• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Modal Nulis Novel Online, Penghasilan Gen Z Mencapai 20 Juta/bulan!

aripsaputrax580Avatar border
TS
aripsaputrax580
Modal Nulis Novel Online, Penghasilan Gen Z Mencapai 20 Juta/bulan!
Memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan dari menulis telah menjadi pilihan banyak orang saat ini. Karena menulis adalah sebuah hal yang sangat adil. Kamu hanya cukup mengetik di atas keyboard dan tidak ada yang peduli siapa dirimu, bagaimana ekonomimu, parasmu, maupun jenjang pendidikanmu.

Pembaca hanya akan melihat karyamu. Jika kamu bisa menulis, maka kamu bisa menghasilkan uang. Hari ini, artikel Arip satu ini akan menjelaskan cara menghasilkan uang dengan modal menulis novel online untuk penulis pemula!

 

1. Berapa banyak penghasilan dari menulis novel online?

 

Pasar novel online amat luas, menurut statistik yang tidak lengkap, jumlah pengguna sastra online Indonesia mencapai hampir 60 juta orang. Standar untuk menulis novel online sangatlah rendah, kamu bisa menulis asal memiliki sebuah ponsel atau komputer yang terpasang dengan internet dan juga cerita yang ingin kamu bagikan dengan orang lain. Begitu buku terbit, maka penghasilannya juga akan lumayan bagus. Lalu, berapa yang bisa dihasilkan dengan menulis novel online? Ini bergantung pada tingkatan penulisnya sendiri. 

 

Sebagai contoh penulis dengan nama pena LaSheira, Sifa, dan Puputhamzah, dan lainnya di platform NovelToon, merupakan penulis yang sudah bisa disebut sebagai profesional, dengan penghasilan bulanannya berkisar antara 60-100 juta rupiah. 

Sebagian besar penulis novel online yang sudah mapan pada dasarnya akan menghasilkan 10 atau 20 juta per bulan, dan ini merupakan hal yang normal.

Sebelumnya, ada satu teman saya yang berprofesi sebagai seorang guru bahasa Inggris di kampung, dan setelah dia akan menulis novel online, dan setelah 5 tahun penghasilannya sudah melebihi 1 milyar lho.

 

 

2. Gimana cara penulis pemula memilih platform menulis?

 

Mengenai platform novel online, sebenarnya ada banyak sekali. Misalnya NovelToon, Storial, Novelme, dan sebagainya.Sebelum memilih platform, kamu harus mengetahui dulu tema apa yang ingin kamu tulis. Apakah yang kamu tulis adalah novel pria atau novel wanita? Lalu apakah bertema romantis atau sci-fi? Dan lain sebagainya.

 

Di sini, editor NovelToon sangatlah bertanggung jawab. Entah itu pemula atau sudah pro, selama kamu menjalin hubungan kerjasama dengan pihak platform, maka kamu bisa mencari mereka kapan saja dan mereka akan membimbingmu.

 

Tentunya, penentu terakhir tetap berada pada kerja keras dan kegigihanmu sendiri, karena banyak orang yang hanya semangat sesaat saja, sedangkan orang yang bersungguh-sungguh menulis hingga akhir sangat amat sedikit.

 

Di antara para penulis novel online yang saya kenal, yang bertahan pasti telah menghasilkan uang. Menulis novel online berbeda dengan menulis artikel. Misalnya, kamu membuat laporan berita yang akan update tiga kali dalam seminggu dengan rata-rata menulis satu artikel per dua hari sekali dengan jumlah kata per hari maksimal 1000-2000 kata.

 

Namun, jika kamu menulis novel online, maka kuantitas update ini sama sekali tidak cukup. Setidaknya perlu update 2000 kata/ hari dan sebaiknya tidak hiatus/putus update. Semakin banyak yang kamu update, semakin banyak jumlah dilihat (view), maka uang yang kamu hasilkan akan semakin banyak. Kalau menulis sebuah buku mengenai travelling seperti saya, jumlah kata yang diperlukan paling hanya sekitar 120-130 ribuan saja cukup.

 

Akan tetapi, kalau menulis novel online, paling sedikit juga harus 200-300 ribu kata, apalagi banyak sekali kaum pria yang menyukai genre sci-fi dan lainnya, dan kebanyakan berkisar di atas satu juta kata.

 

By the way, mau protes dikit ya. Sebenarnya penghasilan dari menulis novel online memang lebih besar daripada menulis buku lain. Kalau menulis novel online, kita tidak perlu pusing soal terbit cetak, selagi kita ini penulis mapan, maka setelah teken kontrak kita akan mendapatkan penghasilan bulanan paling sedikit 5 juta, yang beruntung sampai bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta meskipun buku tersebut tidak terbit cetak.

