Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cokro.tvAvatar border
TS
cokro.tv
Duh! RI-China Masih Alot Bahas Biaya Bengkak Kereta Cepat
Duh! RI-China Masih Alot Bahas Biaya Bengkak Kereta Cepat

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan negosiasi dengan pihak China masih terus dilakukan, terkait pembengkakan biaya atau cost overrun. Menyusul adanya perbedaan perhitungan.

"Sama China negosiasi cost overrun itu memang belum selesai betul, sedang proses negosiasi," kata Dwiyana kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Kamis (8/9/2022).

Dwiyana menjelaskan perhitungan cost overrun dari pihak China lebih kecil dari perhitungan yang dilakukan Indonesia. Hal ini disebabkan China belum mengakui adanya pajak pengadaan lahan, persinyalan Global System Mobile-Railway (GSM-R) untuk sistem perkeretaapian yang gratis di China.

"Kalau pemerintah Indonesia-kan menyampaikan pajak pengadaan lahan ya harus dibayar, GSMR ya harus dibayar. Kondisinya berbeda dengan China," katanya.

Dia menyampaikan targetnya perhitungan ini selesai pada bulan ini. Paralel dengan rencana pencairan Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk PT Kereta Api Indonesia (Persero) senilai Rp 3,2 triliun untuk setoran ekuitas dari konsorsium Indonesia.

"Sekarang di Kementerian Keuangan, sedang dalam proses semuanya," kata Dwiyana.

Untuk diketahui berdasarkan perhitungan Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) cost overrun yang terjadi pada proyek KCJB senilai US$ 1,449 miliar atau setara Rp 22,6 triliun (Rp 15.632/US$).

Di mana, Diwana sebelumnya mengungkapkan sost overrun perhitungan China senilai US$ 980 juta atau setara RP 15,3 triliun.

""BPKP mewakili pemerintah Indonesia, China diwakili NDRC seperti Bappenas Tiongkok dia menunjuk konsultan CICC. Angka hitungan mereka sekitar US$ 980 jutaan. Ada perbedaan karena ada perbedaan cara review dan perbedaan asumsi," jelas Dwiyana.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...k-kereta-cepat

masih negosiasi gan
s.c.a.
ragilmahardika
sc5
sc5 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
912
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.