serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Tahu Nggak? Kalo Gak Semua yang Bulat Itu Bakso dan Gak Selamanya Bakso Itu Bulat


Hai Semua!

emoticon-Hai

Abang Tukang Bakso, mari, mari sini
Aku mau beli
Abang Tukang Bakso, cepat dong kemari!
Sudah tak tahan lagi


Siapa nih di mari yang doyan bener sama bakso? Cung, angkat tangan! Menurut ane, bakso adalah salah satu kuliner Indonesia yang paling enak. Tekstur bakso yang kenyal tapi garing (karena tulang dan daging), bener-bener pas di lidah. Apalagi kuah kaldunya yang beuuhh - super gurih. Cocok bener dimakan pas dingin-dingin!

Kata Bang Wikipedia nih, Gengs, bakso adalah sejenis bola daging yang lazim dimakan di Indonesia. Biasanya terbuat dari gilingan daging yang diadon sama tepung tapioka, dan lazimnya disantap pas panas-panas. Sekarang, bakso udah disajiin dengan cara yang beragam. Gak cuma dikuahin, tapi juga digoreng, dibakar, direbus, bahkan dijadiin toppingdalam menu lain kayak nasi goreng dan mie instan.

Tapi tahu nggak sih, Gengs, kalo nggak semua bola tepung yang bulat-bulat itu disebut bakso? Sebaliknya, nggak semua bakso bentuknya bulat? Eh, gimana-gimana?! Ya nggak gimana-gimana! Biar lebih paham, kelen baca ajalah thread ini sampe habis!

Nggak Semua yang Bulat itu Namanya Bakso

Disclaimer dulu nih! Bulat maksudnya di sini tuh bukan yang kayak onde-onde, klepon, atau godok gulo, ya! Tapi makanan yang masih sodaraan sama bakso kayak pentol, aci, dkk. Mereka mirip bakso, tapi bukan bakso. Paham ngga? (Semoga paham deh!). Berikut uraiannya.

1. Baso Aci



Karena baso aci berasal dari Garut, Jawa Barat, maka kami yang di pulau Sumatera ini jadi nggak tahu bedanya dengan baso biasa. Dan sebagai pecinta kuliner sejati, ane suka gemes sama uda-uda (Minang: abang/mas) jualan baso aci, tapi di gerobaknya di tulis 'bakso' aja. Atau ketika ane nitip beli bakso kuah ke temen, tapi yang dibeliin malah baso aci kuah.

"Yang penting, kan, kenyal dan bulat, jadi ya itu tetep bakso namanya!" Astagaaa! Yang itu juga kenyal dan bulat, tapi malah kaga bisa dimakan. Eh apa sih? Skip!

So, Gengs, baso aci dan bakso (aja) tuh beda, ya! Bakso biasa terbuat dari gilingan daging dan tapioka, kalo baso aci, ya, dari tepung kanji doang kaga pake daging giling. Alhasil tekstur yang dihasilin juga beda. Bakso kenyal dan kriuk kalo digigit, kalau baso aci cuma kenyal aja. Rasanya pun beda; bakso ada sensasi dagingnya yang gurih, kalau aci cuma ada rasa aci doang!

Nah, sampe sini paham kan? Kalo udah paham, cus lanjut ke poin berikutnya!

***

2. Pentol



Nah, si bulat yang satu ini juga sering menipu mata dan lidah pemakan bakso, tapi awam sama kasta dan klasifikasi bakso! Pentol dan bakso jelas-jelas memiliki perbedaan ya, Kawan-Kawan! Mereka sama-sama terbuat dari tepung kanji atau tapioka, dan sama-sama ada daging giling. Cumaaa, si pentol ini dagingnya cuma dikit, dikit banget malah! Sampe-sampe kalo kita ngunyah pentol tu, yang kerasa cuma hawa dagingnya doang, sedangkan dagingnya ghoib entah ke mana.

