• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pernah Merasa Capek Banget dan Pengen Nyerah? Ingat Ini Agar Kalian Tetap Kuat

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pernah Merasa Capek Banget dan Pengen Nyerah? Ingat Ini Agar Kalian Tetap Kuat
Pernah merasa lelah dengan rutinitas harian dan cobaan yang datang dalam hidup?
Ingat ini agar kalian tetap merasa kuat


Kehidupan memang seringkali tidak sesuai harapan GanSis, apa yang kita rencanakan belum tentu menjadi kenyataan meskipun itu telah diusahakan karena memang jalan takdir adalah milik Tuhan.

Mungkin Agan dan Sista disini berharap di dalam hidup hanya ada kebahagiaan tanpa ada cobaan, namun itu nampaknya tidak akan pernah terjadi, karena memang cobaan hidup itu adalah rintangan untuk pembuktian sejauh mana kita mampu dan kuat menjaga iman dan juga membuat kehidupan lebih berkesan.

Perasaan lelah menjalani kehidupan yang penuh teka-teki dan cobaan, tentu juga tidak dapat terelakkan.
Itu hal yang manusiawi karena memang manusia terlahir tidak hanya dengan akal melainkan juga perasaan.

Sedih, lelah, merasa hidup ini sangat berat, dapat dikatakan pernah dialami hampir semua orang dengan batasan masing-masing. Bahkan ada beberapa orang yang merasa hidupnya sangat berat, tidak bisa menerima kenyataan, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan bunuh diri.


Konten Sensitif
sumber gambar

Bunuh diri karena tidak kuat mendapatkan cobaan hidup, tentu itu bukan jalan dan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah GanSis. Akan ada pertanggungjawaban yang lebih berat lagi saat Agan dan Sista memutuskan bunuh diri karena merasa putus asa.

Lalu apa yang dapat Agan dan Sista lakukan saat mengalami keterpurukan atau sedih karena masalah hidup terlalu berat?
Berikut ini beberapa tips dan solusinya GanSis.


1. Bersyukur

Apa yang harus disyukuri saat kita mendapatkan cobaan berat dalam hidup?
Perlu Agan dan Sista ketahui, manusia mendapatkan cobaan hidup karena Tuhan masih menganggap mereka ini ada. Bahkan Tuhan memberikan ujian juga karena ingin tahu seberapa besar iman dan kecintaan hamba terhadap Tuhan-nya.

Syukuri apa yang bisa disyukuri, karena memang masih lebih banyak yang bisa disyukuri dibandingkan cobaan yang ada.
Masih dapat bernapas tanpa bantuan alat rumah sakit, masih bisa berjalan dengan menggunakan kaki sendiri, melihat dunia yang luas, ini juga bentuk nikmat yang bisa disyukuri.

Jangan pernah berkeluh kesah melebihi jumlah rasa syukur GanSis.

2. Bersabar

Cobaan dalam hidup datang untuk melatih kesabaran. Mungkin ekspektasi tak sesuai realita, tapi kita masih bisa mengusahakan realita menjadi nyata yang benar-benar indah saat kita bisa menghadapi semuanya dengan baik.

Benar sabar tak ada batasnya, karena saat Agan dan Sista membatasi rasa sabar ujung-ujungnya adalah berkeluh-kesah, merana, dan putus asa.

3. Berusaha

Masalah datang di kehidupan untuk dihadapi. Usaha-usaha yang Agan dan Sista lakukan untuk mengahadapi masalah inilah yang akan dinilai oleh Tuhan, bukan hasil akhir yang juga masih menjadi takdir dan kehendak Tuhan.

4. Ikhlas

Apa yang ditentukan dan ditakdirkan oleh Tuhan maka itulah yang terbaik untuk kita GanSis.
Ikhlas atas takdir yang diberikan Tuhan setelah kita berikhtiar untuk lepas dan menyelesaikan segala cobaan itu adalah cara terbaik.

Jangan sampai Agan dan Sista tidak dapat ikhlas terhadap hidup yang dijalani, karena itu akan sangat menyiksa diri sendiri.



Itulah tadi GanSis beberapa hal yang harus diperhatikan agar cobaan kehidupan seberat apapun dapat terlewati dengan baik dan tidak berujung pada kekecewaan atau rasa putus asa.

Sebuah kewajaran jika Agan dan Sista merasa sedih, kecewa, lelah, atau bahkan kesal saat apa yang diharapkan tidak berjalan sesuai keinginan. Namun kita juga tidak dapat menyalahkan Tuhan yang mengatur takdir kehidupan.

Oke, mudah-mudahan Agan dan Sista semua diberikan kekuatan dalam menjalani semua masalah dalam kehidupan, dan diberikan kemudahan untuk mencari solusi atas semua permasalahan.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
6666661234
agamnaufal
verdandigr
verdandigr dan 28 lainnya memberi reputasi
29
5.5K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.