 

Tidak ada ketentuan khusus mengenai gaya penulisan dalam menulis novel online, yang penting kita bisa menceritakan masalahnya secara jelas. Novel berkualitas tinggi tentu ada pembacanya, tapi tidak dapat dipungkiri jika banyak juga peminat novel simpel, keduanya sama-sama bisa menghasilkan uang dan tidak saling memengaruhi.

 

Tetapi lebih banyak orang gagal karena berhenti di tengah jalan. Maka dari itu, biasanya saya akan menyarankan para pemula untuk mencoba menulis dulu, segala sesuatu pasti akan sulit di awal, jadi cobalah untuk menulis sebagian dulu, setidaknya setelah ada puluhan ribu kata, barulah memilih platform berdasarkan karya dan situasimu.

 

Dengan begini, pada saat menulis di dalam platform tersebut, beban update juga akan berkurang banyak karena kita sudah memiliki persediaan. 

 

3. Apa saja yang perlu diperhatikan oleh penulis pemula saat menulis novel online?

Meskipun standar untuk menulis novel online sangatlah rendah dan tidak mempunyai permintaan khusus terhadap gaya penulis, tapi bukan berarti bisa handal dalam sekali jalan. Pada saat membaca novel online, yang dilihat orang-orang adalah cerita, dan yang dicari adalah hiburan dan sesuatu yang dapat memacu adrenaline, yang dapat beresonansi dengan mereka. Semua ini perlu diselesaikan dengan satu per satu cerita dan deskripsi yang jelas dan tidak bertele-tele. 

 

Oleh karena itu, menulis novel online juga memiliki banyak sekali cara dan keterampilan. Tujuan mempelajari cara dan keterampilan ini adalah untuk membantumu agar bisa menceritakan sebuah cerita yang utuh dengan lebih baik dan lebih jelas.

 

Poin pertama: Perlu membuat kerangka cerita terlebih dahulu sebelum menulis novel.

Kerangka cerita yang dimaksud berbeda dengan garis besar artikel berita yang kita buat. Naskah berita lebih pendek, sebuah garis besar perlu memahami dengan jelas apa tema dan struktur dari artikel tersebut.

 

Tapi berbeda dengan novel. Untuk novel yang terdiri dari ratusan ribu kata, kita tidak mungkin langsung memikirkan keseluruhan alur cerita dan penutupnya sejak awal. Dalam proses berkarya, kamu mungkin saja mendapatkan ide baru selagi menulis, dan sangat wajar jika terjadi penyesuain alur cerita. Jadi, kerangka cerita novel online lebih mirip dengan sebuah setting dari kerangka dasar.

 

Misalnya, dalam aspek tokoh, siapakah protagonis pria dan wanitanya, lalu siapa saja teman mereka, apa sifat mereka, bagaimana hubungan mereka, dan sebagainya. Atau juga dalam aspek tema, apakah yang ingin kamu tulis adalah novel wanita atau pria? Jika menulis novel wanita, lalu seperti apa stylenya? Apakah menyedihkan, politik, atau komedi?

 

Apa genrenya? Apakah romantis, fantasi, misteri, sci-fi atau lainnya?

 

Apa kata kunci dari cerita tersebut? Bisa berupa cinta manis, isekai, reinkarnasi, cinta sejati, cinta bersemi kembali, keluarga konglomerat, teen, dan sebagainya.

Ada juga aspek latar belakang waktu, apakah sejarah alternatif, late modern period, zaman kuno, atau fantasi masa depan?

…….

Unsur-unsur dasar pertimbangan di atas perlu ditentukan dalam bentuk kerangka cerita sebelum menulis sebuah novel.

Meskipun telah menentukan unsur-unsur di atas, tapi belum dapat disebut sebagai sebuah kerangka novel yang memenuhi syarat.

 

Hal ini dikarenakan kamu masih memerlukan setting tokoh yang lebih akurat, perlu memilah konteks plot umum, menyusun pro dan kontrak yang menjadi kunci untuk mendorong alur cerita, dan sebagainya. Setelah semua ini selesai, maka barulah dianggap menyelesaikan sebuah kerangka novel yang memenuhi syarat.

 

Dengan adanya kerangka tersebut, kamu akan sangat terbantu pada saat menulis. Penting untuk diingat, jangan pernah mengabaikan kerangka cerita karena malas, apalagi dengan alasan membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

 

Saya jamin bahwa setiap penulis yang mapan pasti memiliki teknik penulisan yang ketat, dan tidak menulis tanpa adanya kerangka cerita merupakan sebuah kriteria dasar. Jika pikiran saja tidak bisa dipilah dengan jelas sebelum menulis novel, maka apa menurutmu tulisan yang dihasilkan dapat dibaca? 

Poin kedua: Membaca novel dengan tujuan menganalisis.

Hampir semua penulis novel online yang mapan terjun dalam bidang ini karena suka membaca novel. Mereka mempunyai satu persamaan yaitu, akan fokus melihat suatu genre novel saja pada saat membaca. Karena banyak yang dibaca, makanya mereka akrab dengan tag atau hal-hal umum yang muncul pada novel genre tersebut. Pada akhirnya, mereka pun memulai karir menjadi penulis novel online karena hobi ini.

