harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Mengenang Timnas Indonesia Di AFF 2010, Ada Yang Kangen?

Sumber Gambar

Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan bisa dibilang olahraga ini jadi nomor satu di Indonesia selain Badminton. Mulai dari anak-anak sampai dewasa bahkan tua, semua menyukai olahraga ini.

Bagi kalian yang melewati masa kecil di awal 2010-an, maka tak asing lagi dengan timnas di masa itu. Saat ketika Piala AFF 2010 diadakan di Indonesia. Timnas kita menjadi salah satu tim terkuat dan bahkan difavoritkan sebagai juara.

Timnas yang saat itu dilatih oleh Alfred Riedl memiliki banyak pemain yang bisa dibilang lumayan berkualitas. Ada Markus Horison yang reputasinya sebagai kipper sudah tidak diragukan lagi di Liga Indonesia.


Sumber Gambar

Lalu di sisi pertahanan ada M. Nasuha di bek kiri, lalu ditengah terdapat duet Maman Abdurrahman dan Hamka Hamzah dan di bek kana nada Zulkifli Syukur. Tepat di depan mereka, berdiri dua orang pemain tengah yaitu Firman Utina dan Ahmad Bustomi.

Kemudian ada juga pemain sayap yaitu Okto Maniani yang sempat dijuluki “Ryan Giggs dari Indonesia” dan di kanan ada M. Ridwan. Dan yang paling ikonik adalah dua penyerang tengah yaitu Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim.

Gonzales cukup diandalkan dalam tim ini, ia mencetal banyak gol-gol yang menentukan kemenangan timnas kita. Salah satu yang ikonik adalah golnya ke gawang Filipina yang tercipta dengan tendangan jarak jauh dari kotak penalti.

Dengan skuad yang cukup sangar dan kuat itu, Timnas pun berhasil mengalahkan banyak tim-tim kuat pada saat itu termasuk Thailand. Bahkan Malaysia pun diganyang 5-1. Ya, bisa dibilang Timnas saat itu sedang hebat-hebatnya.


Sumber Gambar

Timnas pun berhasil mencapai final Piala AFF yang diselenggarakan dengan dua leg dan di dua tempat berbeda. Pertama diadakan di Bukit Jalil, Malaysia. Lalu leg kedua diadakan di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sayangnya Timnas kita harus tunduk pada negeri tetangga setelah kalah agregat di final. Kekalahan di final ini begitu menyakitkan karena semua orang menaruh harapan tinggi pada timnas. Karena timnas pernah membantai Malaysia dengan skor telak tapi malah kalah di final.

Sempat juga terjadi insiden laser yang menyoroti mata Markus ketika menjaga gawang dan membuatnya terganggu. Hal ini sempat membuat geram warga Indonesia.


Sumber Gambar

Alfred Riedl sendiri adalah pelatih yang cukup sukses dalam menangani Timnas Indonesia. Di 2016, ia kembali melatih Indonesia dan mengantarkannya ke final AFF. Namun akhirnya tetap tidak mampu membawa pulang piala. Dua kali dia membawa Indonesia ke final, dua kali juga dia kalah.

Timnas 2010 memang menjadi salah satu tim yang paling kuat. Meski tak mampu membawa kemenangan, tapi keberadaannya menjadi memori indah bagi TS sendiri. Saat itu TS masih SD dan memang lagi senang-senangnua sama bola. Sampai pernah ada poster Gonzales di ruang tamu rumah.

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Siapa pemain yang paling kalian ingat gan?emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
cheria021
sukhoipakfa
yunus4761
yunus4761 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
8K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sundul Bola
Sundul Bola
icon
5.5KThread5.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.