Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cokro.tvAvatar border
TS
cokro.tv
Jokowi Cerita soal Investor IKN Naik 25 Kali Lipat
Jokowi Cerita soal Investor IKN Naik 25 Kali Lipat

Jakarta, CNN Indonesia -- 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim investasi terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur, oversubscribed atau kelebihan kapasitas. Bahkan, jumlahnya meningkat hingga 25 kali lipat.

"Saya kaget jajak pasar pertama oversubscribed sampai 25 kali, otoritas IKN juga kaget, sehingga kawasan inti langsung sudah habis," ungkap Jokowi dalam Kompas 100 CEO Forum 2022, Jumat (2/12).

Jokowi mengaku awalnya berniat mengundang sebanyak 30 investor yang memiliki potensi menanamkan modal di IKN. Namun, niatan itu diurungkan karena kawasan inti di IKN sudah 'ludes' diborong investor.

Jokowi juga memastikan pembangunan IKN kali ini tidak akan memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lantaran semua dana yang digunakan murni berasal dari para investor yang menanamkan modalnya di wilayah itu.

Ia menambahkan dana pembangunan IKN sudah mencapai Rp460 triliun. "Negara sebesar ini jangan kita pesimis dong, membangun (IKN) kurang lebih kalau sekarang US$29 miliar, masa kita grogi, kira-kira kan kalau dirupiahkan Rp460 triliun," terang dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Otoritas IKN Bambang Susantono juga mengklaim investor yang ingin ikut serta membangun ibu kota baru itu membludak. Hal tersebut tak terlepas dari penjajakan pasar atas proyek-proyek yang ditawarkan di kawasan inti IKN.

"Untuk itu, sesuai arahan Presiden, akan dibuka lagi penawaran untuk menyambut minat investor yang tak tertampung di KIPP. Sekarang untuk investor kita buka lagi di I B dan IC," imbuhnya.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...kali-lipat/amp

Saya kaget jajak pasar pertama oversubscribed sampai 25 kali
scorpiolama
aldonistic
sc5
sc5 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.6K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.