 

Pengalaman saya pribadi juga telah membuktikan hal ini. Jika ingin menjadi seseorang yang dapat menghidupi diri dengan modal menulis, maka harus memiliki pengalaman membaca yang luas. Membaca saja tidak cukup, kamu juga perlu menguasai metode analisis dan memilah konten yang berguna bagi dirimu dari sekumpulan konten yang terlihat berantakan.

 

Pengalaman membaca akan menguji kuantitas bacaan, sedangkan yang diuji oleh metode analisis adalah kemampuan pemahaman.

Jika kamu ingin menjadi seorang penulis novel online, maka sebaiknya berhenti bermain game dan pilihlah genre novel yang kamu sukai, pilihlah beberapa dan mulailah membaca!

 

Poin ketiga: Mulailah dari yang mudah dengan tujuan menyelesaikannya.

Apakah homogenisasi novel online itu serius? Bukan lagi serius, melainkan cukup serius. Terlepas dari karya pria atau wanita, dua elemen inti dari novel online terdiri dari dua macam:

Yang pertama adalah protagonis harus berhasil, harus bisa mengubah takdir, dan menjadi yang terhebat. Yang kedua adalah protagonis harus merupakan sosok yang disukai semua orang.

 

Novel karya J.K. Rowling bagus, ‘kan? Tapi sebenarnya plot pada setiap buku kurang lebih sama, protagonis pria selalu digambarkan menjadi sosok yang berhasil mengubah takdir dalam berbagai macam kebetulan, kemudian karakter-karakter wanita dalam cerita akan jatuh cinta padanya dan ingin hidup bersamanya selamanya.

 

Meskipun plot seperti ini sudah ketinggalan, tapi kenapa setiap kali digunakan tetap berguna?

Hal ini dikarenakan plot seperti ini dapat memuaskan keperluan batin pembaca, dan secara tak langsung tokoh utama dalam novel kini telah menjadi perwujudan dari pembaca.

 

Di dalam dunia novel, mereka akan menggantikan pembaca mengalami berbagai macam hiruk pikuk kehidupan, melakukan hal yang ingin tapi tidak berani dilakukan oleh pembaca, tidak bisa dilakukan, atau yang tidak mampu dilakukan, dan mewujudkan satu per satu harapan pembaca.

Inilah tugas novel.

 

Ada sebagian orang yang menganggap menulis novel tidak boleh selalu mengulang plot yang sama dan penulis pemula harus belajar berinovasi.

 

Kalimat ini memang ada benarnya jika dilihat, tapi sebenarnya hanya perkataan omong kosong saja. Memang enak didengar, tapi berapa orang yang bisa melakukannya?

 

Namanya saja penulis pemula, lalu bagaimana bisa mereka mampu untuk berinovasi?

 

Kemampuan dasar yang dimiliki saja berasal dari sekali demi sekali pengulangan terhadap plot lama, jika plot lama saja belum dipahami dengan jelas, tentu tidak ada bahan untuk berinovasi.

 

Ingat, kreatif bukanlah hal yang baru, bukanlah hal yang belum pernah dipikirkan dan digunakan oleh orang lain.

 

Kreativitas hanyalah pemrosesan dan interpretasi baru dari informasi yang sudah ada. Hal ini sering dicapai melalui migrasi adegan, kombinasi aditif, dll. Seperti yang pernah dikatakan oleh Steve Jobs, pendiri Apple: “Kreativitas hanyalah menyambungkan sesuatu. Ketika kamu menanyakan orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasakan sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu.”

 

Jika ingin menjadi seorang penulis novel online yang berpenghasilan, maka hal utama yang harus dilakukan adalah mempelajari pasar, belajarlah untuk menulis novel dengan plot lama terlebih dahulu.

Jika kamu adalah seorang penulis pemula dan menargetkan diri untuk menulis sebuah novel yang dipenuhi kreativitas baru, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa sangat besar kemungkinan kamu akan gagal.

 

Keberhasilan tidak bisa didapatkan dengan instan, melainkan dari usaha sedikit demi sedikit. Kenapa harus mempersulit diri?

 

Penulis-penulis handal yang terkenal sekarang ini juga semua memulai dari nol dan perlahan-lahan menulis satu per satu buku. Siapapun pasti akan melewati proses ini.

 

Daripada membuat target yang tidak bisa dicapai oleh diri sendiri, lebih baik mulai saja dari yang mudah, jangan mengejar kualitas, tapi yang penting bisa menyelesaikannya dan dapat menceritakan sebuah cerita secara jelas dan utuh dengan plot yang lama. 

nomorelies
dewaamour2806
dewaamour2806 dan nomorelies memberi reputasi
2
378
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.