So, yang biasa dijual sama uda-uda 'bakso' depan SD tuh, atau yang biasa mangkal di Terminal Aur Kuning, udah jelas itu bukan bakso, ya, tapi pentol! Besok-besok tulisan di gerobaknya ganti aja; dari 'bakso kuah' jadi 'pentol kuah'! (Sangat marah!).

***

3. Cilok



Nah, ini dia salah satu makhluk mati yang sering menyesatkan makhluk hidup bernama manusia dalam dunia perbaksoan, lebih tepatnya dalam dunia perbasoacian. Jadi gini, cilok tuh sebenernya baso aci, cuma disajiin dengan cara dicolok, makanya disebut cilok sebagai lakuran dari kata 'aci dicolok'. Well kalo kalian beli aci tapi kaga dicolok, jangan sekali-kali melakukan 'dosa' dengan menyebutnya sebagai cilok! Tapi panggillah sebagai 'baso aci'. Mereka udah punya nama masing-masing, tolong jangan disamain! (Hufftt sabaaar).

***

4. Peranakan Baso Aci

Ga cuma bakso yang beranak (tapi ga jelas bapaknya siapa), tapi aci juga, Gengs! Anak dan keturunan baso aci terbuat dari 'aci' yang disajikan dengan cara yang berbeda-beda. Salah satunya adalah cilok, dan salah dua atau salah tiganya seperti yang tertera dalam list di bawah:

• Cimol



Kenapa ane sebut cimol sebagai anak baso aci? Karena keduanya sama-sama terbuat dari aci dan dibentuk bulat-bulat. Bedanya, cimol digemol sehingga bulatnya nggak simetris. Cimol dimasaknya dengan digoreng lalu ditaburin bubuk aji-ajian yang memberi perisa rasa. Sedep bener kalo dimakan anget-anget.

• Cilor



Anak baso aci berikutnya bernama cilor. Adiknya cimol yang sama-sama digoreng, tapi sebelumnya dicelupin dulu ke kocokan telur, menghasilkan baso aci kenyal dengan selimut telur krispi. Disajiinnya dengan cara ditusuk pake tusukan sate.

5. Cuanki



Nah, ini juga sering disalahkaprahin sebagai bakso, Gengs. Iya tau, bentukan dan bahan dasarnya emang mirip. Tapi, kan, cara penyajiannya beda, namanya beda. Jadi ngga bisa disama-samain dong! Kalau bakso tuh, yang direbus bareng kuahnya cuma baksonya doang. Kalo cuanki, semuanya direbus sekalian, baik itu baksonya, siomay gorengnya, tahu gorengnya, pokoknya semua deh dicemplungin dalam rebusan kuahnya! Jadi jangan salah-salah lagi, ya, nyebutnya.

***

6. Siomay



Ane heran sama orang yang menyamaratakan penganan bulat, kenyal, dan gurih menjadi satu nama, yaitu bakso. Bahkan siomay pun disebut bakso! Padahal secara teknis nih, ya, bakso dan siomay sudah beda aliran. Bakso adalah bakso, dan siomay adalah pengikut dimsum, pangsit, atau dumpling. Bahan bakunya juga cukup jauh berbeda. Siomay identik dengan tepung sagu dan ikan tenggiri, kalau bakso identik dengan tapioka dan daging giling. Jadi paham, kan, bedanya?

***

Nggak Semua Bakso Bentuknya Bulat

Di sesi ini ane secara khusus ngebahas bakso yang bentuknya kaga bulat. Karena seperti tagline-nya, nggak semua bakso itu bulat. So, inilah dia anggota suku bakso yang engga bulat.

1. Bakso Rusuk



Pecinta bakso yang tinggi kolesterol pasti udah kaga asing sama bakso yang satu ini. Yup, bakso rusuk sangat istimewa karena dari dalam bulatnya bakso, mencuat rusuk atau sapi yang menggugah selera. Rasanya gurih, empuk, dan mantap betul, bikin sensasi makan bakso jadi naik berkali-kali lipat.

