Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muqfaAvatar border
TS
muqfa
Daun Sebagai Pembungkus Makanan Selain Daun Pisang


Daun-daun pembungkus makanan. Sumber: Di sini



Kalau di thread sebelumnya pernah ditulis tentang kreasi membungkus makanan dengan daun pisang, maka ada juga daun-daun lain sebagai pembungkus makanan selain daun pisang, meskipun penggunaan daun-daun itu terbatas di suatu tempat tertentu, sehingga menjadi ciri khas.

Inilah daun-daun selain daun pisang yang bisa dipakai buat pembungkus makanan.

1. Daun Simpor


Daun simpor memiliki tekstur yang lebih kuat dan lebih tahan lama daripada daun pisang, sehingga lebih cocok untuk membungkus makanan. Berasal dari tumbuhan dengan nama latin Dillenia suffruticosa, daun ini juga memiliki aroma yang khas, yang menambah cita rasa makanan yang dibungkusnya. Selain itu, daun simpor juga lebih mudah ditemukan di Belitung daripada daun pisang.

Selain itu, daun simpor juga lebih murah daripada daun pisang, sehingga lebih banyak orang yang memilih untuk menggunakannya. Daun simpor juga lebih mudah ditemukan di pasar tradisional, sehingga lebih mudah diakses oleh masyarakat Belitung.

Karena alasan-alasan di atas, masyarakat Belitung lebih memilih untuk menggunakan daun simpor ketimbang daun pisang untuk membungkus makanan, biasanya adalah mie belitong.

Selain digunakan sebagai pembungkus makanan, daun simpor juga punya manfaat lain, yaitu;

Selain itu, daun simpor juga bisa digunakan sebagai penangkal binatang. Daun simpor dapat menghalangi binatang dari masuk ke dalam rumah. Hal ini karena daun simpor menghasilkan aroma yang tidak disukai binatang.

Selain itu, daun simpor juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Daun simpor dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit, seperti sakit perut, sakit kepala, dan masalah pencernaan. Anda bisa mengolah daun simpor menjadi teh atau mencampurkannya dengan air hangat untuk diminum.

2. Daun Jati

Daun jati juga bisa digunakan untuk membungkus makanan yang dibungkus dengan plastik. Daun jati bisa menjaga kehangatan makanan lebih lama daripada plastik. Selain itu, daun jati juga lebih ramah lingkungan karena mudah diurai dan dapat tumbuh kembali. Daun jati juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menjaga makanan tetap segar. Daun jati juga dapat menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan daripada plastik.

Selain itu, daun jati juga bisa digunakan untuk membungkus makanan lain seperti di Cirebon dipakai untuk membungkus nasi jamblang, di Blora dan Nganjuk untuk membungkus nasi pecel. Daun jati juga sering digunakan untuk membungkus makanan seperti pepes tahu, pepes tempe, dan lain-lain. 

Makanan yang dibungkus dengan daun jati akan beraroma khas dan menambah cita rasa makanan tersebut.

3. Daun Jambu Air

Selain untuk membungkus tape khas Garut, daun jambu air juga digunakan untuk membungkus nasi jamblang, makanan khas Garut yang terbuat dari beras, daun jambu air, dan berbagai bumbu. Nasi jamblang biasanya disajikan dengan daun jambu air yang dibungkus rapi. Daun jambu air juga dipakai untuk menambah rasa dan aroma makanan ini. 

Masyarakat di wilayah tersebut menggunakan daun jambu air untuk membungkus makanan karena daun jambu air memiliki sifat antiseptik. Hal ini membuat makanan yang dibungkus dengan daun jambu air lebih tahan lama dan lebih aman dari bakteri. Selain itu, daun jambu air juga memiliki sifat antioksidan yang membantu menjaga kualitas makanan. Dengan menggunakan daun jambu air untuk membungkus makanan, masyarakat di wilayah tersebut dapat menjaga kualitas makanan mereka dan menjaga agar makanan tetap segar. Selain itu, daun jambu air juga dapat menjaga makanan dari kontaminasi bakteri dan jamur.

4. Daun Patat

Daun patat ini di banyak digunakan terutama di bogor sebagai pembungkus makanan khas kota Bogor, yaitu taoge goreng.

Daun patat juga memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, sehingga mudah dibentuk dan dibungkus makanan. Selain itu, daun patat juga punya sifat antioksidan yang bisa melindungi makanan dari bakteri. Daun patat juga punya kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga bisa menambah nutrisi makanan yang dibungkusnya.

Daun patat juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan makanan. Daun patat bisa dimasak dan dicampur dengan berbagai bahan lainnya untuk menghasilkan makanan yang lezat. Daun patat juga bisa dikeringkan dan digunakan sebagai bumbu masakan.

5. Daun Talas

Daun talas yang dipakai untuk membungkus makanan di Sumatra haruslah daun talas yang masih segar dan kuat. Daun talas yang sudah kering dan rapuh tidak bisa dipakai untuk membungkus makanan. Selain itu, daun talas yang dipakai juga harus bersih dan bebas dari kotoran. Dengan begitu, makanan yang dibungkus daun talas akan tetap bersih dan sehat.

Daun talas yang biasa digunakan untuk membungkus makanan adalah daun talas yang berukuran besar. Daun talas yang berukuran besar ini memiliki diameter panjang sekitar 15-20 sentimeter. Daun talas yang berukuran besar ini juga kuat dan tidak mudah rusak, sehingga mampu menahan berat makanan yang dibungkus. Daun talas yang berukuran besar ini juga memiliki tekstur yang kasar, sehingga mampu menahan makanan yang dibungkus dengan baik. Daun talas yang berukuran besar ini juga mudah dibentuk dan dibungkus, sehingga memudahkan proses pembungkusan makanan.

Makanan yang biasa dibungkus dengan daun talas adalah buntil dan pendap atau ikan pais.

Buntil adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan lainnya. Kemudian, campuran tersebut dibungkus dengan daun talas dan dimasak hingga matang.

Pendap adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan lainnya. Kemudian, campuran tersebut dibungkus dengan daun talas dan dimasak hingga matang.

Ikan pais adalah makanan tradisional yang terbuat dari ikan yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan lainnya. Kemudian, campuran tersebut dibungkus dengan daun talas dan dimasak hingga matang.


Referensi tulisan: Zero Waste Indonesia

Sudah pernah mencicipi makanan-makanan di atas?
Oya, tentunya juga ada daun lain selain di atas di daerahmu, tulis di komentar ya
nomorelies
pengennyusu
rinandya
rinandya dan 6 lainnya memberi reputasi
7
7.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.