Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muqfaAvatar border
TS
muqfa
Waspadai FOMO, Inilah Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi FOMO. Sumber: Di sini


Hidup di masa serba terbuka segala media dan juga kemudahan dalam mengakses segala yang dibutuhkan dengan begitu mudah, seringkali malah justru membuat keinginan untuk memiliki sesuatu itu semakin kuat, padahal belum tentu juga itu dibutuhkan atau harus dimiliki. Istilahnya yang lagi tren sekarang adalah FOMO.

Apa itu FOMO, ciri-ciri, dan cara mengatasinya, yuk kita simak di sini



Pengertian FOMO

FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out, yang merujuk pada ketakutan akan kehilangan sesuatu yang dianggap penting. FOMO biasanya merujuk pada rasa takut yang dirasakan seseorang karena mereka berpikir bahwa mereka akan kehilangan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang menarik atau menyenangkan. FOMO juga dapat merujuk pada ketakutan akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan sesuatu yang dianggap penting, seperti penawaran khusus atau informasi penting.

FOMO (Fear of Missing Out) adalah ketakutan yang dirasakan seseorang karena merasa ketinggalan dari orang lain. Ini biasanya terjadi ketika seseorang melihat orang lain yang berhasil mencapai sesuatu yang ingin mereka capai atau ketika mereka melihat orang lain yang sedang menikmati sesuatu yang ingin mereka nikmati.

Ciri-ciri FOMO

1. Rasa cemas yang berlebihan tentang kehilangan peluang atau kesempatan.
2. Rasa takut yang berlebihan akan kehilangan sesuatu atau tidak menikmati sesuatu yang disukai orang lain.
3. Rasa cemas yang berlebihan akan ketinggalan informasi penting.
4. Rasa takut yang berlebihan akan tidak menjadi bagian dari sesuatu yang populer.
5. Rasa takut yang berlebihan akan tidak menjadi bagian dari lingkaran teman atau kelompok tertentu.
6. Rasa takut yang berlebihan akan tidak menjadi bagian dari perkembangan teknologi atau trend terbaru.
7. Rasa takut yang berlebihan akan tidak menjadi bagian dari kegiatan sosial yang terjadi di sekitar.
8. Rasa takut yang berlebihan akan tidak menjadi bagian dari kesempatan yang menarik.
9. Rasa takut yang berlebihan akan tidak menjadi bagian dari kesuksesan orang lain.
10. Rasa takut yang berlebihan akan tidak menjadi bagian dari kehidupan yang lebih baik.

Cara mengatasi FOMO

1. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. FOMO berkembang dari perasaan bahwa orang lain memiliki sesuatu yang Anda tidak miliki. Jadi, berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain dan fokuslah pada hal-hal yang Anda miliki.
2. Berhenti memonitor media sosial. Media sosial adalah sumber utama FOMO. Jadi, jika Anda ingin mengatasi FOMO, Anda harus berhenti memonitor media sosial.
3. Fokuslah pada hal-hal yang Anda sukai. Fokuslah pada hal-hal yang Anda sukai dan nikmati. Ini akan membantu Anda untuk mengalihkan perhatian Anda dari FOMO dan menikmati hidup Anda.
4. Berpikir positif. Berpikir positif akan membantu Anda untuk menghilangkan perasaan FOMO. Jangan biarkan FOMO mengendalikan hidup Anda.
5. Berbicara dengan teman Anda. Berbicara dengan teman Anda tentang FOMO akan membantu Anda untuk mengatasi perasaan ini. Mereka dapat memberi Anda saran yang berguna dan mengingatkan Anda bahwa Anda tidak sendirian.
6. Fokus pada tujuan Anda sendiri. Jangan terlalu memikirkan apa yang orang lain lakukan. Fokuslah pada tujuan Anda sendiri dan usahakan untuk mencapainya.
7. Jadilah realistis. Jangan berharap terlalu banyak dari diri sendiri. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain.
8. Jangan mengabaikan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mengambil waktu untuk beristirahat, bersenang-senang, dan melakukan hal-hal yang Anda sukai.
9. Jangan lupa untuk berterima kasih. Berterima kasihlah atas apa yang telah Anda capai dan jangan lupa untuk menghargai orang lain yang telah membantu Anda.
10. Jangan lupa untuk bersyukur. Bersyukurlah atas apa yang telah Anda miliki dan jangan lupa untuk menghargai orang lain yang telah membantu Anda.

Referensi tulisan: Psych Central

Semoga kita terhindar dari FOMO ini ya
0
4.5K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.