iskrimAvatar border
TS
iskrim
4 Jenis Tisu yang Ternyata Kita (Sering) Salah Menggunakannya


Hari Minggu kemarin saya berkesempatan datang ke sebuah pertokoan bilangan Jakarta Selatan yang sengaja membeli pampers untuk keponakan serta tissue beberapa pcs untuk setok selama sebulan. Diantara lorong dan rak pajangan di pertokoan itu saya awalnya hanya random melihat aneka tissue berjejer dan bertumpuk, tapi ketika saya mulai memilih ternyata ada banyak jenis tissue dijual.

Mungkin karena saya terlihat agak kebingungan seorang es pe ge menghampiri saya. "Cari tissue apa, mas?",tanya kepada saya ramah dengan senyum manisnya, terlihat di name tag nya bertuliskan nama Lina. "Iya, mbak saya lagi cari tissue makan tapi yang bagus, lembut, manis seperti mbak.. eh Lina", kata saya bergurau. Es pe ge Lina pun tersenyum kecil lalu mendekat sambil menunjukkan tissue yang saya inginkan.

"Ini, mas.. selain lembut nggak gampang sobek", katanya. Mungkin saya sedang iseng kemudian saya bertanya lagi jenis tissue yang dijual disana dan es pe ge Lina dengan sabar dan tetap tersenyum kemudian menjelaskan beberapa jenis tissue yang mereka jual.

Ternyata setelah mendapat penjelasan dari es pe ge Lina, rupanya jenis tissue cukup banyak. Seperti misalkan yang paling umum kita tahu adalah jenis tissue makan yang memiliki ciri khas bentuk segi empat kecil, bahannya lembut, lebih tebal dari jenis tissue wajah, menyerap air atau minyak lebih cepat, dalam selembar biasanya terdapat 2 lapisan.



Tapi dipasaran ada juga jenis tissue makan yang bahannya terlalu berserat, agak tebal, sedikit kasar, ada varian warna seperti kuning, hijau, merah, biru (tissue hajatan yang biasanya disatukan dalam sendok dan garpu) tapi saat ini amat jarang ditemukan mungkin sekarang kurang diminati konsumen.



Jenis tissue wajah atau kosmetik, bentuk dan ukurannya mirip dengan jenis tissue makan, segi empat tapi umumnya persegi panjang. Perbedaan paling mencoloknya adalah jenis tissue wajah ini lebih lembut tapi lebih tipis sehingga mudah sobek tujuannya agar tidak melukai kulit wajah. Karena lebih tipis, kalau dipaksakan untuk jadi tissue makan justeru akan boros karena butuh beberapa lembar untuk bisa membersihkan kotoran.

Yang ketiga, ada jenis tissue basah, secara bentuk paling mudah dibedakan terutama dari kemasannya dulu yang berbahan plastik tebal dan dilapisi seal kedap udara. Jenis tissue basah ini bentuknya ada yang persegi panjang atau segi empat kecil dalam kemasan sachetan.



Lembarannya lebih tebal, basah dan memiliki beragam jenis aroma parfum, lembar tissue nya sangat berserat, ditujukan untuk menyegarkan wajah, menyeka kotoran yang membandel pada kulit (biasanya untuk membersihkan feses balita), mengandung allkohol dan aman bagi kulit, tissue jenis ini juga bisa untuk membersihkan aneka benda termasuk perangkat elektronik luar. Dalam pemakaian sebaiknya jangan terlalu boros karena tissue basah paling lama di urai oleh alam.

Yang terakhir adalah jenis tissue toilet. Terbagi menjadi 2 model, pertama model gulungan atau roll yang bahannya juga lembut tapi tipis. Tissue gulungan atau roll itu terkadang ditemukan dimeja makan padahal peruntukkan sebenarnya untuk membersihkan feses manusia setelah pup.



Sedangkan tissue yang model tarik meski sama berada di dalam toilet tapi digunakan untuk menyeka permukaan kulit yang basah atau mengeringkan setelah cuci tangan. Tissue jenis ini memiliki daya serap paling bagus diantara tissue jenis lain. Dalam penempatannya tissue jenis ini berdiri sendiri atau terkadang letaknya bersandingan dengan hand dryer.




Sebuah opini
Ref. Es pe ge Lina (h4rih*ri)
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 06-12-2022 11:36
andrah.aja
bang.toyip
ochezz
ochezz dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.1K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.