• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Profil T-72B3M - Generasi Terbaru dari Keluarga Tank T-72

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Profil T-72B3M - Generasi Terbaru dari Keluarga Tank T-72
Quote:


Di tengah sanksi ekonomi internasional yang menjerat Rusia, membuat mereka sedikit tersendat dalam upaya membuat produk senjata baru. Pilihan realistis bagi Rusia adalah melakukan upgrade (peningkatan) pada produk senjata yang sudah ada. Dan bicara soal upgrade, pabrik Uralvagonzavod baru-baru ini pada awal Desember telah mengirim batch terbaru dari tank tempur utama T-72B3M kepada tentara Rusia.

Menurut artikel Army Recognition, pengiriman telah dimulai pada 2 Desember 2022. Sejauh ini tidak diketahui berapa banyak tank T-72 versi upgrade yang telah dikirim, akan tetapi pihak pabrikan dilaporkan bakal terus mengirim tank tersebut sampai akhir tahun ini. Bisa jadi ada 100-an unit yang akan dikirim, mengingat Rusia memang punya stok T-72 yang melimpah.

T-72B3M sendiri dikembangkan dari versi T-72B3, di mana versi pendahulunya diproduksi sejak 2010. Sementara versi T-72B3M mulai diproduksi pada 2016. Tank Tempur Utama (MBT) T-72B3 adalah tulang punggung tentara Rusia. Sebelum perang di Ukraina, Rusia memiliki sekitar 3.330 MBT yang aktif beroperasional; termasuk 850 unit T-72B3 dan 520 unit T-72B3M.

Versi T-72B3 dan T-72B3M digunakan secara luas oleh tentara Rusia untuk melakukan operasi militer khusus di Ukraina. Menurut informasi dari intelijen open source, Rusia telah kehilangan 240 unit T-72B3 dan 192 unit T-72B3M di Ukraina. Data itu diambil berdasarkan foto dan video yang beredar di dunia maya, di mana foto dan video itu sudah diverifikasi kebenarannya.


Generasi Terbaru


Versi T-72B3M juga punya nama lain T-72B4, merupakan generasi terbaru dari dari keluarga T-72 dan merupakan versi perbaikan dari T-72B. T-72B3M mulai beroperasi dengan tentara Rusia pada Februari 2017. Dari sejarahnya, T-72B3M ditampilkan pertama kali oada Oktober 2014, dalam acara Forum Army saat diselenggarakan final kompetisi tank bernama Tank Biathlon. Menurut insinyur Rusia, T-72B3M sebanding dengan T-90 yang lebih canggih, tetapi jauh lebih rendah biaya perawatannya.

Pada bulan Maret 2016, diumumkan bahwa Rusia berencana untuk meningkatkan 150 tank tempur utama T-72 ke versi T-72B3M, menghabiskan dana US$37 juta untuk program ini. Mulai 2017, unit tank dari distrik militer Barat dan Selatan Rusia telah menerima T-72B3M. Di bulan Juni 2017, tank T-72B3M pertama hasil dimodernisasi telah mulai berdinas dengan tentara Belarus. Total 120 unit direncanakan akan dikirim pada tahun 2020.

Dari segi desain, T-72B3M mirip dengan T-72 standar dengan posisi pengemudi di tengah depan lambung, turret di tengah dengan komandan dan penembak berada di dalamnya, dan powerpack (mesin) di belakang. T-72B3M dipersenjatai dengan meriam smoothbore 2A46M5 125 mm yang dapat menembakkan berbagai macam amunisi, termasuk armor-piercing disposal sabot (APDS), high-explosive fragmentation (HEF) dan high-explosive anti-tank (HEAT).

Quote:


Meriam utama tersebut juga mampu menembakkan rudal anti tank 9M119 Refleks (Kode NATO: AT-11 Sniper). Rudal itu memiliki jarak tembak maksimum 4.000 m dan dapat menghancurkan tank yang dilengkapi dengan pelindung reaktif eksplosif.