***

2. Tahu Bakso atau Bakso Tahu



Kalo kata Bang Wikipedia nih, tahu bakso lahir pertama kali di Ungaran, Semarang. Kalo emang bener, ane mau berterimakasih sama orang Ungaran yang udah mempelopori bakso ini, sehingga ane bisa ngerasain nikmatnya bakso tahu. Liat, Gengs, walau bentuknya kaga bulat, kadang kotak kadang segitiga, tapi ini namanya tetap bakso (tahu).

***

3. Bakso Lobster



Ane kecewa banget ga bisa nyicipin bakso ini, Gengs. Soalnya ane alergi seafood, huhuhu. Padahal dari bentukannya aja, udah ketahuan kalau rasanya bakal nikmat banget. So ya, mirip-mirip sama bakso rusuk, bakso lobster adalah bakso yang dari dalamnya mencuat lobster raksasa, daan bentuknya tidak bulat.

***

4. Bakso Kelabang



Hah gimana? Apa dari bakso ini mencuat daging kelabang yang krenyes-krenyes kecut?! Oh, tentu saja tidak, Agan-Agan! Maksud kelabang di sini adalah, akronim dari Kelamin Abang. Astaghfirullah! Pantesan bentukannya ambigu begitu! Plis, buat kelen yang udah pernah nyicip bakso ini, dipersilakan untuk nge-review di kolom komentar, ane kepo soalnya.

***

5. Bakso Kotak



Beberapa bulan lalu tuh sempet viral di medsos soal bakso kotak di Denpasar. Katanya, keunikan bakso ini nggak cuma dari bentuknya yang kotak, tapi juga dari komposisinya yang 90% daging! Adududuh, gurih dan nikmat banget tuh pasti! Kayaknya nikmat banget deh makan bakso kotak pas ujan-ujan sambil liatin bli-bli cakep Bali lewat, kiwkiw!

***

6. Bakso Tumpeng


resepkoki.com

Kalo liat para food vlogger tuh emang suka racun, ya! Mereka tuh demen bener nyari spot hidden gem buat menuhin hasrat lambung yang meronta-ronta, salah satunya ke gerai bakso tumpeng. Nah, seperti yang ane bilang, gak semua bakso itu bulat! Sesuai namanya, bakso tumpeng bentukannya kayak tumpeng. Selain disiram sambel yang pedes dan dikasih topping macem-macem, dalem bakso tumpeng juga ada isiannya. Biasanya sih telor puyuh, bakso kecil, atau jeroan sapi atau ayam. Penggila bakso bakal puas banget sih kalo makan ini!

***

7. Bakso Gepeng



Gak mau ribet-ribet jelasin ah! Udah tau lah ya bentuk bakso gepeng tuh kayak apa? Kalau masih kagak tau, kelen cari ajalah sendiri! Ane capek ngetik (sambil lempar bata)!

Jadi kesimpulannya apa? Kreativitas tanpa batas dalam dunia kuliner Indonesia, khususnya sekte perbaksoan, telah menciptakan berbagai jenis makanan serupa bakso tapi bukan bakso serta kuliner bakso yang tidak seperti bakso (puyeng puyeng dah tuh kelen bacanya!). Keberagaman ini bikin kita makin cinta dengan tanah air, karena sudah menyediakan apa yang kita butuhkan dengan sangat lengkap dan nikmat (tinggal kita aja yang kudu nguli dan nyiapin duitnye).

Sekian, salam pecinta bakso!

Buat kalian yang udah baca thread (gak jelas) ini dari awal sampai akhir, terima kasih banyak, ya. Semoga rezekinya nambah terus biar bisa beli bakso sepuasnya (itu mah keinginan elu, Upiak!). Aamiin.

Bye-Bye

Narasi: serbaserbi.com
Illustrasi: Google Image
Sumber: 1, 2, 3, 4

Diubah oleh serbaserbi.com 09-12-2022 02:00
over.power
bigbabyirl
dmeatshop
dmeatshop dan 23 lainnya memberi reputasi
24
6.1K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.