Ganti Smartphone? Inilah Waktu Ideal Untuk Beli Hape Baru

xianying21Avatar border
TS
xianying21
Berapa Tahun Sekali Agan Ganti Smartphone? Inilah Waktu Ideal Untuk Beli Hape Baru


Bagi yang sudah punya hape sejak era 2000an mungkin pernah merasakan bagaimana upgrade hape mulai dari monokrom, berwarna, sampai sekarang di era smartphone yang sudah sangat canggih. Di era sekarang smartphone atau hape sudah menjadi kebutuhan primer saja karena bisa melakukan banyak hal mulai dari sekedar untuk hiburan bahkan untuk bekerja. Di masa lalu kita sudah akrab dengan gonta-ganti hape dan sampai sekarang rasanya orang-orang lebih sering dalam berganti-ganti hape.

Setiap produden hape dalam setahun bisa mengeluarkan banyak produk terbaru dan diincar oleh konsumennya untuk membeli hape terbaru. Nah, setiap orang punya urgensinya sendiri-sendiri kenapa memutuskan untuk membeli hape terbaru. Mulai dari hobi terhadap gadget sampai karena mengganti hape karena sesuai dengan kebutuhan. Lalu, berapa tahun sekali sih idealnya kita mengganti hape kita dengan yang baru?

1. Sampai Rusak (Tidak Berfungsi dengan Baik)



Idealnya kita berganti hape adalah karena hape yang lama sudah rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Entah itu karena rusak akibat terjatuh, dicuri, atau karena sudah lapuk karena usia. Misalnya hape yang sudah berumur lebih dari lima tahun, maka teknologinya sudah mulai ketinggalan zaman. Seperti sudah tidak bisa menjalankan aplikasi esensial dan mulai lemot. Maka memang sudah saatnya untuk diganti dengan yang baru.

2. Dua Tahun Sekali


Kemudian yang kedua bisa ganti hape setiap dua tahun sekali dengan catatan hape yang digunakan adalah hape low-end karena masa upgrade dari smartphone low end itu terbilang cepat dan dalam budget pun tidak akan terlalu kerepotan karena hape low end harganya bisa dibilang cukup terjangkau.

3. Tiga Tahun Sekali


Untuk hape mid range atau menengah, menurut ane idealnya adalah berganti hape setiap tiga tahun sekali karena hape kelas menengah spesifikasinya cukup bisa diandalkan selama tiga tahun tersebut bahkan bisa lebih.

4. Di atas Tiga Tahun


Nah, untuk hape flag ship waktu untuk ganti yang baru adalah setelah di atas tiga tahun karena kita tahu hape flagship dirancang untuk pemakaian dalam jangka waktu yang cukup panjang, katakanlah lima tahun. Contohnya adalah iPhone X yang diluncurkan lima tahun yang lalu dan sampai sekarang masih banyak orang yang menggunakannya.

5. Setahun Sekali Untuk Gadget Geek.


Untuk yang benar-genar gadget maniac alias penggila gadget dan punya penghasilam lebih ya memang haknya sih mau ganti hape setiap tahun bahkan setahun dua kali juga tidak masalah. Hanya saja tidak bijak kalau hanya memikirkan gaya dan gengsi dan mengabaikan kebutuhan primer.

Nah, kalau ane pergantian hapenya adalah sebagai berikut:

2012 ke bawah: Pra Android (Nokia)
2013: Cross A18
2014: Andromax C2
2015: Lumia 520
2016: Andromax R
2017: Redmi Note 4
2021-sekarang: Poco F3

Jelas dari daftar di atas kalau dulu ane setahun sekali ganti hape karena Android belum begitu stabil tapi setelah 2017 ane jadi ganti hape lebih dari tiga tahun sekali.

Nah, bagaimana dengan agan? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
bang.toyip
PandaID
Kagemane4869
Kagemane4869 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
6K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.