T-72B3M juga dilengkapi sistem penglihatan baru, dengan tampilan digital serta kamera belakang. Tank dilengkapi dengan paket armor baru Relikt yang dipasang di sisi lambung. Relik adalah armor jenis ERA (Explosive Reactive Armor) paling modern yang dikembangkan oleh industri pertahanan Rusia. Diklaim dua kali lebih efektiv dari armor ERA Kontakt-5 sebelumnya.

T-72B3M juga dilengkapi dengan meriam 125 mm baru dengan peningkatan daya tahan laras, stasiun radio VHF R-168-25U-2 Akveduk baru, peralatan pemadam kebakaran baru, dan sistem pembidik multi-saluran Sosna-U. Sementara untuk senjata sekundernya adalah senapan mesin PKTM 7,62 mm koaksial serta senapan mesin berat NSV 12,7 mm.

Quote:


Dari segi mesin, T-2B3M memakai mesin diesel terbaru V-92S2F yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 1130 hp. Sedangkan versi sebelumnya hanya mampu menyemburkan tenaga maksimal 780 hp. Tank bisa digeber sampai kecepatan maksimal 60 km/jam di jalan aspal, serta bisa menjelajah sejauh 550 km.

T-72B3M bisa melintasi sungai dengan kedalaman 1,8 m. Dan jika memakai peralatan snorkel, tank bisa beroperasi sampai kedalaman maksimum 5 meter. Selain fitur armor Relikt, T-72B3M juga dilengkapi fitut perlindungan nubika (nuklir, biologi, kimia) atau bahasa agak kerennya NBC.

Upgrade lain dari T-72B3M adalah pemasangan independent panoramic sightuntuk kelengkapan komandan, fitur ini juga dilengkapi dengan perangkat pencitraan thermal sendiri. Panoramic sight berada di tengah atas turret, di antara dua palka. Panoramic sight itu berisi day channel dan laser range finder, serta penguat gambar.

Fitur panoramic sight itu juga sepenuhnya distabilkan, dan memungkinkan komandan untuk mengamati medan perang, menetapkan target ke penembak, dan mengarahkan turret. Sebagai tambahan, ketiga kru tank masing-masing telah dilengkapi night vision, untuk operasi malam hari.

Quote:


Untuk penembak dilengkapi dengan sistem pembidik Sosna-U yang dipasangkan dengan sistem kontrol tembakan 1A40-4 yang memberi penembak penglihatan siang dan thermal, serta kemampuan menggunakan ATGM (Anti-Tank Guided Missile) berpemandu laser.

Sosna-U adalah multi-channel thermal imaging gunner sightyang mencakup kamera thermal imaging generasi kedua dengan fitur 8-12 mikron. Sosna-U juga dilengkapi laser range finder, saluran untuk panduan rudal dengan deteksi target hingga jarak maksimum 5 km.

T-72B3M juga telah menerima komputer balistik baru untuk meningkatkan akurasi. Tank T-72B3M dilengkapi dengan sistem radio R-168-25UE-2, yang memungkinkan suara dan transfer data digital terenkripsi. Tank juga dilengkapi bilah dozer untuk membersihkan rintangan.

Tank ini punya bobot sekitar 45 ton, dengan diawaki oleh 3 orang personel yang terdiri dari pengemudi, komandan dan penembak. Untuk pemuat amunisi sudah memakai sistem autoloader (otomatis). Dari segi dimensi tank punya panjan: 9,53 m; lebar: 3,59 m; serta tinggi 2,22 m.

Meski T-72 menderita kekalahan yang telak selama operasi militer khusus, akan tetapi baik Ukraina dan Rusia masih mengandalkan T-72 untuk bertarung di garis depan. Di sisi lain, Excalibur Army dari Ceko kini juga sedang memulai program modernisasi untuk T-72 milik Ukraina dengan memasang armor ERA baru. Hal ini menandakan jika T-72 masih jadi tulang punggung utama bagi Angkatan Darat Ukraina dan Rusia.




------------------




Referensi Tulisan: Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertera di atas
jagotorpedo
scorpiolama
andrah.aja
andrah.aja dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.9K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.