Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakitpcmendingAvatar border
TS
rakitpcmending
Badai PHK Startup Indonesia Diklaim Bukan Lantaran Gaji Kegedean, Lalu Apa?


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan rintisan atau startup Indonesia maupun dunia menjadi sorotan.

Founding partner AC Ventures Pandu Sjahrir mengungkapkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan startup Indonesia melakukan PHK dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut Pandu, faktor pertama startup lakukan PHK adalah dari sisi eksternal yaitu kenaikan suku bunga, inflasi, dan perang.

"Ada faktor perang di awal 2022 dan terjadi kenaikan suku bunga untuk penanganan inflasi. Kenaikan suku bunga ini mempengaruhi cost of capital yang terjadi di pasar," ujar Pandu dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).



Faktor kedua, adalah ekspektasi yang tinggi dari investor setelah melihat siklus bisnis yang terjadi dengan sangat cepat bagi perusahaan, khususnya sektor teknologi ketika pandemi Covid-19.

"Ini siklus bisnis amat cepat, saat 2020 terjadi pandemi, suku bunga menurun, pemerintah membantu dan banyak tumbuh perusahaan teknologi karena banyak shifting dari offline ke online. Banyak perusahaan teknologi berkembang lebih cepat dari yang diharapkan selama 2020 sampai 2021," katanya.

Dia membantah kalau besarnya gaji talenta digital startup sebagai biang kerok terjadinya badai PHK, karena sumber daya manusia bukan menjadi pengeluaran terbesar perusahaan startup.


Besarnya gaji yang diberikan itu adalah sebuah tren untuk mendapat talenta terbaik di beberapa tahun lalu, dan tahun ini sudah semakin menurun.

Kemudian, yang menjadi faktor ketiga terjadinya badai PHK adalah karena beberapa tahun lalu, perusahaan banyak melakukan bakar uang sebagai strategi mendapatkan pasar besar.

"Anggaran perusahaan terbesar bukan di sumber daya manusia. Banyak perusahaan kini refokus pada bisnis mereka dan mengurangi burning cost, entah itu di marketing cost, business processing cost, semuanya itu dikurangi secara signifikan," pungkas Pandu.


https://www.msn.com/id-id/berita/oth...omMaestro=true

Ternyata karena itu toh

emoticon-Matabelo
letterboxd
letterboxd memberi reputasi
1
1.6K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.